Konsumsi 3 Gelas Minuman Manis Tingkatkan Risiko Kanker

Mengonsumsi 3 gelas minuman manis dalam seminggu bisa membuat payudara menjadi lebih padat. Sehingga meningkatkan risiko kanker payudara.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 07 Jul 2014, 07:00 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2014, 07:00 WIB
Konsumsi 3 Gelas Minuman Manis Tingkatkan Risiko Kanker Payudara
Mengonsumsi 3 gelas minuman manis dalam seminggu bisa membuat payudara menjadi lebih padat. Sehingga meningkatkan risiko kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health belum lama ini menyebutkan, mengonsumsi 3 gelas minuman manis dalam seminggu bisa membuat payudara menjadi lebih padat. Sehingga meningkatkan risiko kanker payudara.

Seperti dikutip dari laman Foxnews, Sabtu (5/7/2014), penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Laval di Quebec, Kanada ini melibatkan 776 wanita usia premenopause dan 779 wanita. Setiap wanita dinilai dengan melakukan pemeriksaan mammogram dan menjawab kuesioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan manis (seperti cokelat, kue, dan es krim), minuman manis, serta berapa banyak sendok gula yang ditambahkan untuk minuman atau makanan.

Hasilnya, peneliti menemukan hubungan antara asupan gula dan peningkatan kepadatan payudara di antara kedua kelompok tersebut. Penulis utama studi Caroline Diorio mengatakan, para wanita postmenopause mengalami kepadatan payudara karena terlalu banyak mengonsumsi lemak. Sedangkan wanita premenopause mengalami kepadatan payudara karena banyak mengonsumsi minuman manis.

"Gula dapat meningkatkan migrasi sel payudara. Dengan mengonsumsi minuman manis, akan meningkatkan kepadatan payudara hingga 3 persen sehingga berisiko kanker payudara," kata Diorio.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya