2 Makanan Favorit dan Enak Pencegah Pikun

Selain mengisi lembaran teka-teki silang, sebuah studi terbaru menemukan bahwa wine bisa meningkatkan 60 persen memori.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 04 Nov 2014, 20:00 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2014, 20:00 WIB
 Cara Enak Untuk Cegah Pikun
Bermain catur hingga menari untuk cegah mudah lupa.

Liputan6.com, Jakarta Selain mengisi lembaran teka-teki silang, sebuah studi terbaru menemukan bahwa wine atau anggur minuman bisa meningkatkan 60 persen daya ingat atau memori seseorang.

Seperti dikutip Prevention, Selasa (4/11/2014), penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Alzheimer's Disease and Other Dementias ini menemukan bahwa wine bermanfaat juga untuk meningkatkan memori.

Peneliti yang melibatkan 650 pria dan wanita dari bukan peminum, mereka mengalami memori episodik yang berarti memiliki ingatan dan emosi yang kuat tentang masa lalu. Penulis utama studi, Brian Downer dan timnya bahkan menganalisa hasil MRI dan menemukan mereka yang minum wine secara teratur memiliki hippocammpus 10 persen lebih besar.

Selain wine, satu lagi makanan yang enak dan bisa membantu mencegah pikun yaitu cokelat. Makanan favorit hampir semua orang ini juga telah diteliti dan diterbitkan dalam  Columbia University Medical Center.

"Kami menemukan bahwa cokelat dapat membantu mengembalikan kerusakan memori yang disebabkan oleh penuaan. Senyawa flavanols dalam cokelat membuat hippocampus mempertahankan memori," tulis peneliti.

Tunggu apalagi, segera ambil cokelat di lemari pendingin dan nikmati agar Anda tidak cepat pikun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya