3 Infeksi Aneh Ini Disebabkan oleh Cacing

Parasit kecil ini dapat menyebabkan infeksi cukup parah ketika berhasil masuk ke dalam tubuh atau organ dalam manusia.

oleh Muhammad Sufyan diperbarui 01 Apr 2016, 11:00 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2016, 11:00 WIB
Cacing Parasit Ternyata Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita
Kini penelitian terbaru menemukan satu set parasit cacing dapat meningkatkan peluang perempuan untuk melahirkan anak.

Liputan6.com, Jakarta Cacing-cacing tersebut memang bukan cacing biasa yang menggeburkan tanah, namun parasit kecil ini dapat menyebabkan infeksi cukup parah ketika berhasil masuk ke dalam tubuh atau organ dalam manusia. Berikut 3 cacing yang dapat menyebabkan infeksi aneh pada tubuh manusia:

Cacing onchocerca volvus

Onchocerca volvus dikutip dari Healthline, Jumat (1/4/2016), tumbuh dan berkembang di dalam tubuh manusia. Larva cacing ini dibawa oleh lalat hitam yang tinggal di perairan besar seperti di daerah Afrika, Brazil, dsb. Lalat ini menggigit manusia dan menanamkan larva cacing gelang tersebut.

 

Seseorang yang terinfeksi cacing ini bukan hanya terserang penyakit kulit saja, tetapi juga hingga mengalami kebutaan.

Cacing guinea

Cacing ini banyak ditemukan di Afrika. Masuk ke dalam tubuh manusia melalui air minum dan mulai bersarang di dalam kulit. Infeksi akibat cacing ini akan menyebabkan sakit dan rasa panas yang sangat parah pada bagian tubuh dimana cacing itu bersarang.

Cacing filarial

Infeksi akibat cacing ini biasa disebut dengan kaki gajah. Larva cacing dibawa oleh nyamuk yang menggigit manusia. Cacing akan hidup terutama di dalam getah bening dan darah. Hal inilah yang akan menyebabkan pembengkakan pada kaki, terutama lipatan paha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya