Hebat, Anggota Paskibraka Nasional 2019 Sudah Latihan di Lapangan Berumput

Baru hari kedua tapi anggota Paskibraka Nasional 2019 sudah latihan di lapangan berumput

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Jul 2019, 06:00 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2019, 06:00 WIB
Paskibraka, Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019
Koordinator Pelatih Paskibraka 2019, Letkol Amar, menilai bahwa calon anggota Paskibraka Nasional 2019 sudah layak latihan di atas rumput. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

 

Liputan6.com, Jakarta - Enam puluh delapan calon anggota Paskibraka Nasional 2019 sudah menjalani latihan di atas rumput pada Senin, 29 Juli 2019.

Padahal, mereka baru dua hari latihan baris-berbaris untuk menyamakan seluruh gerakan.

Koordinator Pelatih Paskibraka 2019, Letkol Amar, menilai bahwa anggota Paskibraka Nasional 2019 dapat menyerap semua materi yang diberikan pelatih dengan cepat.

"Kalau ini yang saya lihat, mereka-mereka ini mungkin lebih dipersiapkan di provinsi masing-masing. Jadi, saat datang ke sini, kita latih beberapa hari saja, kondisi mereka sudah nyambung dengan apa yang kita inginkan," kata Amar kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional


Tidak Ada Anggota Paskibraka Nasional 2019 yang Dilatih Terpisah

Paskibraka, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka 2019
Biasanya pelatih akan melatih peserta Diklat Paskibraka di atas aspal selama tiga hari, tapi tidak dengan calon anggota Paskibraka Nasional 2019 (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

 

Setiap tahun di hari pertama latihan, biasanya para pelatih akan mengambil satu orang anggota Paskibraka untuk kemudian dilatih secara terpisah.

Tidak dengan tahun ini, karena Amar merasa bahwa calon Paskibraka Nasional 2019 sudah memahami hal-hal tersebut.

"Karena memang bahan dasar dari provinsi sudah baik, kita hanya tinggal memoles saja, mengarahkan, dan mengaplikasikannya," ujar Amar.

 


Sepakat Masukkan Anggota Paskibraka Nasional 2019 ke Lapangan Berumput

Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka 2019, Paskibraka
Amar merasa bahwa anggota Paskibraka Nasional 2019 sudah dipersiapkan dengan baik oleh provinsi masing-masing. Sehingga mereka cepat menyerap semua materi yang diberikan (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

 

Oleh sebab itu, Amar dan 13 orang pelatih Paskibraka sepakat untuk memasukkan mereka ke lapangan berumput, tidak latihan di aspal lagi.

"Mereka sudah sangat paham dengan gerakan dasar tadi. Karena sebelum gerakan dasar itu paham, kita tidak mungkin memberikan aplikasi gerakan lain supaya tidak terjadi tumpang tindih yang dia tidak tahu," katanya.

Latihan di aspal bagi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka tingkat nasional biasanya dilakukan selama satu sampai tiga hari. Kemudian masih harus menyamakan langkah dan gerakan tangan.

Namun, yang terjadi pada anggota Paskibraka Nasional 2019, beberapa hari ini sudah bisa menyamakan gerakan-gerakan dasar sehingga pelatih tidak perlu lagi memakai alat bantu peraga lain seperti bambu atau apa pun.

"Yang tahun ini tinggal dipoles sedikit," kata Amar.


Semua Anggota Paskibraka Nasional 2019 Putri Berlatih Jadi Pembawa Baki

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019
Semua anggota Paskibraka Nasional 2019 mendapat giliran latihan sebagai tim pengibar, pembawa baki, dan komandan kelompok 17 (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Pandangan Pelatih Tak Pernah Lepas

Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka, Paskibraka 2019
Pelatih terus mengawasi setiap gerakan yang dilakukan calon Paskibraka Nasional 2019. Pelatih pun tak sungkan untuk mengembalikan mereka ke posisi awal jika di tengah-tengah terjadi kesalahan (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya