Jadi 'Jagoan' Sistem Imun, Ini Deretan Vitamin C yang Wajib Kamu Tahu

Salah satu vitamin memiliki sifat antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas adalah vitamin c.

oleh stella maris diperbarui 03 Mar 2021, 03:44 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2021, 23:58 WIB
Gambar Ilustrasi Sumber Vitamin C
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas. Olahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan mengomsumsi vitamin atau suplemen pun menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. 

Salah satu vitamin memiliki sifat antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas adalah vitamin c. Namun selama ini, kebanyakan orang hanya mengenal vitamin C sebagai kandungan ampuh untuk mencegah flu dan menjaga sistem imun saja. 

Padahal vitamin C punya peranan yang lebih kompleks, salah satunya menurunkan berbagai risiko penyakit. Ya, kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena memperbaiki proses oksidatif. 

Selain itu, antioksidan juga dapat meminimalisir risiko penyakit kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus. Tak hanya itu saja, mengonsumsi vitamin C juga dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4.85 mmHg dan diabolik sebanyak 1.67 mmHg. 

Nah untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa mendapatkan vitamin C dari buah dan sayur seperti brokoli, tomat, stroberi, anggur, dan kiwi. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi minuman kesehatan atau suplemen yang memiliki vitamin C yang tinggi. 

Yup, pilihlah minuman kesehatan yang mengandung zat aktif 1000 atau vitamin C 1000mg. Zat tunggal tersebut dibutuhkan untuk booster imun sehingga sangat minim untuk menyebabkan efek samping dan pilihlah suplemen yang mengandung Sodium Bicarbonate karena dapat membantu mengurangi asam lambung dan bekerja sebagai agen antacid.

 

(*)

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya