Kasus Bumil Mau Lahiran tapi Dilecehkan Nakes Sudah Dilaporkan ke Dinkes

Saudara dari ibu hamil ini sudah melaporkan kejadian kurang menyenangkan usai mendapat pelecehan verbal dari bidan di sebuah fasilitas pelayanan kesehatan di Jakarta Barat.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 06 Okt 2021, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2021, 19:00 WIB
Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil
Ilustrasi Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil Credit: pexels.com/Alicia

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian tidak menyenangkan menimpa salah satu ibu hamil dengan usia kandungan sembilan bulan yang tengah memeriksakan kondisinya ke sebuah pusat layanan kesehatan di sekitar Jakarta Barat. Ucapan tidak menyenangkan dari bidan tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Jakarta.

"Saya sudah laporkan ke Dinkes dan sudah ditanggapi langsung. Cuma sekarang belum ada laporan lanjutan," kata saudara ibu hamil tersebut @stevfannywijjaya ke Health-Liputan6.com pada Rabu (6/10/2021).

"Mungkin masih proses."

Pemilik akun @stevfannywijjaya mengatakan, usai menerima laporan tersebut, pihak dinas kesehatan setempat menyebut bakal mendengar cerita dari kedua belah pihak terlebih dahulu.

Saat ini, ibu tersebut sudah melahirkan dan sedang menjalani proses pemulihan operasi caesar.

"Sang ibu sudah pulang tapi bayinya masih harus mendapatkan perawatan di rumah sakit," kata @stevfannywijjaya.

Sebelumnya, Health-Liputan6.com menghubungi Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi. Saat ini kasus tengah dalam proses koordinasi dengan beberapa pihak. Lalu, bidan yang mengucapkan kalimat tidak seharusnya itu pun sudah meminta maaf.

"Kami sedang koordinasi dan infonya bidannya sudah minta maaf. Sekarang kami sedang koordinasi dengan Dinkes Jakarta Barat dan minta bukti permintaan maaf tersebut," kata Emi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelecehan Verbal dari Bidan

Kisah ibu yang hendak memeriksakan kondisi kehamilan di sebuah Puskesmas di Jakarta Barat tapi malah dapat perlakuan kurang baik tenaga kesehatan ini diunggah oleh @stevfanywijjaya. Saudara ibu hamil ini pertama kali menceritakan ucapan tidak sopan bidan lewat akun TikToknya.

"Ada beberapa bidan di situ, sekitar 3-5 orang yang semuanya tidak bermoral dan beretika. Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mengecek pembukaan bumil lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget'. Lalu salah satu bidan tersebut ada yang menjawab 'IH JORSE' What?!! Pantaskah seorang tenaga medis berbicara seperti ini?!!," tulis @stevfanywijjaya seperti dikutip Liputan6.com dengan seizin yang bersangkutan.


Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya