Kelompok Masyarakat Ini Dapat Booster Vaksin COVID-19 Tahun Depan

Vaksin dosis ketiga COVID-19 alias booster bakal diberikan untuk kelompok masyarakat berikut.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 26 Okt 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2021, 18:00 WIB
FOTO: Tenaga Kesehatan Thailand Jalani Vaksinasi COVID-19
Tenaga kesehatan menyiapkan booster vaksin virus corona COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Bangkok Metropolitan Administration General, Bangkok, Thailand, Selasa (10/8/2021). Kasus COVID-19 di Thailand mencapai 736.522 kasus sejak awal pandemi. (AP Photo/Sakchai Lalit)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa tahun depan masyarakat umum dengan kondisi tertentu bakal mendapatkan vaksin booster COVID-19. Budi menjelaskan bahwa yang dapat prioritas mendapatkan vaksin booster adalah kelompok berisiko.

Kelompok masyarakat yang berisiko tinggi yang dimaksud adalah tenaga kesehatan dan orang lanjut usia. Seperti diketahui, vaksin booster untuk tenaga kesehatan sudah berjalan. Lalu, mereka dengan defisiensi imunitas juga bakal dapat booster vaksin COVID-19. Hal ini juga sama seperti dilakukan tujuh negara lain yang sudah memberikan vaksin booster COVID-19 ke masyarakatnya.

"Sesuai saran WHO, booster akan diberikan ke kalangan masyarakat yang berisiko tinggi dan mengalami defisiensi imunitas yakni orang dengan HIV dan kanker," kata Budi dalam konferensi pers pada Selasa (26/10/2021).

Saat ini pemerintah masih mengkaji vaksin COVID-19 mana yang bakal optimal untuk dijadikan booster. Kajian dilakukan lembaga penelitian bersama Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Bakal dilihat kombinasi mana yang paling baik. Apakah Sinovac dengan Sinovac atau Sinovac dengan Pfizer. Lalu, apakah AstraZeneca dengan AstraZenecca atau dengan Sinovac atau Pfizer," jelas Budi.

Diharapkan penelitian ini bakal rampung akhir tahun sehingga bisa jadi basis dalam mengambil kebijakan vaksin booster COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

vaksiin booster
vaksin booster

Menanti Vaksin COVID-19 untuk Anak 5-11 Tahun

Pemerintah saat ini juga tengah menanti hasil uji klinis dari tiga vaksin pada anak usia muda. Jika negara asal vaksin Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer sudah menggunakan untuk anak 5-11, diharapkan Indonesia juga bisa sesegera mungkin juga menggunakannya.

"Sekarang kita bekerja sama dengan BPOM agar kita bisa mengeluarkan sesegera mungkin sesudah di negara asalnya digunakan untuk anak usia 5-11 tahun," kata Budi.

Bila hasil uji klini selesai tahun ini, Budi berharap tahun depan vaksin tersebut bisa digunakan pada anak.


Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19.

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya