Genap Berusia 24 Tahun, Berikut Beberapa Fakta Menarik soal Kylian Mbappe

Bintang sepak bola Prancis Kylian Mbappe kini genap berusia 24 tahun. Berikut fakta menarik soal striker muda berbakat ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Des 2022, 18:05 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 13:00 WIB
Top Skor Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe Bawa Pulang Sepatu Emas
Pemain Prancis Kylian Mbappe memegang trofi penghargaan Sepatu Emas usai melawan Argentina pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Kylian Mbappe berhak membawa pulang trofi penghargaan Sepatu Emas setelah menjadi pencetak gol terbanyak selama gelaran Piala Dunia 2022. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta - Bintang sepak bola Prancis Kylian Mbappe genap berusia 24 tahun pada 20 Desember 2022 ini. Warganet pun berbondong-bondong memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk peraih Golden Shoe Piala Dunia 2022 ini.

Di usianya yang masih muda, striker Paris St. Germain (PSG) ini telah mengikuti turnamen bergengsi Piala Dunia sebanyak 2 kali, yaitu pada 2018 serta 2022. Bintang muda ini juga diketahui selalu menunjukkan performa luar biasa di setiap pertandingan.

Selain talenta memukaunya, pesepak bola bernama lengkap Kylian Adesanmi Mbappe Lottin ini juga memiliki beberapa fakta menarik. Dilansir dari situs Olympics, beberapa fakta menarik tentang Kylian Mbappe, antara lain:

1. Merupakan Pemenang Piala Dunia Termuda setelah Pelé

Di usianya yang baru 19 tahun, Mbappe menjadi remaja pertama yang berhasil mengukir gol di final Piala Dunia sejak 1958, 60 tahun sebelumnya.

Satu-satunya remaja lain yang pernah melakukannya ialah Pelé, yang berhasil mencetak gol dalam kemenangan final Piala Dunia 5-2 Brasil atas Swedia saat dia masih berusia 17 tahun.

Pada gelaran Piala Dunia 2018, Mbappe berhasil membobol gawang lawan dalam kemenangan 4-2 Prancis atas Kroasia. Setelah itu, ikon Brasil tersebut men-tweet ucapan selamatnya untuk Mbappe.

"Remaja kedua yang mencetak gol dalam #WorldCupFinal! Selamat datang di klub, @KMbappe, senang rasanya ada yang menemani!"

Pelé juga menulis jika pesepak bola Prancis ini terus menyamai rekornya, maka ia harus kembali bermain sepak bola lagi untuk menyainginya.

"Jika Kylian terus menyamai rekor saya seperti ini, saya mungkin harus terjun ke lapangan hijau lagi," canda Pelé.


2. Berasal dari Keluarga Atlet

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Prancis, Kylian Mbappe melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua Prancis ke gawang Timnas Argentina dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Kylian Mbappe bisa saja menjadi bintang bola tangan Prancis. Segalanya mungkin berbeda seandainya Mbappe mengikuti jejak ibunya Fayza Lamar yang bermain bola tangan Divisi 1 di Prancis pada tahun 90-an.

Untungnya bagi penggemar sepak bola, ia memilih untuk mengikuti jejak ayahnya. Ayahnya Wilfried adalah seorang pesepak bola yang bermain untuk AS Bondy, tim lokal yang mewakili Bondy, tempat Kylian Mbappe dibesarkan.

Tidak hanya orangtuanya saja, faktanya, seluruh keluarganya adalah atlet. Saudara angkat Mbappe, Jirès Kembo-Ekoko, juga merupakan seorang pesepakbola profesional. Lalu ada Ethan Mbappé, adik Kylian Mbappe juga kini menjadi pesepak bola.


3. Dermawan

Foto: Dua Gol Mbappe di Babak Kedua Final Piala Dunia 2022 Paksa Argentina Lanjut Bermain di Extra Time
Pemain Prancis, Kylian Mbappe melakukan tendangan langsung ke gawang Argentina yang membuahkan gol. (AP Photo/Manu Fernandez)

Mbappe merupakan seorang superstar yang memiliki sifat rendah hati. Kemurahan hatinya tentu menambah popularitasnya.

Dia menyumbangkan seluruh uang yang didapatkan dari kerja kerasnya selama Piala Dunia Rusia 2018 (Sekitar 400.000 euro atau sekitar 6.6 miliar rupiah), ke 'Premiers de Cordée', sebuah badan amal anak-anak.

"Bagi orang-orang seperti kami, memberikan uluran tangan kepada orang-orang bukanlah hal yang besar," katanya kepada majalah Time.

"Itu tidak mengubah hidup saya, tetapi itu mengubah hidup mereka. Dan jika itu bisa mengubah hidup mereka, itu menjadi kebahagiaan yang luar biasa."

Mbappe mengungkapkan ia ingin membantu para penyandang disabilitas dan membuat mereka dapat bermain olahraga sama seperti orang normal lainnya.

"Saya memberikan uang itu kepada badan amal di mana saya menjadi sponsor karena menjadi difabel adalah sesuatu yang tidak mudah. Menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dapat melakukan olahraga seperti semua orang adalah sesuatu yang sangat penting bagi saya."


4. 85 Juta Pengikut di Instagram

Kylian Mbappe - Prancis - Piala Dunia 2022 - 18 Desember 2022
Pemain Prancis Kylian Mbappe dalam final Piala Dunia 2022 melawan Argentina di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. (AP Photo/Frank Augstein)

Mbappe memiliki 85.1 juta pengikut di Instagram. Angka ini memang masih terbilang cukup jauh jika dibandingkan bintang sepak bola lainnya seperti Cristiano Ronaldo (519 juta) dan Lionel Messi (401 juta), tetapi popularitasnya di seluruh dunia terus meningkat.

Orang Prancis ini menggunakan pengaruhnya untuk menebar kebaikan mulai dari mendukung badan amal hingga masalah sosial yang lebih luas seperti mengatasi rasisme.

5. Bisa Saja Pilih Aljazair atau Kamerun

Mbappe, yang menjadi bintang kemenangan Prancis dalam Piala Dunia 2018 juga turut bermain apik dalam final Piala Dunia 2022. Ia sebenarnya dapat dengan mudah memilih bermain untuk Kamerun atau Aljazair.

Hal ini dikarenakan ibunya berasal dari Aljazair (Algeria) sementara ayahnya berasal dari Kamerun. Kendati demikian, Mbappe lahir dan besar di Prancis, ia terpilih untuk bermain di akademi bergengsi Clairefontaine.

Setelah itu, dia memenangkan Kejuaraan Eropa UEFA U19 bersama Prancis pada tahun 2016. Dua tahun kemudian yakni 2018 ia berhasil mengangkat trofi Piala Dunia untuk Les Bleus.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

Infografis Messi Terbaik dan Mbappe Terbanyak di Piala Dunia 2022
Infografis Messi Terbaik dan Mbappe Terbanyak di Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya