Sandra Dewi Nggak Gengsi Beri Ikan Kembung ke Rafa dan Mika: Itu Bikin Anakku Paling Tinggi di Kelas

Sandra Dewi sebut ikan kembung jadi rahasia tubuh tinggi anaknya. Bahkan, ia memberikan ikan kembung dalam asupan sehari-hari.

oleh Diviya Agatha diperbarui 16 Mar 2023, 12:20 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 12:20 WIB
Sandra Dewi Beri Ikan Kembung untuk Anaknya
Sandra Dewi Beri Ikan Kembung untuk Anaknya, sebagai Sumber Protein Hewani yang Bikin Tubuh Jadi Tinggi (Sumber: Instagram/sandradewi88)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai selebritas yang juga istri pengusaha sukses, banyak yang berpikir Sandra Dewi memberikan asupan makanan yang mahal-mahal untuk kedua putranya. Namun, siapa sangka jikalau Sandra Dewi ternyata memilih makanan lokal yang murah meriah.

Sandra Dewi sendiri sempat membocorkan tips untuk makanan Raphael (Rafa) dan Mikhael (Mika). Sandra Dewi menyebutkan bahwa dirinya memberikan ikan kembung sebagai makanan wajib sehari-hari anaknya.

"Aku sebagai seorang ibu, aku punya kenalan banyak dokter, ahli gizi, aku tanya, 'Makanan apa yang bagus untuk anak-anak?'. Misalnya, ikan kembung," kata Sandra Dewi mengutip banyak video yang beredar di YouTube, Kamis (16/3/2023).

"Itu (ikan kembung) lebih bagus daripada ikan salmon. Jadi setiap kali anakku aku kasih ikan kembung, yang bikin anak tinggi dan sehat itu ikan kembung yang lokal saja," tambahnya.

Sandra Dewi menjelaskan, dirinya akan memberikan ikan kembung setiap hari pada anaknya. Bahkan, hasilnya sudah terbukti karena Raphael menjadi anak tertinggi.

"Jadi anakku setiap hari pasti makan ikan kembung. Ini ikan murah lho, dan ini lebih sehat, bikin anak tinggi. Makanya di kelas anakku itu paling tinggi karena makan ikan kembung," kata Sandra Dewi.

Sandra Dewi Fokus pada Real Food, Bukan yang Diproses

Lebih lanjut istri Harvey Moeis ini mengungkapkan bahwa ia akan lebih fokus pada makanan yang real, bukan pada makanan yang sudah melalui tahap pemrosesan tertentu.

"Aku sebenarnya aku fokus ke real food, makanan yang bukan diproses. Jadi ikan, ikan. Daging, daging. Ayam, ayam. Sayur, sayur. Buah, buah. Nasi. Jadi bukan yang processed food kayak mie. Sesekali boleh, anakku makan sampah juga kok. Biar imunnya kuat. Tapi real food harus," ujar Sandra Dewi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ikan Kembung yang Kaya Protein

Ikan Kembung, Makanan Sehari-hari yang Diberikan Sandra Dewi untuk Anaknya
Ikan Kembung, Makanan Sehari-hari yang Diberikan Sandra Dewi untuk Anaknya (Liputan6.com/Putu Elmira)

Soal kandungan gizi, jangan ragukan sumber protein satu ini. Ikan kembung punya kandungan protein omega-3 yang tinggi. Bahkan, tak kalah tinggi dengan ikan salmon. Sehingga, ikan kembung sebenarnya sangat bisa dijadikan pilihan ekonomis untuk asupan anak.

Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan mengungkapkan bahwa ikan kembung dengan harga yang murah punya kualitas protein yang sama dengan protein hewani lainnya.

"Tidak usah mahal-mahal kita buru ikan yang mahal. Tapi bisa ikan seperti ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau dan kualitas proteinnya sama dengan protein hewani yang lain," kata Triyani dalam telekonferens beberapa waktu lalu.

Triyani menambahkan, asam lemak dari omega-3 punya manfaat untuk membantu relaksasi otot, pencernaan, dan pembekuan darah. Selain itu, ikan kembung pun memiliki kandungan vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi.

Sehingga, bisa membantu perkembangan otak dan mata untuk bayi. Bisa pula membantu pertumbuhan otak, jantung, bahkan tekanan darah agar tetap normal.


Ikan Kembung Sumber Gizi yang Baik

Ikan Kembung, Makanan Sehari-hari yang Diberikan Sandra Dewi untuk Anaknya
Ikan Kembung, Makanan Sehari-hari yang Diberikan Sandra Dewi untuk Anaknya | Credit: Liputan6.com

Tak berhenti di sana, ikan kembang turut merupakan sumber gizi yang baik. Vitamin D yang ada pada ikan kembung dapat membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

Ikan kembung juga bisa dijadikan pilihan sumber protein hewani untuk mencegah stunting. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Stunting IDAI, Prof Dr Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K) mengungkapkan bahwa protein hewani menjadi salah satu asupan gizi terpenting untuk cegah stunting.

"Jadi kasih satu butir telur ayam masih bisa ini usia 6-8 bulan sehari ya. Kalau 9-11 bulan, dia butuh 7,5 gram (protein hewani), jadi bisa dikasih telur ayam sama setengah hati ayam," kata Yanti dalam seminar media bersama IDAI.

"Dalam 12-24 bulan, dia (kebutuhan energi) dari ASI-nya cuma tinggal 30 persen, sisanya harus dilengkapi protein dari MPASI. Termasuk proteinnya 14 gram, jadi bisa dengan satu butir telur, 30 gram ikan kembung, tambah susu UHT misalnya."


Sandra Dewi Bantu dengan Mencukupi Vitamin

Asupan sehari-hari anak Sandra Dewi, tak hanya ikan kembung, tapi vitamin ikut dicukupkan.
Asupan sehari-hari anak Sandra Dewi, tak hanya ikan kembung, tapi vitamin ikut dicukupkan. (Liputan6.com/IG/@sandradewi88)

Dalam kesempatan itu, Sandra Dewi mengungkapkan bahwa selain memberikan ikan kembung, ia juga mencukupi kebutuhan vitamin anak-anaknya.

"Vitaminnya aku lengkap banget. Obat-obatan lengkap," kata Sandra Dewi.

Terlebih, anak pertama Sandra Dewi memang aktif dalam berbagai cabang olahraga. Sehingga ia berupaya untuk mencukupi kebutuhan asupannya untuk mendorong hobi yang digemari oleh Raphael.

"Aku bekali dengan makanan yang sehat, vitamin cukup, obat-obatan siaga 24 jam di rumah," ujar Sandra Dewi.

Infografis Rokok Kalahkan Telur dan Ayam, Tertinggi Kedua Setelah Beras
Infografis Rokok Kalahkan Telur dan Ayam, Tertinggi Kedua Setelah Beras (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya