7 Hal yang Pemilik Suka dan Cintai tapi Kucing Benci

Aroma parfum, dielus bagian perut, pakai baju lucu adalah sedikit dari hal yang pemilik sukai tapi kucing benci.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 16 Jan 2024, 10:20 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2023, 06:25 WIB
llustrasi menggendong kucing
llustrasi menggendong kucing. (Photo by cottonbro studio)

Liputan6.com, Jakarta Saat berkomitmen memelihara kucing, kebahagiaan anak bulu (anabul) tentu jadi hal yang perlu diperhatikan. Namun, tak semua yang pemilik pikir kucing suka benar-benar disukai oleh hewan berkaki empat itu.

Ada beberapa hal yang Anda suka dan cintai tapi mungkin kucing benci. Berikut beberapa hal diantaranya yang penting untuk dibaca bila pelihara kucing:

1. Bayi

Saat pemilik memiliki bayi, tentu ini menjadi sukacita dalam sebuah keluarga. Namun, tidak begitu untuk kucing.

"Perubahan hidup yang besar seperti pindah atau kehadiran anggota keluarga baru bisa membuat kucing stres," kata peneliti postdoctoral di Human-Animal Interaction Lab di Oregon State University, Kristyn Vitale mengutip Reader's Digest.

Sehingga, sebelum bayi lahir, perlu juga mengenalkan terlebih dahulu pada kucing tentang kehadiran sang bayi. Seperti memperdengarkan suara bayi.

2. Perubahan

Perubahan sedikit hal bisa membuat kucing stres. Misalnya saja memindahkan tempat kotoran kucing saat Anda mendekor ulang rumah, itu bisa membuat anabul stres.

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menyarankan jika ingin memindahkan tempat kotoran kucing agar jangan jauh-jauh dari tempat biasanya. Paling hanya pindah sedikit beberapa cm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suara Keras seperti Kembang Api

Pesta Kembang api
Seperti apa kemeriahaan perayaan Idul Adha di Dubai? (Liputan6/pool/Dubai Tourism)

Kembang api, petir, dan pembangunan serta suara keras dan berisik lainnya bisa membuat kucing takut dan bingung. Vitale menyarankan untuk melatih kucing untuk duduk dan diam di tempat spesifiik misalnya di matras, saat suara berisik atau keras datang.

"Setelah kucing mahir duduk dan diam, minta mereka melakukan ini saat suara keras terdengar,” katanya. “Beri mereka hadiah karena terlibat dalam perilaku duduk/diam dan mengabaikan suara keras. Akhirnya, mereka akan belajar bahwa suara keras bukanlah hal yang perlu ditakutkan, dan mereka akan lebih tertarik untuk mendapatkan hadiah daripada bersembunyi.”

4. Aroma yang Kuat seperti Parfum

"Penciuman kucing amat kuat," kata Vitale.

"Aroma yang kuat seperti parfum atau pewangi tak disukai kucing. Sehingga, anabul cenderung menghindari lokasi dengan aroma yang kuat seperti ini," tutur Vitale lagi.

Namun, ada beberapa aroma yang kucing suka. Seperti lavender. Vitale menyarankan untuk memberikan aroma tersebut pada daerah tempat kucing tinggal di rumah.

 


5. Pakaian

6 Kucing Pakai Baju Karakter Anime Demon Slayer Ini Gemas Banget
6 Kucing Pakai Baju Karakter Anime Demon Slayer Ini Gemas Banget (sumber: Twitter/yagyouneko)

Memakaikan baju ke kucing, mungkin membuatnya terlihat menggemaskan. Namun, hal itu ternyata dibencinya.

Jika memang mau memakaikan kucing sesuatu seperti topi atau pakaian, jangan terlalu lama, kata Vitale. Paling sekitar 2 menit sembari memberikan camilan kesukaannya.

6. Mengelus Perut

Memberikan elusan di perut lazim dilakukan orang saat bertemu hewan peliharaan. Namun, kebanyakan kucing tak suka perutnya dielus seperti disampaikan peneliti perilaku hewan Dennis Turner.

Sependapat dengan Turner, Vitale juga menyatakan hal itu. Namun, ada juga kucing yang suka dielus perutnya."Jika ia tidak suka dielus perut, maka akan memberikan respons seperti meninggalkan tempat tersebut atua bersiap mencakar," kata Turner.

 


7. Ekor Disentuh

Kucing - Vania
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Mikhail Vasilyev

Anak-anak mungkin senang memegang ekor kucing. Namun, Turner mengatakan kucing sangat tidak suka ekornya dipegang atau ditarik. Lalu, bagian mana yang disukai kucing untuk disentuh?

"Anak kucing suka digelitik pada area leher atua punggung," kata Turner.

"Jika kucing tidak suka, biasanya menunjukkan dengan ekor yang bergerak cepat dan pupil mata yang melebar," kata Turner.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya