Museum Nasional Ditutup Sementara Imbas Kebakaran Semalam, Bagaimana Bila Sudah Beli Tiket?

Museum Nasional atau Museum Gajah ditutup untuk sementara waktu imbas kebakaran yang terjadi Sabtu, 16 September malam.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 17 Sep 2023, 11:21 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 11:21 WIB
Gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat ditutup sementara imbas kebakaran yang terjadi tadi malam, 16 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta Museum Nasional atau Museum Gajah ditutup untuk sementara waktu imbas kebakaran yang terjadi Sabtu, 16 September malam. Penutupan sementara Museum Nasional dilakukan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Bakal ada proses pengembalian bagi masyarakat yang sudah membeli tiket masuk Museum Nasional seperti disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra.

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," terang Mahendra.

Penutupan Museum Nasional selain untuk memperbaiki ruangan yang terdampak juga demi keselamatan pengunjung.

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," kata Mahendra dalam keterangan resmi pada Minggu, 17 September 2023.

Fokus Perbaiki Ruangan Museum yang Terdampak

Prioritas saat ini adalah mengindentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan benda-benda di sana aman usai kebakaran terjadi.

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," kata Mahendra.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Ruangan di Gedung A Museum Nasional Kena Dampak

Museum Nasional Indonesia (MNI) berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda bersejarah yang terdampak kebakaran Gedung A Prasejarah atau Museum Gajah.
Museum Nasional Indonesia (MNI) berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda bersejarah yang terdampak kebakaran Gedung A Prasejarah atau Museum Gajah. (Winda Nelfira)

Mahendra menjelaskan bahwa dari kebakaran yang terjadi semalam membuat ada 6 ruangan di Gedung A terdampak. Untungnya, 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak.

"Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah," kata Mahendra.

Lalu, koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran.


Tidak Ada Korban Jiwa dalam Kebakaran di Museum Nasional

Museum Nasional Kebakaran
Salah satu bagian Museum Nasional masih terlihat kobaran api. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kebakaran yang terjadi semalam di Museum Nasional Jakarta terletak di bagian belakang Gedung A. Kebakaran terjadi sekitar pukul 20 WIB. 

Lalu, tim pemadam kebakaran segera datang untuk memadamkan api. Sekitar dua jam, api berhasil dipadamkan. Tepatnya pukul 22.40 api sudah padam.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum,” jelas Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat mengecek lokasi.

Tim investigasi internal juga dikerahkan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran. Lalu, segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

"Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan.”

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya