RS EMC Pulomas Berhasil Tangani Kebakaran Akibat Percikan Las

RS EMC Pulomas Berhasil mengatasi insiden kebakaran di area rumah sakit yang tengah direnovasi pada Minggu, 12 November 2023.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 13 Nov 2023, 11:54 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2023, 11:31 WIB
RS EMC
RS EMC Pulomas mengalami kebakaran akibat percikan las pada ruangan yang tengah direnovasi pada Minggu, 12 November 2023. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Terjadi kebakaran di Rumah Sakit (RS) EMC Pulomas  pada Minggu, 12Novemver 2023, sekira pukul 19.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran cepat dikerahkan untuk mengatasi kebakaran tersebut. Petugas pemadam tiba 15 menis setelah lapran pertama mengenai kebakaran di rumah sakit yang terletak di Pulomas Barat VI No. 20, Kayu Putih, Jakarta Timur itu.

Direktur RS EMC Pulomas dr. Julia Sutandar menyatakan, kepulan asap dan kobaran api di rumah sakit berhasil ditangani dengan cepat. 

“Dengan memanjatkan puji Syukur, kepulan asap telah tertangani dengan cepat dan baik dan kobaran api telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB," ujar Julia.

Mengenai penyebab kebakaran yang terjadi, menurut Julia, sumber kebakaran berasal dari percikan api dari kegiatan pengelasan di lantai 5 lokasi proyek renovasi.

Percikan api las jatuh ke basement dan mengenai kain majun sehingga membentuk asap tebal.

Antisipasi Api Meluas

Guna mencegah meluasnya kobaran api ke lokasi lainnya di area rumah sakit, berbagai langkah upaya antisipasi telah dilakukan dengan baik sesuai dengan prosedur penyelamatan. 

'Kami sangat mengutamakan keselamatan pasien yang saat kejadian ini sedang menjalani perawatan di ruangan yang terletak berdekatan. Hal yang paling utama yang dilakukan adalah memprioritaskan penyelamatan para pasien untuk dilakukan evakuasi ke area terdekat," jelas Julia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RS EMC Pulomas Kembali Kondusif

RS EMC
RS EMC Pulomas kini kembali kondusif. (foto: Istimewa)

Saat ini, situasi dan kondisi RS EMC Pulomas telah kembali kondusif dan terkendali. Para pasien telah kembali ke ruangan rawat inap dalam kondisi yang baik dan stabil sekitar pukul 21.00 WIB.

"Kami sangat bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa maupun yang mengalami cedera atau luka dalam kejadian ini."

Dalam kesempatan tersebut Julia mewakili RS EMC Pulomas mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu menangani peristiwa kebakaran tersebut. 

"Kami sangat menghargai dan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan maupun bantuan dari seluruh pihak untuk menangani peristiwa ini, sehingga dalam waktu yang relatif cepat kondisi RS EMC Pulomas telah kembali normal dan kegiatan operasional telah berjalan seperti biasa," tuturnya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya