Chef Ken Sutanto Modifikasi Kuliner Tirai Bambu, Bakal Sajikan Menu Makanan Laut China dalam Ajang The Chefs Take Over

Kebanyakan orang beranggapan bahwa makanan China banyak menggunakan MSG. Ini fakta yang ditemukan Chef Ken Sutanto saat lakukan observasi kuliner di Negeri Tirai Bambu.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 29 Mei 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 13:00 WIB
Cerita Chef Ken Sutanto Jelajah Kuliner di China untuk Sajikan Sirip Ikan Hiu dalam Ajang The Chefs Take Over
Cerita Chef Ken Sutanto Jelajah Kuliner di China untuk Sajikan Sirip Ikan Hiu dalam Ajang The Chefs Take Over, Tangerang (28/5/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Tangerang Koki selebriti Ken Kurniawan Sutanto atau akrab disapa Chef Ken berbagi cerita soal perjalanannya ke China untuk mencicip cita rasa masakan Negeri Tirai Bambu dan menyajikannya di pesta kuliner The Chefs Take Over.

“Memang beberapa saat yang lalu saya traveling ke China, ke beberapa daerah di sana untuk cari tahu sih, observasi (makanan di sana),” kata Ken saat ditemui di JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Selasa (28/5/2024).

Menurut Ken, kebanyakan orang beranggapan bahwa makanan China banyak menggunakan MSG.

“Pada kenyataanya ketika saya di sana itu minim banget ngerasain MSG di sana. Jadi mereka benar-benar menggunakan rempah dan herbal. Jadi rempah-rempahnya itu dibuat dominan. Maka dari itu di sini nanti saya bawa itu untuk diadaptasi di sini.”

Ketika membawa kuliner China ke pesta kuliner The Chefs Take Over, Chef Ken akan melakukan modifikasi agar rasanya lebih cocok di lidah orang Indonesia.

“Tentu saja (modifikasi), karena yang namanya makanan itu tidak bisa diadaptasikan 100 persen mentah-mentah karena beberapa dari lidah kita itu enggak cocok. Maka dari itu, penyesuaian itu pasti ada.”

Salah satu hal yang disesuaikan adalah penggunaan minyak. Kuliner China biasanya menggunakan banyak minyak dalam masakannya. Hal ini tidak cocok dengan selera orang Indonesia, maka penggunaan minyak akan lebih diperhatikan. Begitu pula penggunaan rempah yang akan sedikit diturunkan, salah satunya penggunaan jinten.

Dalam pesta kuliner The Chefs Take Over, Chef Ken akan menyajikan menu-menu makanan laut khas China salah satunya sajian dengan bahan utama sirip ikan hiu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Ajang The Chefs Take Over

The Chefs Take Over
Konferensi pers The Chefs Take Over, Tangerang (28/5/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Sebelumnya disampaikan bahwa JHL Solitaire Gading Serpong segera menggelar The Chefs Take Over, sebuah pesta kuliner yang tidak hanya merayakan kekayaan rasa, tetapi juga menandai acara kuliner terbesar di Tangerang.

Dengan mengundang empat chef ternama Indonesia, JHL Solitaire mengajak para tamu untuk menyelami dunia rasa yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

Tak hanya Chef Ken, ada tiga juru masak kenamaan lainnya yang akan menghidangkan kreasi masakan yang berbeda. Tiga juru masak ini adalah Chef Vindex Tengker, Chef Norman Ismail, dan Chef Risa Andithia.


Catat Tanggalnya

Ajang The Chefs Take Over akan berlangsung pada 29 dan 30 Juni 2024. Berbagai sajian kuliner khas Indonesia, China, hingga Eropa akan tersaji mulai pukul 12.00 hingga 21.00 WIB.

Ajang ini digelar serentak di empat restoran yang ada JHL Solitaire Gading Serpong yakni:

  • Le Bleu Café des Fleur di lantai G
  • Mangan All Day Dining di lantai 2
  • Al Gusto Italian Dining di lantai 2
  • Royal Eight Chinese Dining di lantai 5.

Nikmati Semua Sajian dengan Satu Kali Bayar

Dalam The Chefs Take Over, JHL Solitaire Gading Serpong menawarkan kemudahan bagi para tamu untuk menikmati beragam hidangan lezat di semua outlet dengan hanya satu kali bayar.

Menurut General Manager JHL Solitaire Vivek Kumer, ini adalah kesempatan untuk mencicipi berbagai menu spesial dari para chef tanpa batasan, memberikan tamu kebebasan untuk menjelajahi seluruh rasa yang tersedia.

The Chefs Take Over bukan sekedar event, tetapi juga sebuah pernyataan bahwa Tangerang adalah destinasi kuliner yang harus diperhitungkan. Dengan kehadiran empat chef ternama, ajang ini diharapkan dapat meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pengunjung.

"Melalui The Chefs Take Over, kami ingin mengundang para penikmat kuliner untuk datang dan merasakan sendiri keahlian dan keunikan dari setiap chef yang kami hadirkan," ujar Desti Marlina, Marketing Communication Manager, JHL Solitaire Gading Serpong.

“Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi melalui WhatsApp di +62811-8822-257 atau email di info.sgs@jhlcollections.com,” pungkasnya.

Infografis Etika Makan Fine Dining
Infografis Etika Makan Fine Dining. (Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya