List Lengkap, Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Saat Kencan Pertama Agar Tidak Gagal

Kencan pertama merupakan momen penting untuk memperhatikan semua detail.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 02 Jun 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 19:00 WIB
kencan pertama
ilustrasi orang lagi kencan pertama. (Foto: Unsplash/Jarritos Mexican Soda)

Liputan6.com, Jakarta - Baik Anda mencari pasangan melalui aplikasi kencan, mengandalkan teman, atau menunggu pertemuan tak terduga, kesan pertama Anda terhadap seseorang sangatlah penting dalam menentukan kelanjutan hubungan.

Penelitian yang dilansir dari Psychologytoday.com menunjukkan bahwa kita membuat penilaian awal dengan sangat cepat, seringkali dalam hitungan menit. Faktor seperti suara, cara bergerak, dan bahkan ekspresi wajah dapat memikat atau menjauhkan seseorang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut saat kencan pertama Anda tiba. Sebab jika Anda tertarik untuk melanjutkan hubungan tersebut setelah berkencan, tentu saja Anda berharap perasaan itu dibalas.

Namun, orang lain juga memiliki kriteria yang mereka cari dan semoga saja, mereka juga tertarik kembali jika Anda dapat membuat impresi yang baik untuknya.

Berikut adalah hal yang harus dilakukan dan yang harus dihindari saat kencan pertama.

Hal yang Harus Dilakukan

1. Bersikap Ramah

Membuat seseorang merasa nyaman saat kencan bukan berarti Anda harus tertarik untuk menjalin hubungan dengan mereka. Kunci utamanya adalah menunjukkan keramahan dan ketertarikan.

Sambut mereka dengan senyum yang tulus dan sikap terbuka. Fokuslah pada percakapan dan dengarkan dengan penuh perhatian. Hindari topik yang terlalu personal atau kontroversial.

2. Tunjukkan Rasa Ingin Tahu

Tunjukkan rasa ingin tahu yang tulus tentang siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka impikan. Ajukan pertanyaan yang mendalam dan terbuka untuk menggali lebih dalam tentang nilai-nilai, pengalaman, dan kepribadian mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Fokus dan Berikan Perhatian Penuh Padanya

Ilustrasi pasangan, pacaran, kencan
Ilustrasi pasangan, pacaran, kencan. (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Berikan perhatian penuh kepada pasangan Anda. Buatlah mereka merasa seperti satu-satunya orang di ruangan itu.

Hindari melihat-lihat ke arah lain, menjawab telepon, atau terlalu fokus pada diri sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik dan tidak menghormati pasangan Anda.

Fokuslah pada percakapan, jaga kontak mata, dan berikan tanggapan yang positif. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan penuh perhatian dan tertarik dengan apa yang mereka katakan.

4. Atur Irama Percakapan

Saat kencan, perhatikan irama percakapan Anda dan pasangan Anda.

Beberapa orang, terutama saat gugup, berbicara terlalu cepat atau terlalu lama. Hal ini dapat membuat pasangan Anda kesulitan untuk mengikuti dan memahami apa yang Anda katakan.

5. Tunjukkan Keterbukaan

Tanpa membagikan informasi pribadi yang berlebihan, berikan kesan bahwa Anda terbuka untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda. Sesuaikan tingkat keterbukaan dengan lama Anda mengenal pasangan.

Bagikan cerita dan pengalaman Anda dengan cara yang menarik dan membuat pasangan Anda ingin tahu lebih banyak.


Hal yang Harus Dihindari

1. Hindari Berbicara Terlalu Cepat Atau Terlalu Banyak

Berbicara terlalu cepat atau terlalu banyak tentang diri sendiri dapat membuat orang lain bosan dan tidak tertarik.

Jika pasangan Anda menunjukkan tanda-tanda tidak tertarik, seperti melihat ke arah lain, atau diam, kemungkinan besar Anda berbicara terlalu banyak dan tidak membuat mereka tertarik.

Berikan kesempatan kepada pasangan Anda untuk berbicara dan tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan.

2. Hindari Melihat Sekeliling Terlalu Lama atau Sering

Melihat-lihat ke sekeliling ruangan atau terlalu fokus pada hal lain dapat membuat pasangan Anda merasa tidak dihargai dan tidak dipedulikan.

Jika ada sesuatu yang menarik perhatian Anda, ajak pasangan Anda untuk melihat atau mendengarkannya bersama.

3. Hindari Perilaku Gelisah

Perilaku gelisah, seperti mengatur ulang pakaian, merapikan rambut, atau memainkan jari-jari, dapat membuat pasangan Anda tidak nyaman dan membuat mereka merasa bahwa Anda tidak percaya diri.

Perilaku ini juga dapat mengalihkan fokus dari pasangan Anda dan membuat kencan terasa canggung.


4. Hindari Pertanyaan yang Terlalu Pribadi

Obrolan yang Bikin Kamu Terlihat Menarik Sejak Kencan Pertama
Ilustrasi kencan pertama. (Foto: healthyplace.com)

Mengajukan pertanyaan untuk mengenal pasangan Anda lebih baik adalah hal yang wajar. Namun, hindari pertanyaan yang terlalu pribadi yang dapat melanggar privasi dan membuat mereka tidak nyaman.

Fokuslah pada pertanyaan yang lebih ringan dan terbuka yang memungkinkan Anda untuk saling mengenal satu sama lain tanpa membuat pasangan Anda merasa terintimidasi atau tidak nyaman.

5. Hindari Bersikap Sombong

Bersikap sombong, merendahkan orang lain, dan selalu mementingkan diri sendiri adalah cara yang pasti untuk membuat kencan Anda menjadi tidak menyenangkan.

Orang-orang tidak tertarik dengan orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan suka membual tentang diri mereka sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya