Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya

Semasa hidupnya Didi Kempot dikenal sebagai sosok dermawan.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 06 Mei 2020, 15:30 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2020, 15:30 WIB
Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya
Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya (Bambang E.Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Didi Kempot untuk selamanya pada Selasa (5/5/2020) kemarin, menyisakan duka mendalam di hati para penggemar musik Tanah Air. Kisah hidup sang maestro campursari ini pun kembali dikenang.

Semasa hidupnya mendiang Didi Kempot juga dikenal sebagai sosok pria yang sangat mencintai keluarganya. Bahkan pria yang dijuluki Lord Didi ini diketahui juga membangun masjid sebagai tanda cintanya kepada sang istri. Kisah Didi Kempot membangun masjid untuk sang istri itu diungkap oleh salah satu sahabat dekat yang bernama Blontank Poer.

Blontank Poer bercerita di Facebook-nya, Selasa (5/5/2020) bahwa mendiang Didi Kempot pernah membangun masjid untuk sang istri di Ngawi. Hal itu diberikan Didi Kempot sebagai hadiah karena istrinya yang rajin mengaji.

Terlepas dari itu, sebelumnya maestro ternama ini merupakan seorang mualaf. Berikut beberapa fakta Didi Kempot bangun masjid untuk sang istri dirangkum Liputan6.com, Rabu (6/5/2020).


1. Didi Kempot Mualaf

 

Selalu melahirkan karya yang luar biasa, kisah hidup Didi Kempot pun kembali dikenang. Termasuk perjalanannya dalam memeluk agama Islam. Setelah menikah dengan Yan Vellia pada tahun 1997, Didi Kempot diketahui memutuskan untuk menjadi mualaf.

Sang mendiang banyak belajar agama, termasuk mengaji di pondok pesantren bersama Gus Miftah. Melalui akun Instagram miliknya, Gus Miftah menceritakan kenangan manisnya menemani Didi Kempot untuk belajar agama. Gus Miftah mengenang pembicaraannya dengan Didi Kempot yang berjanji untuk ngaji kembali.

"Mas, jenengan janji to mau Ngaji ke pondok lagi. Sebelum viral almarhum beserta isterinya dan crew nya sering Ngaji kepondok. Sampai suatu saat beliau telp saya 'mbok kulo di dongakke supaya bisa viral to gus (Saya tolong didoakan supaya bisa viral)'," tutur Gus Miftah dalam unggahan yang dibagikan pada, Selasa (5/5/2020).


2. Kuat Karena Wirid Sang Istri

Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya
Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Didi Kempot dikenal sebagai pria yang selalu mencintai keluarganya. Bahkan ia kerap curhat pada sang sahabat yang bernama Blontank.

Hal itu diungkap Blontank bahwa mendiang Didi Kempot sering bercerita mengenai sosok sang istri. Usut punya usut, Lord Didi bisa jadi sosok yang sukses dan kuat itu karena tak lepas dari dukungan dan doa istrinya.

"Kalau bukan karena banyak wiridan Mbak Putri (istrinya), mungkin saya tidak sekuat sekarang, Mas. Alhamduillah selalu diparingi sehat dan kuat oleh Gusti Allah," kata Mas Didi dalam berbagai kesempatan kepada Blontank.


3. Sering Beramal

Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya
Didi Kempot Sempat Bangun Masjid Tanda Cinta untuk Istri, Ini 4 Faktanya (Liputan6.com/FajarAbrori

Meski sudah sangat sukses, beliau tak pernah lupa untuk bersedekah dan membantu sesama tanpa pamrih. Sang almarhum juga gencar menggalang dana dan menyalurkan bantuan untuk para pejuang Corona Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir ini. Kisah tersebut dibocorkan sendiri oleh seorang sahabat dekat yang bernama Blontank Poer.

"Satu permintaanku kepada Mas Didi agar ke RBI (Rumah Blogger Indonesia) menengok dan bersaksi kerjaan teman-teman mengemas ribuan paket sembako hasil donasi Konser Amal Dari Rumah #SobatAmbyarPeduli, tapi belum kesampaian. Baru kutahu beberapa hari lalu, ternyata Mas Didi ingin datang ke #RBI, kapan-kapan, tanpa ada wartawan. Dia tidak mau diliput media terkait penyaluran donasi. Itu cerita dari Mas Ige, videographer pribadi sekaligus orang yang hampir setiap hari menemani Mas Didi," tulis Blontank pada postingannya di Facebook, Selasa (5/5/2020).


4. Bangun Masjid untuk Sang Istri

saya bersaksi, Mas Didik Prasetyo a.k.a. Didi Kempot orang baik. almarhum ramah kepada siapa saja, selalu berbahasa Jawa...

Posted by Blontank Poer on Monday, 4 May 2020

 

Sang sahabat, Blontank lantas mengungkap beberapa fakta menarik lain tentang pria bernama asli pemilik nama Dionisius Prasetyo itu. Salah satunya adalah rahasia jika sang almarhum pernah membangun sebuah masjid di Ngawi untuk sang istri.

"Buat yang masih meragukan siapa Mas Didi, beliau seorang muslim yang dermawan. Dia juga membangun masjid di Ngawi, sebagai hadiah kepada istrinya yang selalu dia banggakan sebagai ahli wirid dan seneng pengajian," tulis Blontank, Selasa (5/5/2020).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya