Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 dan Kelebihannya, Lengkap dengan Spesifikasi

Xiaomi selalu jadi buruan pencinta gadget.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 18 Nov 2020, 21:55 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2020, 21:55 WIB
Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi Redmi Note 4 (gsmarena.com)

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 bukan berarti ponsel ini kurang mumpuni. Tiap produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 pasti juga dibarengi dengan kelebihan yang dimilikinya.

Bagi kamu yang ingin membeli seri ponsel ini, kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 bisa jadi bahan pertimbangan. Xiaomi merupakan merek smartphone yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Harganya yang terjangkau dan spesifikasinya yang mumpuni, membuat merek ini selalu jadi incaran. Xiaomi Redmi Note 4 merupakan salah satu seri yang berjaya di masanya. Xiaomi Redmi Note 4 dirilis pertama di Indonesia pada Agustus 2017.

Meski sudah tiga tahun, Xiaomi Redmi Note 4 masih bisa ditemukan di pasaran. Karena sudah cukup lama dirilis, kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 bisa dengan mudah diketahui dari hasil ulasan para penggunanya. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 bisa jadi bahan pertimbangan saat ingin membeli ponsel ini.

Berikut kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 dan kelebihannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(18/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi
Tampilan depan Xiaomi Redmi Note 4 (liputan6.com/Iskandar)

Xiaomi pertama kali merilis Redmi Note 4 pada Januari 2017. Smartphone ini meluncur dengan sejumlah pilihan yaitu versi RAM 2 dan 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Sebelumnya, hanya versi RAM 3 GB yang tersedia secara resmi di Indonesia.

Xiaomi juga melengkapi Redmi Note 4 antara lain dengan layar berukuran 5,5 inci (1.080 x 1.920 piksel) beresolusi full HD, chipset Snapdragon 625, GPU Adreno 506 dan sistem operasi (OS) 6.0 Marshmallow. Selain itu juga terdapat kamera belakang 13 MP, kamera depan 5 MP dan baterai 4.100 mAh.


Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4
Kamera depan Xiaomi Redmi Note 4. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Tidak bisa digunakan untuk gim berat

Redmi Note 4 juga dapat diandalkan saat menjalankan sejumlah gim kelas menengah, seperti Asphalt Xtreme. Namun, untuk gim kelas berat, perangkat ini cukup keteteran. Ponsel ini juga dinilai mudah panas ketika digunakan saat bermain gim dalam waktu lama dan penggunaan berat lainnya.

Kamera

Memiliki kamera belakang 13MP, Xiaomi sudah membekali smartphone ini dengan teknologi phase detection auto focus (PDAF) ditambah dual LED flash. Untuk hasilnya sendiri, kamera utama perangkat ini memang dapat dikatakan memuaskan, tapi tak berarti luar biasa.

Saat berada dalam pencahayaan baik, hasil foto yang ditampilkan memang cukup detail. Namun tidak demikian saat pencahayaan kurang. Hasil tangkapannya memproduksi noise cukup banyak. Adapun kamera depan smartphone ini adalah 5MP dengan hasil yang dapat dikatakan tak begitu spesial.

Bentuk yang tebal

Xiaomi Redmi Note 4 termasuk jenis smartphone yang cukup tebal. Tidak seperti ponsel Xiaomi lainnya, Redmi Note 4X memiliki rasio 70.7% yang bisa dibilang cukup tebal dan berat. Mengingat ukurannya yang terbilang besar, penggunaan satu tangan tak disarankan.


Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4
Tampak depan layar smartphone Xiaomi Redmi Note 4. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Tidak didukung pengisian cepat

Xiaomi Redmi Note 4 belum didukung fitur pengisian cepat atau fast charging. Ini membuat pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 2-2,5 jam dari 0 persen sampai 100 persen.

Desain ketinggalan zaman

Xiaomi Redmi Note 4 yang dirilis pada 2017 membuatnya menjadi ponsel yang memiliki desain yang agak tertinggal jika dibandingkan dengan ponsel keluaran saat ini. Jika kamu mencari ponsel dengan desain terkini, ponsel ini kurang cocok dipilih.

Slot memori eksternal berjenis hybrid

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 selanjutnya adalah jenis slot memori eksternal yang masih hybrid. Ponsel ini memakai slot SIM 2 sebagai tempat memori eksternal mikroSD. Ini artinya, jika ingin menggunakan memori eksternal, kamu harus melepas SIM 2 terlebih dulu.


Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4
Tiga tombol sentuh masih tampak di bagian depan bawah Xiaomi Redmi Note 4. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Fitur desain

Menggunakan tombol navigasi fisik, Xiaomi tak lupa menyertakan lampu background untuk memudahkan penggunaan saat gelap. Pemindai sidik jari diletakkan di bagian atas kamera utama pada bodi bagian belakang.

Performa dan daya tahan

Untuk performa, smartphone ini dikatakan cukup menawarkan pengalaman yang baik. Hasil pengukuran AnTuTu Benchmark di kisaran 62 ribuan, Redmi Note 4 nyaman diajak melakukan sejumlah tugas dasar, seperti chatting, bermain gim, dan akses media sosial.

Salah satu yang patut diacungi jempol dari smartphone ini adalah daya tahan baterainya yang cukup luar biasa. Berbekal baterai 4.100mAh ditambah Snapdragon 625, Redmi Note 4 sangat dapat diandalkan.


Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4
Tampak kamera belakang Xiaomi Redmi Note 4. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Sensor lengkap

Sensor yang disematkan pada smartphone ini juga terbilang lengkap, termasuk sensor gyroscope. Dengan demikian, perangkat ini dapat digunakan untuk menikmati konten virtual reality (VR).

Ponsel ini juga dilengkapi dengan kehadiran sensor infrared. Berbekal aplikasi Mi Remote, kamu dapat mengubah perangkat ini menjadi remote untuk perangkat elektronik lain, seperti TV atau AC.

Fitur Khusus

Karena sudah menjalankan MIUI 8, Redmi Note 4 pun memiliki fitur Dual Apps dan Second Space. Kedua fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan pembagian layaknya dua perangkat berbeda.

Untuk Second Space, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat ruang yang berbeda dalam satu perangkat. Kamu dapat memasang sejumlah aplikasi lain yang terpisah dan menyimpan beragam data lain yang tak ingin dilihat pada tampilan awal.

Sementara untuk Dual Apps, memungkinkan pengguna memiliki dua aplikasi yang sama tapi dengan akun berbeda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya