Trombosit adalah Komponen Darah, Ketahui Fungsi dan Macam Gangguannya

Trombosit adalah salah satu komponen penting dalam darah.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 15 Agu 2021, 10:20 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2021, 10:20 WIB
Menyembuhkan Luka
Ilustrasi Luka Credit: pexels.com/Cona

Liputan6.com, Jakarta Trombosit adalah salah satu komponen penting dalam darah. Darah bisa disebut cairan kehidupan tubuh. Darah mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh, memerangi penyakit, dan menjaga kerja jantung. Trombosit adalah komposisi penting dalam sel darah.

Trombosit adalah salah satu dari tiga jenis sel darah, selain sel darah merah dan sel darah putih. Trombosit adalah bagian dari darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh. Trombosit adalah komposisi darah yang hanya ditemukan dalam darah mamalia.

Fungsi vital trombosit adalah mengatur pembekuan darah. Jumlah trombosit adalah angka penting yang harus diketahui dokter. Jika tubuh tidak memiliki cukup trombosit, atau kelebihan trombosit, keseimbangan tubuh bisa terganggu. Berikut pengertian trombosit, fungsi, dan gangguannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (15/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal trombosit

Fungsi Trombosit
Trombosit / Sumber: iStockphoto

Trombosit adalah fragmen sel kecil tidak berwarna dalam darah yang membentuk gumpalan dan menghentikan atau mencegah pendarahan. Kata thrombo di trombosit berarti gumpalan. Trombosit terbentuk dari sel-sel di sumsum tulang yang disebut megakariosit.

Di bawah mikroskop, trombosit terlihat seperti piring kecil. Setelah trombosit dibuat dan diedarkan ke dalam aliran darah, mereka hidup selama 8 sampai 10 hari. Trombosit adalah sel kecil tapi penting dalam darah yang membantu tubuh mengontrol pendarahan.

Jumlah trombosit normal adalah 150.000 sampai 450.000 trombosit per mikroliter darah. Risiko pendarahan berkembang jika jumlah trombosit turun di bawah 10.000 hingga 20.000. Ketika jumlah trombosit kurang dari 50.000, pendarahan kemungkinan akan lebih serius jika terluka atau memar. Beberapa orang membuat terlalu banyak trombosit. Mereka dapat memiliki jumlah trombosit dari 500.000 hingga lebih dari 1 juta.

Jumlah trombosit adalah angka penting yang harus diketahui dokter sebelum dan sesudah operasi untuk memprediksi potensi masalah perdarahan dan pembekuan. Jumlah trombosit adalah penanda penting selama kemoterapi dan terapi radiasi, karena perawatan ini dapat menghambat produksi trombosit di sumsum tulang.


Fungsi trombosit

ilustrasi luka
ilustrasi luka (sumber: Pexel)

Trombosit adalah sel darah yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Jika dinding pembuluh darah menjadi rusak, trombosit akan bergegas ke tempat cedera dan membentuk sumbat atau gumpalan untuk menghentikan pendarahan.

Proses di mana trombosit membentuk gumpalan disebut adhesi. Misalnya, jika secara tidak sengaja jari tersayat pisau dan memecahkan pembuluh darah, ia akan mulai berdarah. Untuk menghentikan pendarahan, trombosit di dalam pembuluh yang rusak itu menempel di tempat cedera dan mengirimkan sinyal kimia untuk bantuan lebih lanjut.

Lebih banyak trombosit kemudian menjawab panggilan dan mulai terhubung satu sama lain untuk membentuk sumbat dalam proses yang disebut agregasi. Setelah sumbat atau bekuan terbentuk di dinding pembuluh darah, kaskade pembekuan (koagulasi) diaktifkan, yang kemudian menambahkan fibrin (protein struktural) ke bekuan untuk menyatukannya. Fibrin bertanggung jawab atas keropeng yang mungkin terlihat di tempat yang terpotong.


Pentingnya trombosit

Plasma darah
Ilustrasi darah (Foto: Pixabay/Ahmad Ardity)

Trombosit mengontrol pendarahan dalam tubuh, sehingga menjadi penting untuk bertahan dari operasi seperti transplantasi organ, serta melawan kanker, penyakit kronis, dan cedera traumatis.

Donor trombosit iberikan kepada pasien yang tidak memiliki cukup trombosit, suatu kondisi yang dikenal sebagai trombositopenia, atau ketika trombosit seseorang tidak bekerja dengan benar. Meningkatkan jumlah trombosit darah pasien mengurangi risiko perdarahan berbahaya atau bahkan fatal.


Gangguan pada trombosit

Ilustrasi orang sakit
Ilustrasi orang sakit (sumber: iStockphoto)

Trombosit yang mengalami gangguan bisa menyebabkan masalah pada darah. Ini bisa berupa trombosit yang berlebih, kurang, atau tidak berfungsi semestinya. Berikut macam gangguan pada trombosit:

Trombositopenia

Jika jumlah trombosit rendah (trombositopenia), risiko perdarahan yang tidak terkontrol atau berkepanjangan meningkat. Dalam kondisi ini, sumsum tulang membuat terlalu sedikit trombosit. Atau trombosit hancur. Jika jumlah trombosit terlalu rendah, pendarahan dapat terjadi di bawah kulit sebagai memar. Atau bisa juga terjadi di dalam tubuh seperti pendarahan internal.

Pendarahan bisa terjadi di luar tubuh melalui luka yang tidak berhenti berdarah atau dari mimisan. Trombositopenia dapat disebabkan oleh banyak kondisi. Ini termasuk beberapa obat-obatan, kanker, penyakit hati, kehamilan, infeksi, dan sistem kekebalan tubuh yang abnormal.

Trombositemia esensial

Ketika trombosit sangat tinggi dalam darah (trombositosis), ia dapat menyebabkan pembentukan bekuan darah yang tidak normal, yang mengancam jiwa. Dalam kondisi ini, sumsum tulang membuat terlalu banyak trombosit. Orang dengan kondisi ini mungkin memiliki jumlah trombosit lebih dari 1 juta, yang dapat menyebabkan perdarahan.

Gejala lain bisa termasuk gumpalan darah yang terbentuk dan menghalangi suplai darah ke otak atau jantung. Dokter tidak sepenuhnya tahu apa yang menyebabkan jenis trombositemia ini, tetapi perubahan sel sumsum tulang (disebut mutasi) dapat menyebabkan beberapa kasus.


Gangguan pada trombosit

Orang Sakit
Ilustrasi Foto Orang Sakit (iStockphoto)

Trombositosis sekunder

Ini adalah kondisi lain yang disebabkan oleh terlalu banyak trombosit. Trombositosis sekunder lebih sering terjadi. Ini bukan disebabkan oleh masalah sumsum tulang. Sebaliknya, penyakit atau kondisi lain merangsang sumsum tulang untuk membuat lebih banyak trombosit. Penyebabnya antara lain infeksi, peradangan, beberapa jenis kanker, dan reaksi terhadap obat-obatan. Gejala biasanya tidak serius. Jumlah trombosit kembali normal ketika kondisi lain membaik.

Disfungsi trombosit

Banyak penyakit langka terkait dengan fungsi trombosit yang buruk. Ini berarti jumlah trombosit normal, tetapi trombosit tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Obat-obatan seperti aspirin dapat menyebabkan hal ini. Penting untuk mengetahui obat mana yang memengaruhi trombosit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya