Arti Crush dalam Pergaulan, Begini Cara Menggunakannya

Arti crush adalah kekaguman, perasaan suka, hingga mengidolakan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 08 Okt 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels
Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Arti crush adalah berasal dari bahasa Inggris yang maknanya tentang kehancuran. Arti crush dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah rusak, hancur, atau menghancurkan. Istilah crush sangat populer dalam pergaulan.

Arti crush dalam pergaulan sebagaimana populer digunakan di media sosial, tetap mengarah pada sesuatu yang hancur hingga kehancuran sesuatu. Istilah crush dalam bahasa pergaulan tentang sesuatu yang hancur ini mengarah pada wujud perasaan seseorang.

Arti crush adalah kekaguman, perasaan suka, mengidolakan yang berlangsung dalam waktu singkat. Itu sama dengan perasaan yang mudah hancur. Arti crush dalam pergaulan mengarah pada seseorang atau sosok tertentu, baik orang biasa maupun mereka selebritas.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam arti crush dalam pergaulan dan cara menggunakannya, Sabtu (8/10/2022).


Arti Crush dalam Pergaulan adalah Kekaguman hingga Suka

Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels
Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Cambridge Dictonary menjelaskan arti crush dalam pergaulan adalah wujud perasaan menyukai seseorang yang kuat akan tetapi hanya bersifat sementara. Arti crush dalam bahasa Indonesia adalah wujud perasaan suka, menyukai, atau naksir kepada lawan jenis yang berlangsung dalam tempo singkat.

Bahasa gaul crush yang umumnya digunakan anak-anak muda, sesungguhnya ditujukan kepada seseorang. Pada sebagian kecilnya lagi, menjadikan arti crush adalah untuk menyebut seseorang yang mengarah pada suatu objek khusus. Arti crush demikian bisa mengarah pada sosok dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Crush menjadi sosok yang disukai dalam tempo waktu yang singkat. Melansir dari TheSmartLocal, arti crush adalah wujud kekaguman atau mengidolakan. Dalam konotasi yang lebih ekstrim, arti crush adalah menyembah dan tunduk karena perasaan suka hingga mengagumi seseorang.

Jika sudah memahami arti crush adalah perasaan kagum hingga sebutan untuk seseorang yang dikagumi, kemudian pahami jenis hubungan seperti ini. Crush menciptakan hubungan di mana biasanya, mereka yang dikagumi tidak memiliki perasaan sama dan hanya sekadar kenal atau mengetahui mereka yang menyukai.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, arti crush dalam pergaulan yang ditujukan pada seseorang atau seorang individu dengan perasaan kagum seperti suka sesaat karena suatu hal, mengarah pada hubungan the passing crush. Kemudian, arti crush dalam pergaulan yang ditujukan pada selebritis, mengarah pada hubungan the admiration crush.

Sementara arti crush dalam pergaulan yang mengarah pada perasaan suka karena jatuh cinta dan terjadi sesaat, mengarah pada hubungan the romantic crush. Terakhir, arti crush dalam pergaulan yang mengarah pada perasaan suka hingga saling ketergantungan tetapi tidak begitu dilandasi cinta, mengarah pada hubungan pertemanan platonik.


Arti Bahasa Gaul Lainnya

Ilustrasi ponsel
Ilustrasi ponsel. Sumber foto: unsplash.com/Robin Warroll.

1. Kepo

Adapun singkatan dari Kepo yaitu  "knowing every particular object", yang artinya orang yang selalu ingin tahu. 

2. Gabut

Singkatan dari "gaji buta", di mna istilah ini sering digunakan ketika seseorang sedang keadaan yang membosankan dan tidak ada kegiatan.

3. Ngakak

Sebuah bentuk kata yang tidak baku dari kata "mengakak" di mana hal ini menggambarkan seseorang yang tertawa terbahak-bahak oleh seseorang yang sedang melawak atau suatu hal yang lucu.

4. Bucin

Singkatan dari "budak cinta" biasanya digunakan sebagai sebuah julukan untuk seseorang yang selalu nurut dengan pacarnya.

5. Omdo

Singkatan dari "omong doang" yang bertujuan untuk seseorang yang banyak bicara namun tidak ada pembuktiannya.

6. Rempong

Memiliki arti "ribet" yang memang sangat identik dan dekat dengan perempuan, bermakna banyak lebih dari satu, ditujukan pada perempuan yang super sibuk.

7. Kane

Merupakan kebalikan dari kata "enak" biasanya digunakan saat seseorang merasa rasa puas dan nyaman terhadap rasa makanan, atau kondisi yang sedang dirasakan.

8. Garing

Kata pengganti dari "tidak lucu" yang sering ditujukan ketika muncul suatu candaan atau lawakan seseorang tidak lucu dan hambar.

9. IYKWIM

Singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

10. J/K

Singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda. Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

11. LOL

LOL merupakan akronim dalam bahasa inggris Laugh Out Loud, yang berarti tertawa terbahak-bahak.

12. LMAO

Singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

13. NSFW

Singkatan dari Not safe For Work, artinya mengandung unsur kekerasan.

14. OOT

Merupakan singkatan yang berarti Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

15. OOTD

Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

16. OTW

Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

17. PAP

PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

18. ROTFL

Singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

19. SYS

Singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

20. VC

VC adalah singkatan dari Video Call. Kebanyakan kata ini digunakan olah para pengguna aplikasi whatsapp.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya