Letak Geografis Adalah Penanda Lokasi Di Bumi, Kenali Bagian Dan Jenisnya

Letak geografis adalah tanda yang mengacu pada posisi suatu tempat di muka bumi. berikut ini pengertian lengkap letak geografis, bentuk dan jenis letak geografis.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 03 Jan 2023, 17:15 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 17:15 WIB
Globe
Ilustrasi Rusia (Photo by Kyle Glenn on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Letak geografis adalah tanda yang mengacu pada posisi suatu tempat di muka bumi. Letak geografis adalah posisi suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Letak geografis umumnya dibatasi dengan fitur geografis dan nama daerah yang berbatasan langsung dengan daerah yang dimaksud.

Letak geografis adalah hal yang penting untuk dipahami, mengingat manfaatnya yang kerap kali digunakan sebagai penanda batas wilayah, daerah atau negara. Dipisahkan berdasarkan garis atau penanda wilayah. Letak geografis juga umumnya dipisahkan dengan menggunakan fitur bumi seperti gunung, lait, samudra dan lain sebagainya.

Sebagai contoh yang kita lihat secara langsung adalah letak geografis Indonesia, dimana Indonesia dikenal dengan letak geografis yang sangat strategis. Memiliki hampir semua fitur bumi, penetapan letak geografis Indonesia tidak hanya berdasarkan garis luas wilayah, namun juga fitur bumi seperti laut dan pegunungan. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (3/1/2022). Pengertian letak geografis, bentuk dan jenis letak geografis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Letak Geografis Adalah

Kondisi Geografis
Ilustrasi Peta Credit:pexels.com/Andrew

Letak geografis mengacu pada posisi di Bumi. Letak geografis absolut anda ditentukan oleh dua koordinat, bujur dan lintang. Kedua koordinat ini dapat digunakan untuk memberikan lokasi tertentu yang tidak bergantung pada titik referensi luar. Lokasi relatif, di sisi lain, mendefinisikan lokasi dalam istilah lain. Misalnya, Lille berada di utara Paris. Kedua jenis letak geografis ini berguna dalam keadaan yang berbeda.

Letak geografis adalah letak suatu daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi, dan menentukan pula letak posisi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Letak geografis Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. 

Selain itu, Indonesia juga terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Di sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Di sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Samudra Hindia.


Bentuk Letak Geografis

1. Bujur dan Meridian Utama

Garis bujur menunjukkan posisi timur/barat dari suatu letak geografis. Garis bujur membentang dari utara dan selatan melintasi Bumi, di antara dua kutub. Meridian utama adalah garis nol untuk bujur. Itu berjalan antara kutub Utara dan Selatan, melalui Greenwich, Inggris. Meridian utama membagi Bumi menjadi belahan Timur dan Barat; Garis Penanggalan Internasional membagi Bumi berlawanan dengan meridian utama. Garis Penanggalan Internasional tidak lurus karena alasan sosial, tetapi semua garis bujur lainnya sejajar dengan meridian utama.

2. Lintang dan Khatulistiwa

Lintang menunjukkan posisi utara/selatan dari suatu letak geografis. Garis lintang melintasi Bumi, tegak lurus dengan garis bujur. Khatulistiwa membagi Bumi menjadi belahan Utara dan Selatan. Semua garis lintang lainnya sejajar dengan ekuator. Garis yang berada di bawah garis khatulistiwa merupakan garis lintang selatan, sedangkan garis yang berada di atas garis khatulistiwa merupakan garis lintang utara.

Satuan Pengukuran

Satuan ukuran bujur dan lintang adalah derajat, menit, dan detik. Belahan Timur dan Barat masing-masing berisi 180 derajat bujur, dengan total 360 derajat. Belahan Utara dan Selatan masing-masing berisi 90 derajat garis lintang, dengan total 180 derajat. Komponen menit dan detik dari koordinat ini berhubungan dengan pembagian yang lebih tepat di antara garis derajat. Setiap derajat berisi 60 menit, dan setiap menit berisi 60 detik.


Jenis Letak Geografis

1. Letak Geografis Absolut

Letak Geografis absolut menggambarkan lokasi suatu tempat berdasarkan titik tetap di bumi. Cara yang paling umum adalah mengidentifikasi lokasi menggunakan koordinat seperti lintang dan bujur atau dengan menggunakan alamat jalan bila tersedia.

Letak Geografis absolut juga dapat berupa nama kota atau wilayah atau kode pos lokasi suatu titik meskipun ini kurang tepat dibandingkan menggunakan koordinat atau alamat. Lintang digunakan untuk menandai posisi utara-selatan suatu lokasi di permukaan bumi dan berkisar dari 0 derajat di ekuator hingga 90 derajat di Kutub Utara dan Selatan. 

Ada 180 derajat lintang dan jarak antara setiap derajat lintang kira-kira 69 mil (111 km). Garis bujur membentang dari utara-selatan dan menunjukkan lokasi suatu titik timur-barat. Latitude adalah jarak sudut timur atau barat Meridian Utama. Ada 360 derajat bujur (+180° arah timur dan −180° arah barat).

Garis bujur dan lintang melintasi Bumi. Lokasi yang dijelaskan menggunakan lintang dan bujur akan memiliki satu set koordinat. Lintang selalu ditulis terlebih dahulu dan lintang serta bujur terdiri dari derajat, menit, dan detik (DMS). Koordinat lintang dan bujur juga dapat ditulis sebagai derajat desimal.

Contoh Lokasi Mutlak :

Contoh lokasi absolut menggunakan lintang dan bujur adalah Gedung Kongres Amerika Serikat di Washington DC yang terletak di 38° 53′ 35″ N, 77° 00′ 32″ W. Dalam derajat desimal, lokasi absolut Gedung Ibukota AS adalah 38.89012259750874, -77.00907196001525.


Jenis Letak Geografis

2. Letak Geografis Relatif

Letak Geografis relatif mengacu pada posisi suatu tempat atau entitas berdasarkan lokasinya sehubungan dengan lokasi lain. Letak Geografis relatif, tidak seperti lokasi absolut, bukanlah referensi tetap. Oleh karena itu, Letak Geografis relatif akan berubah berdasarkan lokasi sekunder.

Misalnya, Amerika Serikat terletak di selatan Kanada. Jika lokasi Amerika Serikat digambarkan berdasarkan lokasi relatifnya terhadap Venezuela, maka akan digambarkan berada di utara negara itu. Seseorang yang tinggal di Hickory, Carolina Utara akan menggambarkan lokasi Sungai lebar mengalir ke selatan dan sedikit ke barat. 

Seseorang di Charlotte, Carolina Utara akan menggambarkan sungai itu mengalir di sebelah barat mereka. Seseorang yang tinggal di Spartanburg, Carolina Selatan akan menggambarkan sungai itu terletak di utara dan timur mereka. Lokasi relatif juga dapat dinyatakan dalam jarak, waktu tempuh, atau biaya.

Contoh Lokasi Relatif:

Kita dapat kembali melihat peta area di sekitar US Capitol ini. Panah utara di sudut kanan atas memungkinkan pengguna mengetahui arah mata angin . Sebagai lokasi relatif, US Capitol dapat digambarkan berada di sebelah barat Mahkamah Agung AS atau barat daya dari Gedung Kantor Senat Russell.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya