13 Artis India dengan Marga Khan, Bintang Papan Atas Bollywood

Berikut adalah daftar artis India yang diketahui beragama Islam.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 23 Jan 2023, 15:31 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2023, 15:30 WIB
Dilip Kumar
Dilip Kumar (The Indian Express)

Liputan6.com, Jakarta India merupakan salah satu negara dengan industri film yang sangat berkembang. Industri film di India telah menghasilkan banyak film yang cukup sering ditayangkan di stasiun televisi di Indonesia, yang sering disebut sebagai film Bollywood.

Seperti yang sudah umum diketahui, India merupakan dengan mayoritas penduduk beragama Hindu. Meski demikian, industri film Bollywood tidak hanya didominasi oleh artis India yang beragama Hindu saja. Bahkan ada banyak artis India beragama Islam yang masuk dalam kategori papan atas.

Salah satu ciri khas dari Muslim di India adalah marga atau nama belakangnya. Nama belakang 'Khan' jadi salah satu nama yang cukup banyak ditemui di India, termasuk pada artis-artis populernya. 

Sebut saja Shahrukh Khan dan Amir Khan yang sudah bolak balik masuk layar Bollywood dan bahkan go internasional. Selain dua nama ini, ada sejumlah artis bermarga Khan yang juga tak kalah terkenal. 

Berikut daftarnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Salman Khan

Salman Khan adalah artis India yang luar biasa. Dia tidak hanya aktor, tapi kadang juga penyanyi, sineas, dan bintang televisi. Salman Khan lahir di Indore pada tanggal 27 Desember 1965. Ia adalah anak dari seorang penulis film yang luar biasa Salim Khan, melahirkan film yang luar biasa seperti Deewaar, Sholay, dan Don.

Pada tahun 1988, Salman Khan memulai karier aktingnya dengan tampil sebagai peran pendukung dalam film Biwi Ho To Aisi. Salman Khan adalah artis India Muslim di Bollywood yang cukup terkenal, bahkan di Indonesia.

2. Amir Khan

Aamir Khan adalah salah artis India Muslim top di Bollywood. Dia adalah seorang sutradara film, produser, dan pembawa acara TV. Ia lahir pada 14 Maret 1965, di Mumbai. Dia memiliki banyak penggemar di dunia, terutama di India, Tiongkok, dan Hong Kong. Dia memulai karir aktingnya sebagai aktor utama di Qayamat Se Qayamat Tak pada tahun 1988.

3. Saif Ali Khan

Saif Ali Khan adalah salah satu artis India Muslim paling unik di Bollywood. Saif Ali Khan lahir dari pasangan pemain kriket Mansoor Ali Khan Pataudi dan aktris Sharmila Tagore pada 16 Agustus 1970.

Saif Ali Khan mengawali kariernya sebagai aktor ketika membintangi filmi Yash Chopra Parampara pada tahun 1992, meski film tersebut tidak begitu sukses. Saif Ali Khan pertama kali merasakan kesuksesan dengan film Yeh Dillagi pada tahun 1994.


4. Soha Ali Khan

Soha Ali Khan
Aktris Soha Ali Khan mengaku tidak senang berdandan tebal

Soha Ali Khan adalah seorang artis India Muslim populer di Bollywood, yang dikenal karena aktingnya yang luar biasa dalam film-film Hindi. Dia telah menerima banyak penghargaan, termasuk penghargaan Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya yang memukau dalam film Rang De Basanti.

Dia lahir di New Delhi, India pada tanggal 4 Oktober 1978. Soha Ali Khan adalah putri bungsu dari aktor Mansoor Ali Khan Pataudi dan aktris terkenal, Sharmila Tagore. Soha Ali Khan melakukan debut akting pertamanya pada tahun 2004 di film Dil Maange More.

5. Sara Ali Khan

Sara Ali Khan adalah seorang artis India Muslim di Bollywood. Ia lahir pada 12 Agustus 1993 dari pasangan aktor Muslim Saif Ali Khan dan Amrita Singh.

Sara Ali Khan mengawali kariernya sebagai aktris film di tahun 2018 dalam film Kedarnath, bersama Sushant Singh Rajput. Ketika dia berusia empat tahun, dia berakting dalam sebuah iklan. Pada tahun 2019, Sara Ali Khan muncul dalam daftar 100 Selebriti Forbes India, peringkat ke-66 dengan gaji tahunan yang dievaluasi sebesar $57,5 juta.

6. Sohail Khan

Sohail Khan adalah artis India Muslim terkemuka di Bollywood. Dia juga seorang pembuat film dan sutradara. Ia adalah adik bungsu dari aktor Muslim terkenal Bollywood, Arbaaz Khan, dan Salman Khan.

Pada tahun 2002, Sohail Khan menulis, menyutradarai, memproduksi film Maine Dil Tujhko Diya. Dia mendapatkan megahit pertamanya dengan film Maine Pyaar Kyun Kiya, di mana dia beradu akting dengan kakak laki-lakinya Salman Khan.


7. Shahrukh Khan

Shahrukh Khan
Di usia menjelang kepala enam, ia masih punya perut sixpack. Tentunya hal ini diraih dengan olahraga rutin dan diet makanan. [foto: instagram.com/yrf]

Shah Rukh Khan adalah artis India Muslim paling terkenal di Bollywood, dia juga seorang pembawa acara TV. Karena pencapaiannya yang luar biasa di dunia film, ia mendapat julukan sebagai Raja Khan atau Raja Bollywood. Shah Rukh Khan telah tampil di lebih dari 80 film.

Raja Khan lahir di Delhi, India pada 2 November 1965. Shah Rukh sering tampil di  film yang sangat populer. Beberapa film paling terkenal yang dibintanginya adalah Darr, Kuch Kuch Hota Hai, Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, Chak De! India, Om Shanti Om, Kal Ho Naa Ho, Kabhi Khushi Kabhi Gham, and Veer Zaara.

8. Imran Khan

Imran Khan adalah artis India Muslim kelahiran Amerika. Ia lahir di Madison, Wisconsin, AS pada 13 Januari 1983. Dia tidak hanya dikenal sebagai aktor, melainkan juga terkenal sebagai pengisi suara.

 

9. Irfan Khan

Sahabzade Irrfan Ali Khan, juga dikenal sebagai Irrfan Khan adalah seorang artis India Muslim di Bollywood, yang dikenal karena karyanya secara transenden di sinema Hindi, serta karyanya di film-film Inggris dan Hollywood.

Setelah banyak membuat film yang gagal, banyak hal berubah ketika sutradara yang berbasis di London Asif Kapadia memberinya peran utama di Himachal Pradesh dan Rajasthan. Pada tahun 2001, The Warrior booming dalam perayaan film internasional, membuat Irrfan Khan dikenal di seluruh dunia. Dia meninggal pada usia 54 saat menderita penyakit usus besar.


10. Fardeen Khan

Main Film Lagi, Fardeen Khan Turunkan Berat Badan 14 Kg
Fardeen Khan akan kembali bermain film sejak 2010 lalu. Untuk combeback-nya, Fardeen sampai menurunkan 14 kg berat badannya.

Fardeen Khan adalah artis India Muslim yang lahir pada 8 Maret 1974 di Mumbai, Maharashtra, India. Fardeen Khan telah mengerjakan banyak film sukses yang populer dan komersial termasuk Jungle pada tahun 2000.

11. Feroz Khan

Feroz Khan lahir dari pasangan Zulfiqar Ali Shah Khan dan merupakan seorang artis India Muslim di Bollywood, editor film, produser, dan sutradara, yang terkenal karena karyanya di sinema Hindi. Feroz Khan menikah dengan Sundari Khan pada tahun 1965 dan mereka berpisah pada tahun 1985. Dia meninggal karena kanker paru-paru pada tanggal 27 April 2009 pada usia 69 tahun.

 

 

 


12. Zayed Khan

Nawazuddin Siddiqui
Nawazuddin Siddiqui

Zayed Abbas Khan adalah artis India Muslim di Bollywood sekaligus produser film yang dikenal secara transenden atas karyanya dalam film-film Bollywood. Ia lahir di Mumbai, Maharashtra, India pada 5 Juli 1980. Pada tahun 2005, Zayed menikahi Malaika Parekh, dan pasangan itu memiliki dua anak bernama Zidaan Khan dan Aariz Khan.

13. Amjad Khan

Amjad Khan adalah seorang artis India Muslim, yang juga seorang sutradara film. Dia bekerja di lebih dari 130 film dalam karir filmnya. Dia semakin populer karena berperan sebagai perampok Gabbar Singh di Sholay.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya