17 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kekuatan Otot dan Jaga Keseimbangan

Manfaat olahraga renang sangat baik, dalam meningkatkan kekuatan otot.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 08 Mar 2023, 15:50 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 15:50 WIB
Gaya Renang Dada
Ilustrasi Gaya Renang Dada Credit: unsplash.com/Alejandra

Liputan6.com, Jakarta Olahraga renang adalah jenis olahraga yang melibatkan gerakan tubuh di dalam air, dengan tujuan meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan. Olahraga renang biasanya dilakukan di kolam renang atau perairan terbuka seperti laut atau sungai, dan melibatkan gerakan tubuh seperti berenang, menyelam, atau melakukan teknik renang lainnya. Manfaat olahraga renang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan sendi

Selain itu, manfaat olahraga renang membantu Anda menjaga keseimbangan dan koordinasi, serta menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, renang dapat menjadi olahraga yang menyenangkan dan sehat bagi semua usia, asalkan dilakukan dengan teknik yang baik dan benar, juga memperhatikan faktor keamanan.

Olahraga renang juga merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk pemula, dapat dilakukan gerakan-gerakan sederhana seperti berenang dengan gaya bebas atau dada, sedangkan untuk orang yang lebih terampil dan berpengalaman, dapat dilakukan gerakan yang lebih kompleks seperti gaya punggung atau gaya kupu-kupu.

Namun, seperti halnya olahraga lainnya, olahraga renang juga memiliki risiko cedera seperti cedera pada bahu atau kaki, kulit kering atau iritasi pada kulit, dan infeksi telinga. Oleh karena itu, sebelum mulai melakukan olahraga renang, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau pelatih olahraga, untuk mengetahui apakah olahraga renang cocok untuk kondisi fisik dan kesehatan Anda. Berikut ini manfaat olahraga renang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Olahraga Renang

Gaya Renang Punggung
Ilustrasi Gaya Renang Punggung Credit: unsplash.com/Vladimir

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Manfaat olahraga renang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, karena meningkatkan kapasitas oksigen dalam tubuh. Saat berenang, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan jantung harus memompa darah dengan lebih kuat untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru secara keseluruhan.

2. Membakar Kalori

Renang dapat membakar kalori dengan efektif. Saat berenang, tubuh bekerja keras untuk melawan tahanan air dan mempertahankan posisi tubuh di dalam air. Aktivitas ini memerlukan banyak energi, yang tentunya membantu membakar kalori lebih cepat daripada olahraga lain seperti berjalan atau berlari.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Berenang melibatkan hampir semua otot di dalam tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan. Olahraga ini dapat membantu memperkuat otot kaki, punggung, bahu, lengan, dan perut. Sehingga, renang dapat membantu membentuk tubuh yang lebih proporsional.

4. Menjaga Kesehatan Sendi

Renang merupakan olahraga bebas beban, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Olahraga ini dapat membantu mengurangi risiko cedera pada sendi, terutama pada lutut dan pinggul. Sehingga, renang juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk orang-orang yang memiliki masalah pada sendi atau cedera.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat olahraga renang bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental karena dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Berenang membuat Anda bisa melepaskan ketegangan pada otot dan membantu memperbaiki mood seseorang.

6. Menjaga Keseimbangan dan Koordinasi

Renang adalah jenis olahraga yang bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Saat berenang, tubuh perlu menjaga keseimbangan agar tetap berada di dalam air dan gerakan tubuh harus terkoordinasi dengan baik agar dapat berenang dengan efektif.


Manfaat Olahraga Renang

Ilustrasi berenang
Ilustrasi berenang. Sumber foto: unsplash.com/Haley Phelps.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat olahraga renang akan membantu menjaga kesehatan kulit, karena air dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat. Selain itu, renang juga dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari langsung pada kulit, sehingga kulit dapat terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV. 

8. Meningkatkan Fleksibilitas

Berenang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, karena gerakan-gerakan yang dilakukan saat berenang dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera dan membuat tubuh lebih lentur.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat olahraga renang jika dilakukan secara teratur, dapat membantu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi. Berenang juga membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga renang juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Aktivitas fisik yang dilakukan saat berenang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Renang dapat membantu menjaga kesehatan mata,di mana jenis olahraga ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke mata. Selain itu, renang juga dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.


Manfaat Olahraga Renang

Ilustrasi renang
Ilustrasi renang. (Photo by Toomas Tartes on Unsplash)

12. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Manfaat olahraga renang bagi tubuh, bisa meningkatkan kesehatan pernapasan seseorang karena latihan pernapasan yang dilakukan saat berenang, membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi risiko terkena penyakit pernapasan.

13. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Berenang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, karena saat Anda melakukannya maka secara otomatis Anda telah membakar kalori dengan efektif, sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berenang secara teratur, seseorang dapat membantu menjaga berat badannya tetap stabil dan sehat.

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga renang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, karena bisa meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

15. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Olahraga renang dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang, di mana kegiatan ini membantu Anda dalam meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Saat Anda rutin berenang, akan membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri koroner.

16. Menjaga Keseimbangan Hormon

Berenang juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, di mana saat Anda berolahraga maka produksi hormon stres seperti kortisol akan berkurang, dan meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi.

17. Meningkatkan Konsentrasi dan Kinerja Kognitif

Olahraga renang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja kognitif seseorang, karena kegiatan ini akan membantu Anda meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan aliran darah yang lebih baik, otak dapat bekerja dengan lebih efektif dan membantu meningkatkan kinerja kognitif seperti konsentrasi, ingatan, dan pemecahan masalah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya