Bacaan Doa Jerawat dan Artinya, Ketahui Pentingnya untuk Kesembuhan

Ketika kita sedang berusaha mengatasi jerawat, penting bagi kita untuk memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa jerawat.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 10 Mar 2023, 16:06 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 15:50 WIB
Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Saat wajah berjerawat, sudah sepatutnya kita melakukan langkah perawatan tertentu untuk dapat mengatasi jerawat lebih cepat. namun sebagai muslim, penting untuk diingat bahwa segala jenis penyakit termasuk jerawat diturunkan oleh Allah, dan hanya kepadaNya kita meminta kesembuhan.

Dalam sebuah hadits Riwayat Bukhari, Rasulullah saw. menyampaikan, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut.”

Oleh karena itu, ketika jerawat tumbuh di wajah atau di tempat lain, penting bagi kita untuk meminta kesembuhan hanya pada Allah SWt, dengan membaca doa jerawat, sebelum melakukan perawatan. Sebab, suatu obat akan manjur atau tidak, semata-mata itu hanya karena izin Allah SWT.

Oleh karena itu, selain menggunakan obat jerawat, penting bagi kita untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT, dengan membaca doa jerawat. Lalu bagaimana bacaan doa jerawat? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023).


Pentingnya Doa untuk Kesembuhan

Ketika sedang sakit, termasuk ketika jerawat timbul di wajah atau bagian tubuh lainnya, penting untuk membaca doa jerawat, selain berupaya dengan melakukan perawatan dengan mengoleskan obat jerawat.

Sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, segala penyakit termasuk jerawat diturunkan oleh Allah, dan dari Allah pula penawarnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWt, dengan membaca doa jerawat.

Selain perawatan, doa memiliki peran yang sangat penting dalam kesembuhan seseorang. Sebab, meski suatu zat yang terkandung pada obat secara ilmiah terbukti dapat menyembuhkan suatu penyakit, namun jika tanpa izin Allah SWT, obat tersebut bisa jadi tidak manjur.

Dalam sebuah riwayat yang ditulis Imam Ar-Razi, ketika menafsirkan surat Al-Fatihah, ada saat ketika Nabi Musa AS merasa sakit perut. Nabi Musa AS kemudian mengadu kepada Allah SWT, yang kemudian memerintahkannya untuk mengambil sejenis daun di suatu tempat.

Nabi Musa kemudian mengunyah daun tersebut dan sakit perutnya sembuh atas izin Allah. Kemudian Nabi Musa merasakan perutnya sakit lagi. Namun kali ini Nabi Musa tidak mengadu kepada Allah. Nabi Musa langsung pergi mengambil daun yang sama lalu mengunyahnya. Alih-alih sembuh, perut Nabi Musa justru semakin sakit.

Nabi Musa kemudian mengadu kepada Allah, “Ya Rabb, waktu kali pertama aku makan, aku langsung sembuh. Tapi, kali kedua tidak hanya tidak sembuh, tapi malah bertambah parah.”

Allah pun menjawab, “Kali pertama kamu datang mengadu kepada-Ku memohon kesembuhan. Tapi, pada kali kedua kamu langsung saja mengunyahnya tanpa meminta petunjuk dan izin dari-Ku. Tidakkah kamu tahu bahwa dunia ini semuanya adalah racun dan penawarnya hanyalah dengan menyebut nama-Ku?”

Dari kisah tersebut dapat diambil pelajaran, meski suatu zat yang terkandung dalam obat-obatan termasuk obat jerawat memang terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan, namun pada akhirnya, manjur atau tidaknya suatu obat, semuanya atas izin Allah.

Oleh karena itu, ketika kita sedang berusaha mengatasi jerawat dengan suatu obat atau jenis perawatan apa pun, penting bagi kita untuk memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa jerawat.


Bacaan Doa Jerawat

Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Setelah memahami pentingnya doa untuk mengatasi berbagai macam penyakit, kita bisa memahami, bahkan untuk mengatasi jerawat pun kita juga harus memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa jerawat. Adapun bacaan doa jerawat antara lain adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allahumma muthfi’al kabir wa mukbira shaghiri athfi’ha anni.

Artinya:

“ Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku.” (HR. An-Nasa’i).

Tentu saja, setelah memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa jerawat, penting bagi kita untuk melakukan upaya pengobatan maupun perawatan, sebagaimana Nabi Musa yang memakan suatu jenis daun untuk mengatasi sakit perutnya, sesuai dengan perintah Allah.


Cara Mengatasi Jerawat

Toner Kulit Berjerawat
Ilustrasi perempuan yang sedang menggunaan toner untuk kulit berjerawat. Credit: pexels.com by Sarah Chai

Setelah membaca doa jerawat, penting bagi kita untuk mengambil langkah pengobatan atau perawatan. Kita bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan obat oles jerawat yang sudah banyak dijual di pasaran. selain itu, kita juga bisa mengatasi jerawat dengan cara alami.

Adapun cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membuat masker dari cuka sari apel.

2. Masker soda kue dan minyak kelapa.

3. Masker jeruk lemon.

4. Masker tomat.

5. Masker bubuk kayu manis dan madu.

6. Masker minyak pohon teh.

7. Masker lidah buaya.

8. Masker kunyit.

9. Masker kopi.

10. Masker jeruk nipis.

11. Masker oatmeal.

12. Masker putih telur.

13. Masker daun jambu biji.

14. Masker bawang putih.

15. Masker daun mint.

Selain itu, masih ada sejumlah cara lain untuk mengatasi jerawat. Namun, penting bagi kita, sebelum mengambil langkah perawatan atau pengobatan untuk mengatasi jerawat, penting bagi kita sebagai orang yang beriman, untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT, dengan membaca doa jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya