21 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penting Diketahui

Ada berbagai manfaat buah bit yang ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 12 Mei 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 14:00 WIB
ilustrasi buah bit untuk detoksifikasi/pexels
ilustrasi buah bit untuk detoksifikasi/pexels

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah bit mungkin masih cukup asing di telinga. Padahal, ada beragam manfaat buah bit yang perlu untuk diketahui. Melansir dari Klikdokter, bahkan manfaat buah bit sejak abad pertengahan sudah digunakan dalam menyembuhkan beberapa penyakit, terutama jenis penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan darah.

Sekilas mengenai buah bit, merupakan spesies dalam kelas Beta vulgaris dengan kelompok vulgaris conditiva yang memiliki warna merah keunguan. Biasanya selain dikonsumsi lagsung, buah bit juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan.

Jadi, seperti apa sebenarnya manfaat buah bit tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beragam manfaat buah bit yang penting untuk diketahui, Sabtu (14/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Buah Bit

6 Manfaat Mengejutkan Si Cantik Buah Bit
Ilustrasi Buah Bit (Sumber: Unsplash)

1. Sumber Nutrisi dan Serat

Manfaat buah bit yang pertama berasal dari kandungan nutrisi yang lengkap. Buah bit kaya akan vitamin C, serat, serta mineral. Selain itu, buah bit juga kaya akan potasium yang berguna untuk fungsi saraf dan otot yang sehat, serta mengandung mangan yang baik bagi tulang, hati, ginjal, dan pankreas.

 

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat buah bit yang selanjutnya bisa mengatasi masalah pada pencernaan. Sebab Buah bit mengandung serat yang baik di dalamnya.

 

3. Kontrol Tekanan Darah

Salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke karena tekanan darah tinggi. Bahkan penyakit tersebut masih menjadi momok menakutkan dan penyebab kematian yang sangat tinggi di seluruh dunia.

Dengan mengonsumsi buah bit maka tekanan darah akan lebih terjaga. Sebab buah bit akan membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal tersebut tidak lain karena buah bit mengandung nitrat yang bisa mengubah nitrit oksida di dalam darah serta turut melebarkan pembuluh darah dan mengurangi hambatan pada pembuluh.


Manfaat Buah Bit

[Fimela] Bit
Buah Bit | unsplash.com/@foodism360

4. Menambah Stamina

Konsumsi buah bit ternyata berguna untuk menambah stamina tubuh. Berdasarkan hasil sebuah studi pada tahun 2012, konsumsi jus buah bit bisa meningkatkan kadar nitrat plasma dan meningkatkan kemampuan kerja fisik.

 

5. Obat Anemia

Salah satau penyebab anemia yaitu kekurangan zat besi. Manfaat buah bit bisa mengobati anemia tersebut. Ssebab buah bit kaya akan zat besi, bahkan penyerapan zat besi yang berasal dari buah bit lebih baik dibandingkan beberapa sayuran lainnya. Selain itu kandungan folat dalam buah bit juga berfungsi untuk mengoptimalkan pengobatan anemia.

 

6. Menurunkan Kolesterol

Dari sebuah penelitian pada tikus, ketika diberi ekstrak buah bit didapatkan hasil berupa penurunan kadar kolesterol total serta peningkatan kolesterol baik. Walau begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut meski fitonutrien dalam bit memang dikenal memiliki sifat yang baik dalam mengendalikan kadar kolesterol.


Manfaat Buah Bit

buah bit
ilustrasi bit ungu/copyright unsplash/Natalia Fogarty

7. Jaga Kesehatan Hati

Jus bit terbukti sangat baik dalam membersihkan serta memelihara kesehatan hati karena pola makan yang buruk, konsumsi alkohol berlebihan, paparan zat beracun dan gaya hidup yang kurang bergerak.

Buah bit akan membantu proses detoksifikasi sebab kandungan betaine di dalamnya, yang merupakan suatu zat yang bisa mencegah atau mengurangi timbunan lemak di hati. Betaine dalam buah bit juga membantu melindungi hati dari racun.

 

8. Mengobati Peradangan

Manfaat buah bit ini tidak lain berasal dari kandungan folat, serat, dan betalain yang memiliki sifat anti-inflamasi. Bahkan pada sebuah studi di Mesir menemukan, jika ekstrak bit bisa mengobati peradangan pada ginjal.

 

9. Cegah Penuaan Dini

Di dalam buah bit, terkandung vitamin A dan karoten yang bisa menunjang kesehatan kulit. Selain itu, buah bit juga mengandung lutein dalam jumlah cukup besar. Lutein ini berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dan berperan dalam melindungi kulit.


Manfaat Buah Bit

buah bit
Tips merebus buah bit./Copyright unsplash.com/markus spiske

10. Mencegah Katarak

Manfaat buah bit ini berasal dari kandungan beta-karoten di dalamnya, yang mana bisa membantu mengurangi risiko katarak. Selain itu, kandungan tersebut juga membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

 

11. Mencegah Osteoporosis

Kandungan nitrat dalam buah bit bisa diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Hal ini kemudian dihubungkan dengan penelitian di Jepang yang menyatakan bahwa nitrat oksida tersebut dapat membantu dalam pencegahan penyakit terkait gaya hidup tertentu, salah satunya osteoporosis. Bahkan di dalam buah bit mengandung kalsium yang bisa memperkuat tulang dan gigi.

 

12. Baik untuk Ibu Hamil

Buah bit sangat kaya akan asam folat, di mana menjadi sebuah senyawa yang sangat baik bagi ibu hamil. Asam folat tersebut akan membantu dalam mencegah cacat saraf pada bayi.


Manfaat Buah Bit

Buah Bit
Buah Bit (Image by Tracy Lundgren from Pixabay)

13. Mengandung Senyawa Anti Kanker

Dalam sebuah penelitian didapat hasil jika ekstrak dari buah bit ternyata berguna dalam mencegah pembentukan tumor multi-organ dalam berbagai macam hewan. Sedangkan manfaat lain dari ekstrak buah bit juga sedang dipelajari dengan tujuan mengobati kanker pankreas, payudara, serta prostat pada manusia.

 

14. Jaga Kesehatan Otak

Manfaat buah bit diketahui mampu meningkatkan neuroplastisitas otak melalui peningkatan oksigenasi dari somatomotor cortex yang merupakan area di otak dan biasanya memiliki pengaruh pada tahap awal demensia.

Saat seseorang sudah lanjut usia dan memiliki hipertensi, maka dengan diberi suplemen jus bit konektivitas otak mereka mulai menyerupai orang dewasa yang usianya lebih muda.

Sebab nitrat dalam bit bisa dirubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Nitrat oksida tersebut memungkinkan sel-sel otak mampu berkomunikasi satu sama lain, dan bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, nitrat juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

 

15. Atasi Masalah Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah paling banyak dialami dan tentunya sangat menganggu. Untuk mengatasi ketombe dengan buah bit, cukup dengan merebus bit secukupnya, lalu dioleskan ke kulit kepala sembari dipijat lembut. Kemudian biarkan semalaman dan bungkus dengan handuk, lalu bilas keesokan harinya.


Manfaat Buah Bit

Buah Bit
Buah Bit (Image by congerdesign from Pixabay)

16. Menjaga Kesehatan Seksual

Sejak zaman Romawi, ternyata buah bit sudah digunakan sebagai afrodisiak. Buah bit memiliki kandungan boron yang cukup banyak. Boron tersebut secara langsung memengaruhi produksi hormon seks.

 

17. Cegah Rambut Rontok

Kerontokan rambut biasanya dikaitkan dengan kekurangan kalium atau potasium. Kedua senyawa tersebut merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh, terutama dalam pertumbuhan rambut.

Manfaat buah bit bisa menjadi sumber potasium yang baik dan dengan mengonsumsinya bisa mencegah kerontokan rambut serta meningkatkan pertumbuhan pada rambut.

 

18. Melembabkan Kulit Kering

Manfaat buah bit bisa membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Sebab buah bit akan menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Selain itu, mengonsumsi buah bit sebagai minuman bisa membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.


Manfaat Buah Bit

Buah Bit
Buah Bit (Image by Anna Sulencka from Pixabay)

19. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Vitamin C yang ada dalam buah bit ternyata sangat efektif untuk mengurangi pigmentasi serta noda, dan mampu menghilangkan noda hitam pada wajah. Konsumsi buah bit bisa memberi tubuh asupan vitamin C dalam jumlah besar, serta akan membantu membersihkan wajah karena perubahan warna kulit dan pigmentasi.

 

20. Cegah Jerawat

Manfaat buah bit ini berasal dari kandungan vitamin, mineral, zat besi, serta antioksidan yang bisa meminimalisir minyak berlebih pada kulit dan menutrisi kulit wajah. Maka dari itu, dengan meminum jus buah bit bisa membantu mencegah jerawat yang muncul pada wajah. Selain dikonsumsi langsung, buah bit bisa juga dijadikan sebagai masker wajah.

 

21. Hilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Keadaan stres karena aktivitas serta tidur yang tidak cukup bisa menyebabkan lingkaran hitam serta mata bengkak. Dengan mengoles jus bit secara teratur akan membantu mencerahkan lingkaran hitam serta mata bengkak.

Itulah berbagai manfaat buah bit yang sangat beragam dan penting untuk diketahui.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya