International Day of Families 2023, Hari Keluarga yang Diperingati Setiap Tanggal 15 Mei

Hari Keluarga Internasional (International Day of Families) diperingati setiap tanggal 15 Mei setiap tahunnya

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 15 Mei 2023, 12:08 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 11:15 WIB
keluarga
ilustrasi anak/Photo by Emma Bauso from Pexels

Liputan6.com, Jakarta International Day of Families adalah perayaan tahunan, yang diperingati pada tanggal 15 Mei setiap tahunnya. Perayaan ini didedikasikan untuk memperingati keluarga sebagai unit terkecil dan terpenting dalam masyarakat, serta menghargai peran dan kontribusi keluarga dalam membangun masyarakat yang kuat dan stabil.

International Day of Families diperingati oleh PBB, sebagai bentuk pengakuan terhadap peran penting keluarga dalam kehidupan manusia, dan sebagai bagian dari upaya PBB untuk mempromosikan pembangunan sosial, ekonomi, dan politik yang berkelanjutan.

International Day of Families telah diperingati sejak tahun 1994, setelah diproklamirkan oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi A/RES/47/237. Setiap tahunnya, tema tertentu dipilih untuk menyoroti aspek-aspek penting dari kehidupan keluarga, dan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan di bidang-bidang yang berkaitan dengan keluarga. 

Berikut ini sejarah dan kegiatan International Day of Families yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/5/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah

Keluarga Tetap Menjadi Prioritas Utama
Ilustrasi Keluarga Bahagia Credit: pexels.com/pixabay

International Day of Families dirayakan setiap tanggal 15 Mei setiap tahunnya. Hari tersebut diperingati oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keluarga sebagai unit dasar masyarakat, serta untuk mempromosikan nilai-nilai positif dalam keluarga.

Sejarah International Day of Families bermula pada tahun 1993, saat Majelis Umum PBB memutuskan untuk menetapkan tanggal 15 Mei sebagai International Day of Families. Keputusan tersebut diambil untuk mengakui peran penting keluarga dalam masyarakat, dan untuk mempromosikan kesadaran tentang isu-isu yang mempengaruhi keluarga di seluruh dunia.

Sejak saat itu, International Day of Families diperingati setiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda, yang mencerminkan isu-isu terkini yang mempengaruhi keluarga di seluruh dunia. Beberapa tema yang pernah diusung dalam International Day of Families antara lain "Keluarga dan Pendidikan", "Keluarga dan Kesehatan Wanita", dan "Keluarga dan Masyarakat yang Berkelanjutan".

Pada International Day of Families, PBB juga mengadakan kegiatan dan acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran penting keluarga dalam masyarakat. Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan dalam peringatan International Day of Families antara lain forum diskusi, lokakarya, pameran foto, dan kegiatan sosial dan budaya.

Dengan memperingati International Day of Families, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya keluarga sebagai unit dasar masyarakat dan mempromosikan nilai-nilai positif dalam keluarga. Selain itu, peringatan ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan dukungan bagi keluarga yang mengalami masalah dan kesulitan.


Kegiatan

Ilustrasi Keluarga
Ilustrasi Keluarga (Image by Satya Tiwari from Pixabay)

International Day of Families dapat diperingati dengan berbagai kegiatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan nilai-nilai yang positif dalam keluarga, serta memberikan dukungan bagi keluarga yang mengalami masalah. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pada International Day of Families:

Forum diskusi dan lokakarya

Dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang mempengaruhi keluarga, dapat diadakan forum diskusi dan lokakarya yang melibatkan para ahli, praktisi, dan masyarakat umum. Forum diskusi dan lokakarya dapat membahas topik seperti kekerasan dalam rumah tangga, peran keluarga dalam membentuk karakter anak, pengasuhan anak, kesehatan keluarga, dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan keluarga.

Kegiatan sosial dan budaya

Kegiatan sosial dan budaya dapat diadakan untuk mempromosikan solidaritas dan rasa saling menghormati dalam keluarga. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah makan malam keluarga, olahraga bersama, tontonan keluarga, atau acara musik dan seni.

Pameran foto keluarga

Pameran foto keluarga dapat diadakan sebagai sarana, untuk mengenang momen-momen penting dalam kehidupan keluarga. Pameran foto juga dapat menjadi inspirasi bagi keluarga lain dalam mempererat hubungan dan membangun kebersamaan.

Kegiatan penggalangan dana

Kegiatan penggalangan dana dapat dilakukan untuk membantu keluarga yang membutuhkan. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk memberikan bantuan keuangan, pelayanan kesehatan, atau program pengembangan keterampilan untuk keluarga yang kurang mampu.

Pendidikan dan konseling keluarga

Pendidikan dan konseling keluarga dapat diberikan, sebagai upaya untuk memberikan dukungan bagi keluarga yang membutuhkan. Pendidikan dan konseling keluarga dapat memberikan informasi tentang cara menghadapi masalah dalam keluarga, meningkatkan komunikasi yang efektif dalam keluarga, dan memberikan dukungan psikologis.

Kegiatan International Day of Families dapat disesuaikan, dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat setempat. Hal yang penting adalah kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kesadaran, tentang pentingnya keluarga sebagai unit dasar masyarakat. 


Cara Merayakan

Ilustrasi keluarga, merayakan tahun baru bersama orang tua
Ilustrasi keluarga, merayakan tahun baru bersama orang tua. (Foto oleh Nicole Michalou : https://www.pexels.com/id-id/foto/keluarga-makan-malam-natal-bersama-5778894/)

Makan Malam Keluarga

Makan malam keluarga adalah cara yang paling sederhana dan murah, untuk merayakan International Day of Families. Siapkan hidangan favorit keluarga dan nikmati waktu bersama-sama di meja makan, tanpa gangguan dari gawai dan gadget lainnya. Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk membicarakan hal-hal penting dan menyampaikan kabar atau cerita baru.

Mengadakan Kegiatan Bersama

Mengadakan kegiatan bersama seperti bermain game, berolahraga, atau menonton film bersama adalah cara yang menyenangkan untuk merayakan International Day of Families. Bermain game yang melibatkan seluruh keluarga, seperti game kartu atau permainan papan dapat membantu membangun hubungan yang kuat, dan membuat waktu bersama-sama menjadi menyenangkan. Berolahraga bersama seperti jogging, bersepeda atau berenang juga bisa dilakukan untuk membantu keluarga tetap sehat dan bugar.

Membuat Kartu Ucapan

Membuat kartu ucapan atau mengirimkan pesan singkat, adalah cara yang baik untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang pada keluarga. Dalam kartu ucapan atau pesan, sampaikan kepada keluarga betapa mereka penting dan berharga dalam hidupmu. Bisa juga diisi dengan harapan dan cita-cita yang ingin diwujudkan bersama keluarga.

Mengadakan Acara Keluarga

Mengadakan acara keluarga seperti pesta ulang tahun atau perayaan hari kelahiran anggota keluarga, dapat menjadi cara yang baik untuk merayakan kebersamaan dan menciptakan kenangan indah. Tambahkan elemen khusus seperti hiasan yang dibuat sendiri, atau memilih tema tertentu yang diinginkan. Dengan cara ini, acara keluarga akan menjadi lebih meriah dan menyenangkan.

Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti membantu keluarga yang membutuhkan, atau berkontribusi dalam kampanye sosial yang berkaitan dengan keluarga, dapat menjadi cara yang baik untuk memberikan dukungan bagi keluarga lain. Selain itu, kegiatan sosial ini juga dapat menjadi cara untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan sosial yang positif pada anggota keluarga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya