18 Penyebab Hidung Tersumbat, Ketahui Cara Mengatasinya

Hidung tersumbat bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 17 Mei 2023, 03:50 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 03:50 WIB
Gambar Ilustrasi Seorang Wanita Mengalami Flu
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Penyebab hidung tersumbat bisa dipicu banyak hal. Hidung tersumbat terjadi ketika saluran hidung meradang. Kondisi ini membuat saluran hidung dipenuhi banyak lendir yang menyumbat pernapasan.

Hidung tersumbat bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain seperti infeksi sinus. Penyebab hidung tersumbat bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan kesulitan bermapas. Penyebab hidung tersumbat bisa berupa kondisi ringan sampai berat.

Jika ringan, penyebab hidung tersumbat bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika kronis atau berat, penyebab hidung tersumbat memerlukan perawatan medis serius. Mengetahui penyebab hidung tersumbat bisa membantu mengatasi ketidaknyamananannya.

Berikut 18 penyebab hidung tersumbat dan cara alami mengatasinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab hidung tersumbat

Ilustrasi flu
Ilustrasi flu. Sumber foto: unsplash.com/Kelly Sikkema.

Alergi

Penyebab hidung tersumbat yang pertama adalah alergi. Ini terjadi ketika saluran hidung meradang karena reaksi alergi. Kondisi ini disebut rinitis alergi. Begitu seseorang mengembangkan rinitis alergi, saluran napas bisa menjadi lebih reaktif terhadap zat yang biasanya tidak menyebabkan gejala alergi. Alergi bisa dipicu oleh makanan, debu, serbuk sari, atau bulu binatang.

Pilek

Pilek termasuk penyebab hidung tersumbat yang paling umum. Pilek bisa disebabkan oleh virus seperti rhinovirus. Pilek bisa menyebabkan hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, bersin, dan demam ringan.

Flu

Selain pilek, flu juga menjadi penyebab hidung tersumbat yang umum. Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyerang kekebalan tubuh. Gejalanya meliputi demam, menggigil, nyeri otot, batuk, hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, dan kelelahan.

Udara kering

Ketika udara yang hirup terlalu kering, lendir di hidung dan sinus tidak akan mengalir dengan baik dan sinus tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Ini akhirnya menjadi penyebab hidung tersumbat. Kondisi ini bisa terjadi di iklim yang lebih dingin atau lingkungan ber-AC.


Penyebab hidung tersumbat

Ilustrasi pria sakit flu
Ilustrasi sakit flu (iStock)

Sinusitis

Sinusitis baik itu kronis atau akut bisa menjadi penyebab hidung tersumbat. Sinusitis terjadi ketika rongga di sekitar saluran hidung menjadi meradang. Sinusitis akut dapat dipicu oleh pilek atau alergi dan dapat sembuh dengan sendirinya. Sinusitis kronis berlangsung hingga delapan minggu dan mungkin disebabkan oleh infeksi atau pertumbuhan hidung.

GERD

GERD adalah suatu kondisi yang menyebabkan isi perut mengalir kembali melalui tenggorokan dan saluran hidung. Satu studi 2015 menemukan bahwa mereka dengan GERD memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mengembangkan sinusitis kronis penyebab hidung tersumbat.

Polip hidung

Polip hidung terjadi ketika seseorang mengembangkan pertumbuhan jaringan di dalam rongga hidung. Polip hidung mengganggu kemampuan rambut-rambut kecil di hidung, yang disebut silia, untuk membersihkan lendir dan antigen. Kondisi ini bisa memicu hidung tersumbat.

Hipertiroidisme

Hipotiroidisme adalah sebuah kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid (thyroid-stimulating hormone) yang cukup. Kondisi ini dapat menjadi penyebab hidung tersumbat, meskipun sedang tidak dalam kondisi flu. Tak hanya itu, hipotiroidisme yang menjadi penyebab hidung tersumbat juga menunjukkan gejala lain seperti kelelahan, sembelit, rambut menipis, kulit kering dan merasa dingin.

Septum Nasal Bengkok

Septum nasal adalah dinding yang membatasi antara kedua rongga hidung. Jika septum ini tidak berada di tengah atau bergeser, maka hal ini membuat salah satu saluran hidung menjadi kecil dan menjadi penyebab hidung tersumbat. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat sebelah yang sering terjadi. Faktor pemicu utamanya aliran udara hanya mengalir lancar di salah satu lubang hidung, sementara lubang lainnya tersumbat.


Penyebab hidung tersumbat

Hidung Tersumbat
Ilustrasi Hidung Tersumbat Credit: pexels.com/Andrea

Rinitis non-alergi

Rinitis non-alergi melibatkan bersin kronis atau hidung tersumbat dan berair tanpa penyebab yang jelas. Gejala rinitis non-alergi mirip rinitis alergi, tetapi tidak ada bukti reaksi alergi yang biasa.

Iritan

Beberapa iritasi juga dapat menyebabkan hidung tersumbat. Debu, kabut asap, asap rokok, atau bau yang menyengat, seperti parfum, dapat menjadi penyebab hidung tersumbat.

Tembakau

Segera setelah menghirup asap tembakau, ia mulai mengiritasi seluruh saluran napas bagian atas. Gas yang mengiritasi seperti amonia dan formaldehida menyebabkan hidung dan sinus menghasilkan lebih banyak lendir. Ini menjadi penyebab hidung tersumbat.

Kehamilan

Orang hamil juga mungkin mengalami hidung tersumbat. Dokter menyebut jenis hidung tersumbat ini rinitis kehamilan.

Obat tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan hidung tersumbat. Obat-obatan ini mungkin termasuk aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya, obat antihipertensi dan vasodilator perifer, psikotropika, imunosupresif, obat semprot hidung, dan agen hormonal.


Penyebab hidung tersumbat

Menghindari Makanan Berlemak dan Pedas
Ilustrasi Bubuk Cabe Credit: pexels.com/Jim

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menjadi penyebab hidung tersumbat. Makanan ini memicu peradangan yang menimbulkan hidung tersumbat. Saat makan pedas, tubuh bisa menghasilkan lebih banyak histamin, dan akan bertambah banyak ketika Anda memiliki alergi.

Histamin adalah senyawa peradangan yang diproduksi oleh sel ketika tubuh mengalami reaksi alergi. Reaksi ini dapat menimbulkan produksi lendir di dalam sinus dan menyebabkan hidung tersumbat. Capsaicin dalam cabai bisa menyebabkan iritasi pada saluran hidung, menyebabkan produksi lendir yang lebih besar.

Gula olahan

Gula, terutama gula olahan dapat memicu peradangan. Makanan dengan kandungan gula tinggi bisa memningkatkan produksi lendir karena tubuh mengalami iritasi. Gula akan mendorong produksi lendir dan menyebabkan hidung tersumbat bertambah parah.

Susu

Susu dikenal dapat mengentalkan lendir. Ini membuat lendir lebih tebal dan membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Olahan susu lain seperti yogurt dan keju juga perlu dihindari. Produk susu dapat memperburuk atau menebalkan produksi dahak pada individu tertentu.

Susu berlemak dan susu murni dapat mengentalkan lendir dan merangsang produksi lendir. Tapi, tak semua produk susu dapat mengentalkan lendir.

Es krim

Sama seperti susu, es krim juga mengandung kasein, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat. Sebagian besar es krim dibuat dengan produk susu full-fat, artinya tinggi lemak jenuh yang memicu peradangan. Selain itu, makanan manis mengandung banyak gula, bahan lain yang dikenal dapat meningkatkan peradangan. Makanan dingin juga dapat menyebabkan flu bertambah parah.


Cara alami atasi hidung tersumbat

Menghirup Uap
Ilustrasi Menghirup Uap Credit: pexels.com/Artem

Menghirup uap

Menghirup uap atau bernapas di antara uap bisa membantu melonggarkan lendir di sinus. Menghirup uap dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Cara mudah menggunakan uap untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar, lalu hirup uapnya sambil membungkuk di atas mangkuk dengan handuk di atas kepala.

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah kunci utama dalam cara mengatasi hidung tersumbat. Selaput lendir bisa meradang selama sinus tersumbat. Tetap terhidrasi dapat membantu fungsi membran bekerja sebagaimana mestinya. Minum banyak air dan cairan lain dapat membantu meringankan gejala penyumbatan sinus.

Menaikkan kepala saat tidur

Untuk membantu mendorong kelonggaran sinus, Anda bisa menaikkan kepala saat tidur. Caranya adalah menggunakan bantal ekstra untuk menopang kepala. Meninggikan kepala dapat mencegah lendir berkumpul di sinus di malam hari. Cara mengatasi hidung tersumba ini juga dapat meredakan tekanan sinus.

Minyak esensial

Minyak esensial adalah perawatan alami yang populer untuk melegakan hidung tersumbat. Orang-orang menggunakannya untuk meredakan penyumbatan sinus, membuka sumbatan hidung, dan meningkatkan drainase sinus. Minyak esensial yang bisa digunakan seperti minyak peppermint, lavender, eukaliptus, atau kayu putih.

Menggunakan humidifier

Humidifier adalah alat yang berfungsi menambah kelembapan udara. Pelembap udara ini dapat membantu dengan memompa kelembapan ke udara yang dihirup. Ini pada gilirannya, dapat meningkatkan kelembapan di hidung dan mempermudah pernapasan.

Mandi air hangat

Mandi air hangat memang idak akan menghilangkan pilek atau flu, tetapi dapat membantu mengatasi gejala yang tidak nyaman seperti hidung tersumbat. Mandi air hangat bisa mengendurkan dada yang tersumbat dengan menghirup uap. Cara mengatasi hidung tersumbat ini juga bisa membersihkan saluran hidung yang pengap dengan kelembapan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya