Sering Disamakan, Ini Perbedaan Tahu dan Tofu

Jangan sampai salah pilih antara tahu dan tofu.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 19 Mei 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 20:10 WIB
Perbedaan Tahu dan Tofu
ilustrasi: Tahu dan Tofu (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar penyebutan tahu dan tofu, sekilas keduanya tampak sama saja. Dalam bahasa Inggris tahu disebut sebagai tofu, makna tofu pada istilah asing ini mengarah pada segala macam jenis tahu.

Di Indonesia, tofu merupakan salah satu jenis tahu yang juga sering dikonsumsi. Tofu dan tahu memiliki perbedaan dalam segi jenisnya. Meski terbuat dari bahan yang sama yaitu kedelai, tahu dan tofu berbeda mulai dari tekstur, rasa, hingga pengolahan.

Tofu merupkan jenis tahu berasal dari Jepang. Tofu juga bisa disebut dengan tahu sutera. Tahu sutera dan biasa dapat ditemukan dalam konsistensi lunak, sedang, tegas, dan ekstra keras. Mereka dibuat dengan bahan yang sama, tetapi diproses sedikit berbeda dan tidak dapat digantikan penggunaanya dengan tahu lain.

Agar tak salah beli, berikut perbedaan tahu dan tofu yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Proses Pembuatan

Tahu
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Pembuatan tofu tidak seperti tahu biasa yaitu tidak memerlukan pengepresan kedelai selama proses pembuatan tahu. Sebaliknya, susu kedelai dipadatkan dalam wadah terakhirnya. Proses ini menghasilkan tekstur lembut. Salah satu proses terpenting pembuatan tahu adalah kolagulasi.

Kolagulasi atau penggumpalan adalah proses membekukan protein dan minyak dalam susu kedelai. Kolagulan yang berbeda digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis tahu.

Tiga kategori utama kolagulan yang biasa digunakan adalah garam, asam, dan enzim. Mereka dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi. Kalsium sulfat atau GDL (Glucono Delta Lactone) adalah koagulan yang paling tradisional dan banyak digunakan untuk tahu.

Bahan penggumpal kedelai pada tofu berbeda dengan tahu biasa. Tofu menggunakan GDL (Glucono Delta Lactone) dalam jumlah rendah sekitar 0,2 - 0,3 persen dari jumlah susu kedelai yang digunakan. GDL secara khusus digunakan untuk tahu sutra atau lunak karena mengental dengan cepat, memungkinkan tahu sutra dibuat di dalam wadah tanpa celah udara, yang mencegah tahu sutra dari pecah.

Sementara tahu biasa menggunakan GDL dalam jumlah yang lebih tinggi. Penggumpal tahu biasa juga bisa menggunakan bahan penggumpal berupa asam asetat.


Tekstur

Tofu
Tofu (sumber: iStockphoto)

Tofu bisa hancur dengan sangat mudah. Ini karena proses pembuatannya yang tidak melalui pengepresan dan kadar GDL yang rendah.

Tofu memiliki tekstur yang sangat lembut, halus dan memiliki rasa yang sangat gurih. Tekstur yang lembut dan halus inilah yang membuat tofu disebut dengan tahu sutera.

Berbeda dengan tofu, tahu biasa memiliki tekstur yang lebih padat dan keras. Tahu biasa tidak mudah hancur dan lebih kenyal. Tahu biasa bisa dengan mudah menyerap rasa saus dan kaldu.


Kandungan Air

Tofu (sumber: iStockphoto)
Tofu (sumber: iStockphoto)

Dilihat dari proses pembuatannya, tofu memiliki kandungan air lebih banyak dari tahu biasa. Tofu tidak seperti tahu biasa, tidak memerlukan pengepresan selama proses pembuatan tahu. Karena tidak melalui proses pengepresan, tofu memiliki kadar air cukup tinggi.

Sementara tahu biasa telah melalui proses pengepresan yang mengurangi banyak kadar airnya. Tahu biasa memiliki ragam jenis seperti tahu putih, tahu kuning, hingga tahu bulat.


Cara Memasak

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Karena perbedaan tekstur dan kandungan air, cara memasak tofu dan tahu biasa berbeda. Saus salad, saus, dan makanan penutup biasanya menggunakan tofu yang diblender atau dihaluskan untuk mendapatkan tekstur yang kental dan lembut.

Tofu juga sering berfungsi sebagai pengganti segala sesuatu mulai dari susu kedelai hingga krim. Campuran, tofu membuat pengganti yang cocok untuk susu dalam banyak resep makanan penutup vegan.

Tahu sutra dalam wadah aseptik memiliki masa simpan hingga satu tahun sebelum dibuka. Sementara tahu biasa harus segera diolah.

Tahu biasa bisa dengan mudah menyerap rasa bumbu dan kaldu dan sering digunakan dalam sup dan semur. Tahu biasa juga bisa digoreng atau dikukus dan memiliki rasa gurih yang lezat.


Manfaat Konsumsi Tahu

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Baik tofu maupun tahu, keduanya memiliki manfaat nabati yang menguntungkan. Tofu dan tahu mengandung protein kedelai yang baik untuk kesehatan.

Tahu dan tofu rendah kalori tetapi tinggi protein dan lemak. Ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Berikut manfaat konsumsi tahu:

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kacang-kacangan yang tinggi, termasuk kedelai, terkait dengan rendahnya tingkat penyakit jantung. Para ilmuwan juga menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Tahu mengandung saponin, senyawa yang diduga memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung.

Mengurangi Risiko Beberapa Kanker

Penelitian telah meneliti efek tahu pada kanker payudara, prostat, dan sistem pencernaan. Beberapa penyelidikan klinis dan eksperimental menunjukkan bahwa genistein, isoflavon utama dalam kedelai, memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kesehatan tulang

Data ilmiah menunjukkan bahwa 80 mg isoflavon kedelai per hari dapat mengurangi kehilangan tulang, terutama pada menopause dini.

Fungsi otak

Isoflavon kedelai memiliki pengaruh positif pada memori dan fungsi otak, terutama untuk wanita di atas 65.

Elastisitas kulit

Mengonsumsi 40 mg isoflavon kedelai per hari secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit setelah 8-12 minggu.

Penurunan berat badan

Dalam satu penelitian, mengonsumsi isoflavon kedelai selama 8–52 minggu menghasilkan rata-rata penurunan berat badan 10 pon (4,5 kg) lebih dari kelompok kontrol.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya