8 Cara Membersihkan Noda Permen Karet di Pakaian

Cara membersihkan noda permen karet di pakaian dilakukan dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di rumah.

oleh Husnul Abdi diperbarui 25 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2023, 18:00 WIB
Cara Membersihkan Noda Permen Karet di Pakaian
Cara Membersihkan Noda Permen Karet di Pakaian (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan noda permen karet di pakaian harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut tentunya akan semakin susah untuk dihilangkan.

Menghilangkan noda permen karet di pakaian memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika permen karet yang menempel sudah mengeras. Cara mencuci yang seperti biasa kamu terapkan tentunya tidak akan ampuh lagi untuk membersihkan noda membandel tersebut.

Cara membersihkan noda permen karet di pakaian dilakukan dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di rumah. Daripada menggunakan senyawa kimia yang dapat merusak pakaian, kamu bisa menggunakan bahan-bahan rumahan yang lebih aman dan tetap efektif membersihkan noda permen karet pada pakaian.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020) tentang cara membersihkan noda permen karet di pakaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gunakan Cuka dan Setrika Panas

Menyetrika Pakaian
Ilustrasi Menyetrika Pakaian. Credit: freepik.com

Gunakan Cuka

Cara membersihkan ndoa permen karet di pakaian yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Sebagai salah satu bahan yang biasanya selalu ada di dapur, cuka putih tentunya tidak sulit disiapkan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama-tama, tempatkan cuka dalam wadah, dan panaskan dalam microwave selama satu menit. Ketika cuka sudah panas namun tidak mendidih, celupkan daerah pakaian yang bernoda permen karet ke dalam cuka.

Kemudian, kamu tinggal membiarkannya selama beberapa menit. Cuka panas akan merusak permen karet, sehingga mudah untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.

Setrika Panas

Setrika panas juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan noda permen karet di pakaian. Cara menerapkannya pun cukup mudah, pertama-tama tempatkan karton di papan setrika. Letakkan sisi pakaian yang terkena permen karet di atas karton dan tutupi dengan sapu tangan atau sepotong kain.

Setelah itu, setrika pakaian di area yang terkena noda permen karet sampai permen karet panas, meleleh dan menempel ke karton. Lakukan beberapa saat hingga pakaian bersih dari noda permen karet.

 


Bekukan di Freezer dan Gunakan Ice Pack

Bekukan di Freezer
Bekukan di Freezer. Doc: Ryan dan Lindsey Tronier via eHow

Bekukan di dalam freezer

Cara membersihkan noda permen karet di pakaian selanjutnya adalah dengan membekukannya di dalam freezer. Cara ini mungkin merupakan metode paling sederhana dan mudah, karena kamu tinggal memasukkanya ke freezer saja.

Caranya, tempatkan pakaian dalam kantong plastik dengan sisi area pakaian yang terkena noda permen karet menghadap ke atas. Pastikan permen karet atau pakaian tidak bersentuhan dengan kantong plastik. Tujuannya, menjaga pakaian dan permen karet tetap kering dan membekukan permen karet.

Kemudian, bekukan selama beberapa jam. Ketika permen karet sudah beku dan mengeras, kamu akan lebih mudah mengelupas noda permen karet tersebut.

Ice Pack

Masih dengan mendinginkannya, cara membersihkan noda permen karet di pakaian selanjutnya adalah dengan ice pack. Caranya, gunakan ice pack dengan menempatkan pakaian yang bernoda permen karet di antara dua lapisan plastik. Terapkan ice pack pada daerah pakaian yang terkena permen karet.

Hal ini dilakukan untuk membekukan atau setidaknya mencoba mendinginkan sisa permen karet pada pakaian. Setelah mengeras, permen karet akan terkelupas dengan lebih mudah.


Hairdryer dan Hair Spray

Hairdryer
Hairdryer

Hairdryer

Udara panas dari pengering rambut atau hairdryer akan memanaskan permen karet sehingga permen karet mudah dilepas. Namun, dalam menerapkan cara membersihkan noda permen karet di pakaian satu ini, kamu harus hati-hati agar suhu hairdryer tidak terlalu panas, karena dapat merusak pakaian.

Setelah permen karet sudah mulai terasa cukup panas, gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dan jari atau gunakan pisau ketika mengelupas permen karet yang sudah dipanaskan dengan hairdryer.

Hair Spray

Menggunakan hairspray juga bisa dijadikan cara membersihkan noda permen karet di pakaian. Cara ini dapat menghilangkan noda permen karet dengan cepat dan mudah. Cukup dengan menyemprot daerah pakaian yang terkena permen karet dengan hair spray. Hal ini akan mendinginkan permen karet dan membuatnya mengeras.

Kemudian, tunggu beberapa saat, kamu dapat mengupasnya dengan mudah setelah itu. Ulangi menyemprotkan hair spray sampai semua sisa permen karet terlepas.

 


Sabun Cuci dan Lakban

Ilustrasi deterjen | pixabay
Ilustrasi deterjen | pixabay

Sabun Cuci

Cara membersihkan noda permen karet di pakaian selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci. Teteskan sabun cuci di atas area noda permen karet, dan sikat dengan menggunakan sikat gigi. Lalu diamkan selama sekitar setengah jam.

Setelah itu, kamu perlu menyikatnya kembali agar noda permen karet hilang. Permen karet akan melonggar dan dengan lebih mudah terlepas dengan cara ini.

Lakban

Lakban juga bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan noda permen karet di pakaian. Cukup dengan memotong lakban sesuai ukuran permen karet, lalu tekan kuat pada noda tersebut. Namun, kamu harus hati-hati supaya tidak menempelkan sisi lakban pada kain pakaian, karena akan sulit membukanya.

Setelah itu, kamu tinggal mengangkat lakban, dan permen karet biasanya akan menempel pada lakban tersebut. Ulangi hingga semua noda permen karet hilang. Jangan lupa juga untuk menggunakan lakban yang cukup kuat.

Itulah beberapa cara membersihkan noda permen karet di pakaian yang bisa kamu terapkan di rumah. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi jika ada noda permen karet di pakaian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya