Lunch Artinya Makan Siang, Ketahui Bedanya dengan Breakfast, Brunch, dan Dinner

Secara umum, lunch artinya adalah makan siang.

oleh Ayu Rosiana Angelia diperbarui 23 Mei 2023, 12:50 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 12:50 WIB
Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Alex Haney

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menggunakan berbagai istilah untuk menggambarkan waktu makan, salah satunya adalah lunch.

Secara umum, lunch artinya adalah makan siang. Biasanya, lunch menjadi salah satu rutinitas untuk bersosialisasi dengan rekan maupun kerabat karena merupakan momen istirahat di tengah aktivitas yang padat.

Waktu lunch berbeda-beda tergantung pada kebiasaan budaya dan jadwal masing-masing individu. Akan tetapi pada umumnya, lunch dapat dimulai pada pukul 11 siang hingga 2 siang. 

Perlu diketahui bahwa lunch artinya merupakan salah satu istilah yang menggambarkan waktu makan dalam bahasa Inggris, sehingga perlu dipahami untuk kegiatan sehari-hari. Berikut Liputan6.com rangkum informasi terkait lunch dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lunch Artinya?

ilustrasi makan bersama sahabat
Ilustrasi ide hadiah untuk sahabat perempuan/Copyright pexels/Marcus Aurelius

Lunch artinya adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang digunakan dalam bahasa Indonesia dengan arti "makan siang." Kata tersebut merujuk pada waktu makan tengah hari.

Selain itu, dalam konteks bahasa Inggris, istilah lunch artinya juga dapat merujuk pada pertemuan makan siang yang biasanya melibatkan orang-orang yang berkumpul untuk makan dan berdiskusi.

Lunch merupakan salah satu dari tiga waktu makan utama dalam budaya barat, bersama dengan breakfast dan dinner. Makan siang dianggap sebagai waktu makan yang penting dalam rutinitas harian banyak orang, terutama sebagai waktu istirahat dan energi tambahan di pertengahan hari.


Sejarah Lunch

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Toa Heftiba

Istilah lunch berasal dari kata Anglo-Saxon "nuncheon" yang berarti makanan kecil pada saat istirahat. Pada abad ke-19, makan siang mulai menjadi sebuah tradisi di kalangan orang-orang kelas pekerja di Inggris sebagai waktu istirahat dari pekerjaan. 

Pada saat itu, makan siang sering kali terdiri dari makanan sederhana seperti roti, keju, dan bir. Seiring berjalannya waktu, tradisi makan siang telah berkembang menjadi waktu makan yang penting dan beragam, tergantung pada budaya dan preferensi masing-masing individu.

Saat ini, makan siang merupakan salah satu waktu makan utama dan sering kali dijadikan sebagai waktu untuk beristirahat dan bersosialisasi dengan teman, kerabat atau rekan kerja. Pada kesimpulannya, kini lunch artinya adalah makan siang yang berasal dari kata serapan "nuncheon."


Perbedaan Breakfast, Lunch, Brunch, dan Dinner

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Mona Masoumi

Perbedaan utama antara Breakfast, Lunch, Brunch, dan Dinner  terletak pada waktu pelaksanaannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Breakfast

Secara harfiah, breakfast berarti "membuka puasa" karena tidak mengonsumsi apapun saat tidur panjang di malam hari. Sehingga breakfast menjadi makanan pertama yang dikonsumsi setelah bangun tidur pada pagi hari atau dikenal dengan istilah sarapan.  Sarapan biasanya dilakukan pada pagi hari dan penting untuk memberikan tubuh energi yang dibutuhkan setelah berpuasa semalaman. Sarapan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan untuk memulai hari dengan baik.

Lunch

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lunch artinya adalah makan siang. Lunch adalah makanan yang dikonsumsi di pertengahan hari yakni terjadi antara jam 12 siang hingga jam 2 sore. Lunch biasanya melibatkan hidangan utama dibandingkan dengan sarapan, seperti nasi, roti, pasta, daging, ikan, sayuran, atau sup dengan fokus pada pemulihan energi dan menjaga produktivitas di tengah hari.

Brunch

Brunch adalah kombinasi antara sarapan dan makan siang. Istilah "brunch" berasal dari penggabungan kata "breakfast" dan "lunch". Sehingga biasanya dilakukan antara waktu pagi dan siang. 

Dinner

Dinner adalah makanan yang dikonsumsi pada malam hari, biasanya dilakukan antara pukul 6 sore hingga 8 malam. Dinner sering menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga atau teman sambil menikmati hidangan yang lebih istimewa.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya