Penyebab Tensi Rendah pada Ibu Hamil, Simak Cara Tepat Mengatasinya

Penyebab tensi rendah pada ibu hamil yang umum terjadi adalah masalah hormon kehamilan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 06 Jun 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 17:30 WIB
Penyebab Anemia pada Ibu Hamil
Ilustrasi tensi rendah. Credit: pexels.com/Chenna

Liputan6.com, Jakarta Tensi rendah atau tekanan darah rendah yang umumnya disebut hipotensi adalah ditandai dengan tekanan darah yang berada di bawah normal, yakni 90/60 mmHg. Ibu hamil sangat berisiko mengalami tensi rendah, mulai waspadai. Apa penyebab tensi rendah pada ibu hamil?

Penyebab tensi rendah pada ibu hamil yang umum terjadi adalah masalah hormon kehamilan, kerja hormon progesteron. Tensi rendah pada ibu hamil biasanya akan terjadi di trimester pertama dan kedua. Kondisi hipotensi ini mengakibatkan ibu hamil merasa pusing jika berdiri terlalu lama ataupun terlalu cepat berdiri.

Selain masalah hormonal, penyebab tensi rendah pada ibu hamil dipengaruhi pula oleh defisiensi zat besi, kekurangan cairan, kekurangan vitamin serta mineral, dan konsumsi obat tertentu. Bila terjadi penurunan tensi, direkomendasikan istirahat dan jangan terlalu lelah.

Jangan ragu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan agar mendapat penanganan yang tepat. Berikut Liputan6.com ulas penyebab tensi rendah pada ibu hamil dari berbagai sumber, Rabu (22/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Tensi Rendah pada Ibu Hamil yang Umum Terjadi

Morning Sickness
Ilustrasi Ibu Hamil. Credit: pexels.com/Jill

Tensi rendah atau hipotensi adalah tekanan darah < 90/60 mmHg. Biasanya tensi rendah pada ibu hamil akan menimbulkan gejala atau keluhan (pusing, berkunang-kunang, lemas).

Tekanan darah atau tensi memang dapat berubah selama masa kehamilan, bisa rendah dan tinggi. Umumnya penyebab tensi rendah pada ibu hamil disebabkan karena hormon progesteron yang bekerja dan membuat dinding pembuluh darah menjadi lebih relaks.

Kerja dari hormon progesteron dapat menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil di trimester pertama dan kedua. Penurunan tekanan darah atau tensi ini dapat mengakibatkan ibu hamil merasa pusing jika berdiri terlalu lama ataupun terlalu cepat berdiri.

Meski demikian, penyebab tensi rendah pada ibu hamil yang umum terjadi ini tak perlu dikhawatirkan. Secara alami, tensi rendah ibu hamil akan kembali pada keadaan normal beberapa minggu sebelum bayi dilahirkan.

Direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Bila terjadi penurunan tensi, usahakan istirahat dan jangan terlalu lelah. Upayakan hal tersebut agar penyebab tensi rendah pada ibu hamil tak lagi menjadi masalah.


Penyebab Tensi Rendah pada Ibu Hamil Lainnya

Tips Menangani Virus COVID-19 Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil. (pexels.com/SHVETS production)

1. Defisiensi Zat Besi

Sumsum tulang sangat membutuhkan zat besi. Zat besi ini akan digunakan untuk memroduksi sel darah merah dengan struktur hemoglobin yang sempurna. Jika proses produksi ini tidak sempurna maka akan mengakibatkan anemia.

Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai. Anemia yang dipicu defisiensi adalah penyebab tekanan darah rendah yang perlu diwaspadai. Untuk penyebab umum anemia adalah pola makan yang tidak seimbang.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami luka dengan pendarahan kronis. Pendarahan akibat penyakit kanker, polip usus, dan wasir. Hal ini tetap berlaku meskipun jumlah darah yang keluar tidak banyak. Sebab, kandungan zat besi akan ikut terbawa darah yang terus mengalir.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung termasuk penyebab tekanan darah rendah dan kurang darah. Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai. Penderita penyakit jantung akan lebih mudah terserang darah rendah karena darah tidak dapat dipompa dengan baik oleh jantung.

Kondisi jantung yang bermasalah inilah penyebabnya. Begitu juga otot jantung yang lemah lebih berisiko menyebabkan darah rendah. Penyebab dari otot jantung yang lemah adalah serangan jantung atau infeksi virus tertentu.

3. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh adalah penyebab tekanan darah rendah yang pertama. Komposisi tubuh dan darah manusia yang utama adalah air. Jika terjadi dehidrasi maka volume darah juga akan mengalami penurunan.

Penyebab tekanan darah rendah ini akan semakin parah jika sampai terjadi secara tiba-tiba. Darah rendah karena dehidrasi ditandai dengan pusing, lemas, dan pingsan. Jadi mulai cukupi kebutuhan cairan agar bisa terhindar dari masalah hipotensi. Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai.

4. Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan memang memiliki efek yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah. Obat yang dapat mempengaruhi dan menjadi penyebab tekanan darah rendah antara lain adalah alpha bloker, beta bloker, dan antidepresan.

Jika mengalami darah rendah setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya segeralah untuk berhenti mengkonsumsinya dan konsultasikan ke dokter. Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai. Jangan asal mengonsumsi obat tanpa resep dokter, ya!


Penyebab Tensi Rendah pada Ibu Hamil Lainnya

Ilustrasi Ibu Hamil/ Pexels
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto oleh Dahlak Tarekegn dari Pexels)

5. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk melakukan produksi sel darah merah oleh tubuh. Vitamin dan mineral ini berupa zat besi, vitamin B12, dan asam folat/vitamin B9.

Zat ini sangat penting untuk membantu proses pembentukan hemoglobin. Bila keberadaannya terganggu, maka bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah. Ini pun bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai.

Jika asupan ini tidak terpenuhi dengan baik, maka produksi sel darah merah akan terganggu. Tubuh yang kekurangan asam folat dan vitamin B12 biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang. 

6. Ketegangan

Tekanan darah bisa turun saat menggunakan kamar mandi, menelan, atau batuk. Semua tindakan ini merangsang saraf vagus, yang mengurangi tekanan darah.

Berdiri dari posisi duduk atau berbaring dapat menyebabkan penurunan tekanan darah bersamaan dengan pusing atau pingsan. Ini bisa terjadi pada orang yang baru bed rest total. Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai.

7. Peradangan Organ

Penyebab tekanan darah rendah selanjutnya bisa dikarenakan perdangan yang terjadi pada organ tubuh. Prosesnya berawal dari kondisi organ yang meradang. Kemudian pembuluh darah mengelilingi jaringan yang mengalami inflamasi. Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan volume darah berkurang dan menjadi penyebab darah rendah.

8. Konsumsi Kafein

Menghindari konsumsi kafein bagi penderita hipotensi perlu sekali dilakukan. Kafein adalah salah satu makanan penyebab tekanan darah rendah.

Kebiasaan mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat mengganggu pola tidur. Padahal, penderita hipotensi dianjurkan para ahli untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Ini bisa menjadi penyebab tensi rendah pada ibu hamil, waspadai.

Oleh karena itu, bagi yang memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya menghindari makanan dan minuman penyebab tekanan darah rendah ini secara berlebihan. Gunakan waktu untuk banyak istirahat agar tekanan darah kembali normal.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya