20 Wisata di Malang Raya Paling Hits, Tak Boleh Terlewatkan

Malang Raya termasuk destinasi favorit di Jawa Timur.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 20 Jun 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 22:30 WIB
Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Malang Raya bisa jadi paket liburan lengkap bersama keluarga. Kawasan Malang Raya terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Ketiga wilayah ini termasuk destinasi favorit di Jawa Timur.

Wisata di Malang Raya kerap jadi pilihan bagi yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman. Sebagian besar wisata di Malang Raya didominasi oleh wisata dataran tinggi. Namun, wisata di Malang Raya ini punya banyak pilihan yang dijamin akan bikin puas.

Wisata di Malang Raya juga bisa dibilang cukup terjangkau. Wisata di Malang ini memiliki pesona yang tak akan ditemukan di tempat lain. Berikut pilihan wisata di Malang Raya yang paling hits, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wisata di Malang Raya: Kota Malang

Kampung Warna-warni Jodipan Malang Menanti Wisatawan di Tengah Pandemi
Suasana Kampung Warna-warni Jodipan, Malang, di era pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan termasuk tempat wisata di Malang yang berada di pusat kota. Kampung ini menjadi sangat hits di kalangan wisatawan. Keunikan dari kampung ini adalah tembok-tembok rumahnya yang dicat dengan warna warni yang cerah. Kampung ini bahkan sampai dijuluki Rio De Janeiro-nya Malang.

Taman Trunojoyo

Tempat wisata di Malang kota yang jadi andalan warga setempat untuk bersantai adalah Taman Trunojoyo. Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri. Taman ini bisa menjadi destinasi rekreasi gratis bersama keluarga. Taman ini juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat wisata di Malang kota yang juga tak boleh terlewat. Tempat ini merupakan lokasi rekreasi warga Malang yang sangat populer. Di sini terdapat air mancur, taman bermain, ruang terbuka hijau, dan aneka kuliner.

 


Wisata di Malang Raya: Kota Malang

Gerbong Maut, Museum Brawijaya Malang dan Cerita Penampakan
Senjata perang mempertahankan kedaulatan NKRI selama periode 1950 - 1976 koleksi Museum Brawijaya Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Museum Brawijaya

Jika kamu mencari tempat untuk menjelajah sejarah di Malang, sejumlah museum bisa dikunjungi. Salah satu museum ini adalah Museum Brawijaya. Museum Brawijaya berisi benda peninggalan perjuangan kemerdekaan di Malang. Salah satu koleksi paling ikonis adalah 'Gerbong Maut' di halaman belakang museum. Ada lagi koleksi-koleksi bersejarah kota Malang yang menarik untuk dilihat.

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa merupakan tempat wisata di Malang yang menyajikan koleksi-koleksi bersejarah kerajaan yang ada di Malang. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan masa pra sejarah hingga masa sejarah Hindu-Buddha.


Wisata di Malang Raya: Kabupaten Malang

Bromo
Wisatawan berada di kawasan Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur, (29/7). Ratusan wisatawan berbagai daerah setiap harinya memadati kawasan Bromo untuk berwisata melihat terbitnya matahari dan juga kawah Gunung Bromo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bromo

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Malang adalah salah satu jalur favorit untuk mengunjungi Bromo. Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi. Mengunjungi Bromo merupakan salah satu wisata di Malang yang sangat difavoritkan.

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari merupakan pilihan wisata di Malang kabupaten yang sangat sejuk dan menenangkan. Perkebunan ini berada di dua wilayah yaitu di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Produksi khas dari perkebunan teh ini adalah teh putih yang merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar.


Wisata di Malang Raya: Kabupaten Malang

Coban Pelangi
Coban Pelangi (sumber: East Java)

Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan tempat wisata di Malang yang berlokasi di kaki gunung Semeru tepatnya di Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dinamakan pelangi karena di lokasi air terjun ini sering terdapat pelangi. Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini. Coban Pelangi dikelilingi oleh pepohonan menjulang khas hutan hujan tropis. Total tinggi air terjun Coban Pelangi sekitar 110 meter dan ketika pagi hari suhu di sini mencapai 13- 19 derajat Celsius.

Coban Rondo

Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang. Coban Rondo termasuk tempat wisata di Malang yang sangat populer. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan arena labirin.


Wisata di Malang Raya: Kabupaten Malang

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang (sumber: iStock)

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan tempat wisata di Malang yang sangat populer. Pantai ini berada di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan pantai istimewa di Malang. Pantai ini berada di tengah kawasan cagar alam. Untuk masuk ke dalamnya, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Pantai ini punya keindahan sesuai dengan namanya, yaitu memiliki tiga lapis warna pada airnya. Perairan di pantai ini terlihat memiliki warna biru, hijau, dan putih.

Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok termasuk pantai yang cukup unik di Malang. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Untuk sampai ke pantai ini cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan off road selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.


Wisata di Malang Raya: Kota Batu

Wisata Petik Apel Batu Malang
Apel Hijau / Sumber: Pixabay

Petik apel

Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan apel malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Disini terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Wisata petik apel bisa ditemukan di daerah Batu. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

Jatim Park

Jatim Park merupakan destinasi wisata yang selalu ada pada paket wisata Malang. Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim park 3. Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur.

Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa. Sementara Jatim Park 3 mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan.

Museum Angkut

Bagi yang ingin mengetahui seluk beluk sejarah transportasi dunia, Anda tidak perlu lagi pergi ke museum luar negeri. Pasalnya, Museum Angkut di Malang, Jawa Timur, dapat memuaskan keingintahuan tersebut.

Museum ini adalah museum pertama di Asia Tenggara yang mengambil tema transportasi. Di sana, pengunjung dapat melihat perkembangan moda transportasi, dari yang menggunakan tenaga kuda hingga moda transportasi bertenaga listrik.

Alun-alun Batu

Seperti banyak alun-alun di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak di Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa Anda naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang.

Batu Night Spectacular (BNS)

Tak seperti taman hiburan yang ada di Batu kebanyakan, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00. BNS menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart.

 


Wisata di Malang Raya: tempat oleh-oleh

Ilustrasi
Ilustrasi toko oleh-oleh. (dok. unsplash @markuswinkler)

Pasar Bunulrejo

Salah satu wisata di Malang Raya yang cocok untuk belanja oleh-oleh adalah Pasar Bunulrejo. Pasar Bunulrejo berada di Jl. Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang. Pasar ini dikembangkan dengan konsep pasar wisata. Pasar ini baru saja direnovasi dan direvitalisasi. Beragam barang dapat ditemukan di pasar ini seperti sembako, sayur, buah, dan pastinya oleh-oleh khas Malang. Terdapat pula pernak pernik souvenir khas Malang yang bisa ditemui di Pasar ini.

Kampung Sanan

Kampung Sanan merupakan pusat produksi olahan tempe di Malang. Sentra Industri Tempe di kampung Sanan, Malang Jawa Timur ini menjadi sebagai salah satu pusat oleh –oleh khas Malang. Kawasan ini memproduksi tempe yang juga nantinya diolah menjadi olahan seperti keripik. Di sini kamu bisa membeli beragam olahan tempe khas Malang sebagai oleh-oleh.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Wisata di Malang selanjutnya adalah Wisata Keramik Dinoyo. Kampung Dinoyo terkenal dengan industri keramiknya. Di Sentra Keramik Dinoyo kamu bisa menemukan berbagai kerajinan keramik dengan ragam bentuk. Di sepanjang jalan di kampung ini, terdapat deretan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya