Apa yang Dimaksud dengan Gerak Tari? Kenali Unsur Tari dan Gerak Dasarnya

Apa yang dimaksud dengan gerak tari sendiri dapat dipahami sebagai gerakan tubuh.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 10 Jun 2023, 10:10 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2023, 10:10 WIB
Macam - Macam Pola Lantai dalam Seni Tari
Ilustrasi Menari secara Berkelompok Credit: pexels.com/Tim

Liputan6.com, Jakarta Seni tari merupakan salah satu jenis dari seni pertunjukkan. Sebagai salah satu jenis dari seni pertunjukan, keindahan seni tari dibangun atas tiga unsur, yakni gerak, ruang, dan waktu. Dari ketiga unsur tersebut, gerak merupakan unsur yang utama dalam tari.

Lalu apa yang dimaksud dengan gerak tari? Apa yang dimaksud dengan gerak tari sendiri dapat dipahami sebagai gerakan tubuh yang dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat menyampaikan pesan yang ada di dalam suatu seni tari.

Apa yang dimaksud dengan gerak tari biasanya terkait dengan amanat yang bisa dipetik oleh penonton dari pertunjukan tari yang ditontonnya. Salah satu alasan mengapa gerak tari merupakan unsur utama dalam seni tari karena ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi penari dalam membawakan suatu jenis tari dalam suatu pentas.

Gerak tari adalah meliputi segala gerak tubuh manusia dan dipengaruhi dorongan tenaga. Pada dasarnya, gerak tari adalah meniru gerak-gerak alami untuk bisa diolah dengan “digayakan” sebagai sebuah tarian.

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan gerak tari lebih dalam, penting bagi kita untuk memahami juga unsur-unsur tari lainnya, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Unsur Utama Tari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apa yang dimaksud dengan gerak tari merupakan salah satu unsur dari seni tari itu sendiri. Selain gerak tari, seni tari dibangun oleh unsur-unsur lainnya, yakni ruang dan waktu.

Berikut adalah unsur-unsur seni tari berikut penjelasan selengkapnya:

1. Gerak

Apa yang dimaksud dengan gerak tari adalah segala gerak tubuh manusia dan dipengaruhi dorongan tenaga. Unsur gerak tari terjadi karena adanya suatu tenaga. Dalam unsur gerak sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu gerak nyata (representasional) dan gerak maknawi. Gerak nyata merupakan gerak yang menirukan aktivitas sehari-hari. Sedangkan gerak maknawi merupakan gerak yang memiliki makna, dan biasanya gerak dasarnya dari gerak sehari-hari namun diperhalus atau dirombak agar terlihat tidak seperti gerak nyata.

2. Ruang

Unsur utama berikutnya dari tari adalah ruang. Unsur ini menjadi tempat untuk bergerak. Tempat untuk bergerak dalam pengertian harfiah yaitu panggung atau pentas tempat untuk menari, baik panggung tertutup maupun panggung terbuka. Namun di dalam tari dikenal pula tempat untuk bergerak yang bersifat imajinatif.

3. Waktu

Selain kedua unsur di atas, selanjutnya unsur utama dalam tari adalah waktu. Pengertian waktu dalam tari adalah waktu yang diperlukan oleh penari dalam melakukan gerak. Waktu dalam tari sangat tergantung dari cepat lambatnya (tempo) penari ketika melakukan gerak, panjang pendeknya ketukan (ritme) dalam melakukan gerak, dan lamanya (durasi) penari dalam melakukan gerak.


Lebih Dalam tentang Gerak Tari

6 Gaya Ira Wibowo Menari Tarian Tradisional, Tampil Anggun Dibalut Busana Adat Jawa
Jiwa seni Ira Wibowo tak pernah luntur. Baru-baru ini, aktris 55 tahun itu menunjukkan kebolehannya dalam membawakan tarian tradisional khas Jawa. [Instagram/irawibowo].

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apa yang dimaksud gerak tari merupakan salah satu unsur terpenting dalam seni tari. Ini karena gerak tari merupakan media penari untuk bisa mengomunikasikan pesan melalui tariannya. Gerak tari meliputi gerakan tubuh manusia.

Melalui gerak tari, penari dapat mengungkapkan pesan, perasaan, maksud, dan pikiran, yang diekspresikan melalui gerak tubuh/fisik yang ritmis. Apa yang dimaksud gerak tari biasanya sering dipengaruhi oleh tenaga yang menjadi salah satu indikator keberhasilan penari membawakan tarian di atas panggung.

Penciptaan tari, pada dasarnya berasal dari stimulus lingkungan sekitar. Faktor inilah yang nantinya mendorong gerak tari adalah meniru gerak-gerak alami untuk bisa diolah dengan “digayakan” sebagai sebuah tarian.


Gerak Tari Dasar

Peringati Hari Tari Sedunia, Kota Tua Tampilkan 90 Seni Pertunjukan
Penari menampilkan tarian daerah saat pagelaran Hari Tari Sedunia di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Sabtu (6/5/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Apa yang dimaksud gerak tari sebenarnya merupakan gerakan tubuh yang direkayasa sedemikian rupa agar dapat memunculkan keindahan dalam seni tari. Ada banyak sekali jenis gerakan dalam tari. Namun ada beberapa jenis gerak tari yang menjadi dasar dari semua gerakan tari. Berikut adalah beberapa gerak dasar dalam tari, lengkap dengan penjelasannya:

1. Gerak Tari Bagian Kepala

Gerakan kepala pada teknik dasar gerak tari contohnya, menundukkan kepala. Penari menggerakan kepala dan membayangkan sedang membuat angka 8 dengan dahi. Contoh teknik gerak tari kepala, antara lain gerak kepala gedheg (Jawa), godeg (Sunda), dan gerak kepala gilek (Sunda).

2. Gerak Tari Bagian Badan

Gerakan badan pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari memasang badan lurus ke depan, lalu membuka tangan dan kaki dengan lebar. aat menari, badan digerakkan dengan diputar ke kiri atau ke kanan. Jika diputar ke kanan, badan menjadi serong kanan dan berlaku sebaliknya. Badan dapat digerakkan ke atas maupun ke bawah.

3. Gerak Tari Bagian Tangan

Gerakan tangan pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari menggerakkan tangan lurus ke depan dengan kedua telapak tangan membuka ke arah depan. Dicontohkan pula ketika penari membuat pergelangan tangan dan tangan menyilang, kemudian jari-jari dibuat menghadap ke bawah. Misalnya pada gerak lontang kembar (Sunda), gerak tumpang tali (Sunda), dan lain-lain.

4. Gerak Tari Bagian Kaki

Gerakan kaki pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari membuat kedua kaki membuka ke depan dengan berat badan bertumpu pada kaki kiri. Kemudian, kedua kaki menyilang, lalu angkat tumit kaki kanan ke atas seperti menjinjit sampai setinggi betis dengan tumpuan badan berada di kaki kiri. Contoh gerak tari bagian kaki pada adeg-adeg (Sunda), tanjak (Jawa), gerak engke gigir (Sunda), gerak tanjak kanan-kiri untuk tari putri (Jawa), dan lain-lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya