6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959

Sederet fakta unik tentang boneka barbie.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 15 Jun 2023, 16:50 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 16:50 WIB
6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu boneka Barbie? Hampir semua orang tentunya tahu boneka cantik satu ini. Bahkan saking populernya, film Barbie dirilis mulai dari film animasinya sampai film yang diperankan oleh artis ternama.

Barbie sudah ada sejak tahun 1959. Melansir dari Brightside, Barbie telah menjadi ikon abadi dengan tingkat pengakuan 98%, bahkan melebihi Elizabeth II. Meski dikritik karena bentuk tubuhnya yang tidak realistis, Barbie adalah mainan inovatif yang membuka jalan dalam berbagai aspek.

Seiring dengan perkembangan zaman, Barbie tetap terkenal. Bahkan Barbie makin inovatif mulai dari gaya rambutnya, pakaian yang dikenakannya, warna kulitnya hingga Barbie yang punya ‘profesi’.

Sudah populer selama puluhan tahun, ada sederet fakta unik tentang boneka Barbie tersebut. Setiap barang atau sesuatu yang diciptakan pasti ada yang melatarbelakanginya, begitu juga dengan Barbie.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang fakta unik Barbie yang sudah ada sejak tahun 1959, Kamis (15/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Boneka Pertama Tidak Meniru Bayi

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Barbie dan Pencipta Barbie. (Sumber: Brightside)

Boneka Barbie merupakan boneka pertama yang tidak meniru bayi. Sebelum peluncuran Barbie, mainan anak perempuan terdiri dari boneka bayi seperti Betsy Wetsy, Tiny Tears, dan Chatty Cathy. Rupanya boneka seperti bayi diciptakan untuk memperkuat ekspektasi masyarakat bahwa anak perempuan akan menjadi ibu yang peduli.

Ruth Handler, pencipta Barbie, mengamati bahwa anak perempuan tidak puas hanya dengan memainkan peran sebagai ibu dengan bonekanya. Ruth Handler kemudian mendapatkan ide Barbie, seorang remaja yang modis dan menarik yang memiliki pekerjaan, apartemen, dan mobil sendiri, menolak citra tradisional seorang wanita sebagai ibu rumah tangga.

Berbeda dari boneka pada umumnya, penjualan Barbie meningkat secara dramatis, karena gadis-gadis kecil menganggapnya lebih menarik daripada boneka lainnya.


2. 'Karier' Barbie Terobosan Bagi Wanita

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Barbie diperkenalkan pada tahun 1959, masa ketika wanita dianggap tidak pantas untuk bekerja, apalagi bagi anak perempuan yang punya cita-cita jadi wanita karier. Hadirnya Barbie mematahkan anggapan tersebut karena Barbie memiliki pekerjaannya sendiri sebagai model fesyen hingga seorang astronot.

Makin inovatif, ‘profesi’ Barbie makin dikembangkan menjadi seperti ilmuwan laboratorium, dan insinyur robotika - bidang yang masih didominasi laki-laki. Berbagai karir Barbie memiliki dampak yang signifikan terhadap bagaimana perempuan dapat bekerja, memperoleh kemandirian, dan mengatur hidup mereka. Barbie telah menginspirasi gadis-gadis muda untuk mengejar jalur karir yang beragam.


3. Keanekaragaman Tujuan Penting Barbie Diciptakan

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Mattel, perusahaan yang menciptakan Barbie, memperkenalkan boneka Afrika-Amerika beberapa tahun setelah Barbie rilis. Boneka dengan kulit hitam yang merupakan teman Barbie telah tersedia sejak tahun 1967, sebagai pernyataan Gerakan Hak Sipil di Amerika Serikat. Pada tahun 1980, Barbie kulit hitam hadir, lengkap dengan rambut keriting afro dan gaun merah delima.

Pada masa saat ini, Mattel mengambil langkah untuk meningkatkan inklusivitas dan representasi dengan memperkenalkan boneka dengan ukuran dan kecacatan tubuh yang lebih realistis. Makin berkembang, Barbie kini tersedia dalam beberapa tipe tubuh dan warna kulit, bahkan ada Barbie yang botak, memakai jilbab, memiliki kaki palsu, memiliki vitiligo, atau menggunakan kursi roda. Boneka Barbie kini mewakili identitas yang lebih luas, memungkinkan setiap orang untuk melihat diri mereka dalam Barbie.


4. Barbie Bantu Meningkatkan Kepercayaan Diri

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Barbie menunjukkan bahwa menjadi menarik dan memiliki aspirasi itu mungkin. Barbie adalah boneka pertama yang menunjukkan bahwa anak perempuan dapat menjadi menarik dan ambisius, memiliki selera yang halus, dan senang berdandan, glamor, dan gemerlap.

Sejak perkenalannya, Barbie telah diciptakan dengan lebih dari 200 karir berbeda. Hal tersebut menjadikannya salah satu individu paling berprestasi di dunia. Barbie mendorong anak perempuan untuk percaya pada diri dan menerima diri sendiri. Barbie telah menjadi simbol pemberdayaan bagi anak perempuan di mana pun.


5. Perkenalkan Sejarah Wanita

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Fakta unik lainnya dari boneka Barbie adalah membantu banyak orang untuk mengenal sejarah wanita. Mattel, perusahaan yang menciptakan Barbie telah memperkenalkan seri "Sheroes" dan "Inspiring Women". Seri tersebut menampilkan boneka yang meniru wanita terkenal seperti artis Frida Kahlo, astronot Sally Ride, penerbang wanita pertama Amelia Earhart, dan pesenam Olimpiade Gabby Douglas.

Boneka Barbie menggambarkan wanita yang menginspirasi, menyoroti kontribusi wanita terhadap sains, budaya, dan sejarah. Barbie memainkan peran penting dalam mendidik anak-anak tentang sejarah perempuan melalui serial ini.


6. Punya Platform Sendiri dan Fakta Barbie Tidak Menikah

6 Fakta Unik Boneka Barbie, Sudah Ada Sejak 1959
Fakta Unik Boneka Barbie. (Sumber: Brightside)

Tak banyak yang tahu, rupanya Barbie punya vlog sendiri di YouTube. Dalam videonya, dia ikut serta dalam tantangan YouTube populer dan berbicara tentang berbagai topik, mulai dari membuat kue hingga kesehatan mental. Barbie menggunakan platformnya untuk mengatasi masalah sulit dan menginspirasi gadis muda agar percaya diri dan kuat.

Tak hanya itu, Boneka Barbie menggunakan platformnya untuk mempromosikan berbagai tujuan baik, seperti konservasi, melalui kolaborasi dengan National Geographic.

Barbie digambarkan sebagai seorang wanita yang mandiri, bahkan belum pernah tercipta Barbie yang berpasangan. Namun, pencipta Barbie dengan sengaja menjadikan Ken pacar dan pendampingnya, tetapi tidak pernah menjadi suaminya, karena Barbie selalu menjadi karakter utama. Meskipun Barbie dan Ken memiliki hubungan on-and-off sejak tahun 1961, mereka resmi bubar pada tahun 2004 karena masalah komitmen Ken.

Status Barbie yang belum menikah dan identitas unik sebagai boneka paling terkenal di dunia menjadi contoh positif bagi semua orang, menormalkan kemandirian dan individualitas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya