Doa Ujian Sekolah Lancar dan Mudah untuk Anak, Lengkap Teks Arab dan Artinya

Kumpulan doa ujian sekolah untuk anak.

oleh Laudia Tysara diperbarui 22 Jun 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 12:10 WIB
FOTO: Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Selatan
Siswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahunan di sebuah sekolah di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Bagi warga negara Korea Selatan, ujian masuk perguruan tinggi dianggap sebagai hal yang sangat penting. (JUNG YEON-JE/POOL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa ujian sekolah merupakan praktik yang umum dilakukan oleh banyak siswa dan para orang tua. Doa tersebut menjadi sarana memohon pertolongan dan bimbingan Allah dalam menghadapi tantangan ujian. Dalam doa tersebut, siswa meminta keberkahan dan keberhasilan dalam menguasai materi yang telah dipelajari.

Dalam buku berjudul Dzikir, Wirid, Doa dan Shalawat yang ditulis oleh Sayyid M. Dzikri, terdapat empat doa yang dapat diamalkan dalam situasi ujian sekolah. Lalu, ada satu doa ujian sekolah untuk anak yang bisa dibaca sebagaimana dijelaskan dalam Imam Nawawi dalam Raudhatut Thalibin.

 

Doa ujian sekolah lancar dan dimudahkan, isinya mencerminkan sikap tawakkal, yaitu penyerahan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah. Ada kesadaran bahwa hasil ujian tidak hanya bergantung pada usaha dan kecerdasan mereka, tetapi juga pada kehendak-Nya. Dalam doa tersebut, ada harapan dan keyakinan Allah akan memberikan ketenangan pikiran, dan memberikan kemampuan untuk menjawab pertanyaan dengan baik.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa ujian sekolah lancar dan dimudahkan untuk anak yang dimaksudkan, Kamis (22/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Periapan Ujian

FOTO: Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Selatan
Siswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahunan di sebuah sekolah di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Bagi warga negara Korea Selatan, ujian masuk perguruan tinggi dianggap sebagai hal yang sangat penting. (Chung Sung-Jun/POOL/AFP)

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa mil ladunka rahmatan wa hayyi' lanaa min amrinaa rasyadaa

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat, dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu."

Doa ujian sekolah ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar memberikan rahmat-Nya dan membimbing dalam menghadapi ujian sekolah. Dalam doa ini terkandung permohonan memohon petunjuk-Nya dalam menghadapi berbagai urusan, termasuk ujian sekolah.

2. Mengerjakan Ujian

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit.” (Lihat Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin, Darul Fikr)

Doa yang disebutkan, "Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir," merupakan doa yang sering digunakan sebelum menjawab soal ujian. Doa ini memiliki makna yang kuat dan mengandung permohonan kepada Allah untuk memudahkan dan membantu dalam menghadapi ujian, serta untuk mencegah kesulitan yang berlebihan.

Dalam doa ujian sekolah ini, kata-kata "Rabbi yassir" berarti "Wahai Tuhanku, mudahkanlah." Dalam mengucapkan kata-kata ini, artinya ada permohonan kepada Allah untuk menjadikan segala sesuatu lebih mudah. Ini mencakup pemahaman, penyelesaian soal, dan pemikiran yang jelas dan lancar.

Terakhir, kata-kata "wa lâ tu‘assir" berarti "Jangan Kaupersulit." Dalam rangkaian doa ujian sekolah ini, ada permohonan kepada Allah untuk mencegah segala bentuk kesulitan yang berlebihan. Permohonan ini mencakup pengurangan stres, hambatan, atau rintangan yang dapat menghalangi kita dalam menjawab soal dengan baik.


3. Menghadapi Kesulitan

اللَّهُمَّ لَا سَهُلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا

Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlan, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

Doa ujian sekolah ini digunakan untuk memohon pertolongan dan kemudahan kepada Allah ketika menghadapi kesulitan selama ujian. Dalam doa ini terdapat permohonan kepada Allah untuk menjadikan apa yang sulit menjadi mudah jika Dia menghendaki.

 

 

 


4. Kemanfaatan Ilmu

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional China atau Gaokao
Bagi hampir 13 juta siswa sekolah menengah di seluruh China, hari ini menandai hari yang dapat membuat atau menghancurkan rencana mereka untuk kuliah dan pasar kerja yang semakin kompetitif. (WANG Zhao/AFP)

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلَّمْنِي مَا يَنْفَعُني وَزِدْنِي عِلْمًا

Allaahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'unii wa zidnii 'ilmaa

Artinya: "Ya Allah, berikanlah manfaat kepadaku atas apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku apa yang bermanfaat bagiku, serta tambahkanlah ilmu bagiku."

Doa ujian sekolah ini dilafalkan dengan penuh harap kepada Allah agar memberikan manfaat atas ilmu yang telah Dia ajarkan. Di setiap kata dan kalimat doa ujian sekolah berisi permohonan kepada Allah untuk memberikan manfaat dari ilmu yang telah Dia ajarkan, memberikan pengajaran yang bermanfaat bagi diri sendiri, serta memberikan penambahan ilmu yang lebih banyak.

5. Dimudahkan Segala Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy rahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul 'uqdatam mil lisaanii yafqahu qawli

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Doa ini mencerminkan keinginan untuk mendapatkan kelancaran dalam segala urusan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.


Tips Lancar Ujian

Para siswa Korea Selatan menunggu dimulainya Tes Masuk Perguruan Tinggi di ruang ujian di sebuah sekolah menengah di Seoul (foto: dok AP).
Para siswa Korea Selatan menunggu dimulainya Tes Masuk Perguruan Tinggi di ruang ujian di sebuah sekolah menengah di Seoul (foto: dok AP).

Melansir dari DITPSD Kemdikbud RI, berikut ini adalah beberapa tips belajar efektif yang dapat diterapkan untuk menghadapi ujian sekolah.

  1. Pertama, ciptakanlah suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini dapat mencakup memilih lokasi belajar yang tenang, bebas dari gangguan, dan memiliki pencahayaan yang memadai. Selain itu, mempersiapkan bahan-bahan belajar yang lengkap dan menarik juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan untuk belajar.
  2. Selanjutnya, penting untuk memilih waktu belajar yang tepat. Setiap individu memiliki ritme dan preferensi waktu belajar yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin lebih produktif saat pagi hari, sementara yang lain lebih aktif pada malam hari. Menentukan waktu yang optimal untuk belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan pemahaman terhadap materi pelajaran.
  3. Selain itu, penting untuk memahami materi pelajaran, bukan sekedar menghafal. Menghafal memang merupakan bagian penting dalam belajar, namun pemahaman yang mendalam terhadap konsep dan prinsip yang mendasari materi pelajaran akan membantu memperkuat fondasi pengetahuan. Menggunakan berbagai metode belajar, seperti membaca, merangkum, atau menjelaskan materi kepada orang lain, dapat membantu memperdalam pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
  4. Selanjutnya, sering melatih daya ingat terhadap materi yang dipelajari adalah langkah penting dalam belajar efektif. Menggunakan teknik-teknik memori, seperti membuat catatan, mind mapping, atau membaca ulang materi secara berkala, dapat membantu memperkuat dan mengingat informasi dengan lebih baik. Rutinitas latihan ini akan membantu mempertajam daya ingat dan mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi ujian.
  5. Terakhir, menjaga kesehatan juga merupakan faktor penting dalam belajar efektif. Seperti menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti menjaga pola tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh dan pikiran yang optimal. Kesehatan yang baik akan berdampak positif pada kemampuan belajar dan konsentrasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya