9 Doa Ujian Agar Mendapat Nilai Bagus, Pasti Dilancarkan

Doa-doa ujian ini dinukilkan dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis Rasulullah SAW.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Mei 2023, 16:45 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 16:45 WIB
Para siswa Korea Selatan menunggu dimulainya Tes Masuk Perguruan Tinggi di ruang ujian di sebuah sekolah menengah di Seoul (foto: dok AP).
Para siswa Korea Selatan menunggu dimulainya Tes Masuk Perguruan Tinggi di ruang ujian di sebuah sekolah menengah di Seoul (foto: dok AP).

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati waktu ujian, banyak pelajar yang berlomba-lomba mempersiapkan diri agar bisa mendapatkan nilai bagus dan memperoleh kelancaran saat mengerjakan. Selain belajar dengan giat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca doa ujian agar mendapat nilai bagus.

Dalam buku berjudul 15 Rahasia Doa Lulus Ujian (2021) oleh Ahmad Rifai Rifan dan buku berjudul Aku Ingin Seperti Rasulullah oleh Lingkar Pena, total ada sembilan doa ujian agar mendapat nilai bagus yang bisa dipanjatkan. Doa-doa ujian ini dinukilkan dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis Rasulullah SAW.

Doa ujian adalah sebuah ungkapan rasa ketergantungan kepada Allah SWT dan memohon bantuan-Nya untuk memperoleh kemudahan dalam menghadapi ujian. Doa tersebut mencakup permohonan agar dihadapkan pada situasi yang memudahkan dalam belajar, mengingat, dan menjawab dengan tepat saat ujian.

Tidak hanya akan membuat para pelajar mudah mendapat nilai bagus, tetapi membaca doa ujian juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan konsentrasi, menenangkan pikiran, dan memberikan keyakinan pada diri sendiri bahwa segala sesuatunya berada di tangan Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sembilan doa ujian agar mendapat nilai bagus yang dimaksudkan, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. اللَّهُمَّ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِ

FOTO: Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Selatan
Siswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahunan di sebuah sekolah di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Bagi warga negara Korea Selatan, ujian masuk perguruan tinggi dianggap sebagai hal yang sangat penting. (JUNG YEON-JE/POOL/AFP)

Robbi srohli shadri, wa yassir lii amri wahlul uqdatammin lisani, yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. At-Thaha: 25-28)

Saat seseorang berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah saat akan menghadapi ujian dan berharap nilainya bagus, ia menunjukkan ketergantungannya pada-Nya sebagai sumber segala kebaikan.

2. رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رُشْدًا

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepada kami rahmat-Mu, dan sempurnakan atas kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.” (QS. Al Kahfi: 10)

Membaca doa ujian agar mendapat nilai bagus, secara tidak langsung dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah, mengakui bahwa kesuksesan dan prestasi akademik bukan hanya hasil usaha manusia semata, tetapi juga karunia dari-Nya.

3. اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

4. رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi zidnii ‘ilmaa

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”

Selain itu, berdoa ketika akan mengerjakan sebuah ujian juga merupakan sarana untuk memohon petunjuk, keberkahan, dan kemudahan dalam belajar, serta membuka pintu rahmat Allah agar Ilmu yang dipelajari menjadi bermanfaat dan mendapatkan nilai yang memuaskan.


5. اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

FOTO: Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Selatan
Siswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tahunan di sebuah sekolah di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Bagi warga negara Korea Selatan, ujian masuk perguruan tinggi dianggap sebagai hal yang sangat penting. (Chung Sung-Jun/POOL/AFP)

Allahuma anfa'anii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanf'unii wazidnii 'ilman walhamdulillahi 'alaa kulli haalin

Artinya: "Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan."

Dalam Islam, berdoa adalah tindakan penting untuk memperoleh kemudahan dalam segala urusan, termasuk dalam menghadapi ujian dan memperoleh nilai bagus sebagaimana dibicarakan sebelumnya.

6. رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a'in wa laa tu'assir

Artinya: "Wahai Rab-ku, mudahkanlah (urusanku). Bantulah aku, jangan Engkau persulit."

7. اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْه

“Allahumma innistauda'tuka jami'a ma qoro'tu fardudhu ilayya 'inda hajati ilaihi.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya."

Selain itu, membaca doa ujian agar mendapat nilai bagus juga membantu seseorang untuk mengurangi rasa cemas dan meningkatkan keyakinan diri saat menghadapi ujian, sehingga dapat memberikan dampak positif pada performa akademik.

8. اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta.”

Artinya : “Ya Allah, hanya rahmatMu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau.”

9. اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (HR. Ibnu Hibban, dari Anas bin Malik)

Maka dengan berdoa, itu berarti seorang muslim memohon pertolongan-Nya agar dihadapkan pada situasi yang memudahkan dalam belajar, memahami materi, mengingat dengan baik, dan menjawab dengan tepat saat ujian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya