6 Arti Mimpi Perselingkuhan Menurut Psikologi, Pertanda Apa?

Mimpi perselingkuhan tidak selalu berhubungan dengan kejadian sama persis di kehidupan nyata.

oleh Laudia Tysara diperbarui 22 Jun 2023, 13:55 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 13:55 WIB
Menarik Napas dan Berusaha Tenang
Wanita ini terbangun dari tidurnya karena mengalami mimpi buruk. Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi perselingkuhan adalah jenis mimpi yang dapat memicu berbagai emosi dan perasaan yang tidak karuan. Dalam mimpi ini, seseorang akan menemukan diri mereka terlibat dalam perselingkuhan atau melihat pasangan mereka berselingkuh. Penting untuk diingat, mimpi perselingkuhan tidak selalu mencerminkan kenyataan.

Seorang psikolog klinis yang berpraktik di New York City, Sarah Gundle melansir dari Verywell Mind, menjelaskan mimpi tentang perselingkuhan dapat terjadi pada siapa saja, bahkan pada mereka yang memiliki hubungan yang kuat dan tidak pernah memikirkan untuk selingkuh.

Apa sebenarnya arti mimpi perselingkuhan, seperti perselingkuhan yang terbongkar, suami selingkuh, hingga istri selingkuh?

Arti mimpi perselingkuhan umumnya berfungsi sebagai petunjuk dari pikiran bawah sadar kepada pikiran sadar yang mengalami. Dalam mimpi, perselingkuhan menjadi sebuah kode atau tanda untuk menyampaikan pesan daripada menjadi gambaran langsung dari keinginan yang sebenarnya. Simak penjelasan lengkapnya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti mimpi perselingkuhan menurut psikologi, Kamis (22/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Selalu Menggambarkan Kenyataan

Penting untuk membahas masalah finansial sebelum menikah
Pasangan suami istri bertengkar karena berselingkuh. (pexels.com/@timur-weber)

Menurut penjelasan dari Dr. Gundle, arti mimpi perselingkuhan dari kacamata psikologi tidak selalu berhubungan dengan hal-hal berikut ini:

1. Tidak Bahagia dalam Hubungan Saat Ini

Jika bermimpi tentang perselingkuhan, arti mimpi perselingkuhan itu tidak selalu gambaran ketidakbahagiaan dengan hubungan yang tengah dijalani saat ini. Mimpi perselingkuhan tidak memberikan gambaran langsung mengenai tingkat kepuasan atau ketidakpuasan dalam hubungan yang sedang dijalani. Dalam banyak kasus, mimpi tersebut memiliki makna yang lebih dalam dan kompleks.

2. Keinginan untuk Menipu Pasangan atau Benar-Benar Selingkuh

Arti mimpi perselingkuhan menurut psikologi juga bukan gambaran keinginan nyata untuk menipu atau mengkhianati pasangan dalam kehidupan nyata. Penting untuk tidak langsung menghubungkannya dengan niat atau keinginan untuk berselingkuh. Mimpi sering kali menggunakan metafora dan simbol untuk menyampaikan pesan yang lebih dalam mengenai keadaan emosional dan psikologis seseorang.

3. Keinginan untuk Bersama (Berselingkuh) dengan Orang dalam Mimpi

Hal yang sama, bahwa arti mimpi perselingkuhan tidak selalu mencerminkan keinginan yang kuat untuk bersama dengan orang yang muncul dalam mimpi tersebut. Tidak seharusnya menganggap mimpi perselingkuhan tersebut memiliki hubungan langsung dengan seseorang dalam kehidupan nyata.

Terkadang, orang yang muncul dalam mimpi hanya merupakan representasi simbolis atau metaforis yang menggambarkan aspek-aspek tertentu dari diri yang mengalami mimpi atau situasi yang sedang dihadapi.

 

 


Perhatikan Emosi yang Timbul

Ketika melakukan analisis terhadap mimpi dalam sesi terapi, Dr. Gundle menekankan bahwa detail jelas dari mimpi perselingkuhan itu tidak selalu menjadi fokus utama. Paling penting menurut psikologi adalah memahami perasaan yang muncul dalam mimpi dan mencari pemahaman mengapa perasaan-perasaan tersebut timbul.

Sebagai contoh, jika seseorang bermimpi bertengkar karena perselingkuhan terbongkar dari pasangan mereka tetapi justru merasa lega setelah mengatasi situasi tersebut, ini tanda adanya rasa bersalah yang ingin diselesaikan dan diperbaiki. Menurut psikologi, situasi yang terjadi dalam mimpi perselingkuhan tersebut tidak memiliki kaitan langsung dengan pasangan di kehidupan nyata.

Di sisi lain, jika seseorang bermimpi selingkuh dengan seseorang karena tertarik pada kualitas tertentu yang dimiliki oleh orang tersebut, ini tanda ada harapan baik untuk diri sendiri, pasangan, atau orang lain dalam hidup mereka agar memiliki kualitas yang serupa. Ini bisa menjadi tanda ada harapan untuk mengembangkan sisi tertentu dari diri sendiri atau hubungan yang selama ini diimpikan.


Menggambarkan Hal Lebih Mendalam

Putus
Pasangan suami istri bertengkar dan memutuskan untuk berdiskusi. Credit: pexels.com/cottonbro

Dr. Gundle menjelaskan arti mimpi perselingkuhan sebenarnya menggambarkan hal-hal yang lebih mendalam, seperti:

1. Mengungkap Rahasia

Arti mimpi perselingkuhan sering kali melibatkan adanya rahasia dalam kehidupan seseorang. Rahasia tersebut berkaitan dengan berbagai aspek, seperti rahasia keluarga yang tersembunyi, rahasia di tempat kerja, atau rahasia dalam lingkaran pertemanan. Arti mimpi perselingkuhan adalah seperti panggilan untuk mengungkapkan atau menemukan kebenaran yang selama ini disembunyikan.

2. Menghadapi Kebenaran yang Selama Ini Dihindari

Dijelaskan, arti mimpi perselingkuhan dapat mencerminkan kebenaran yang selama ini dihindari atau berusaha menyembunyikan dari diri sendiri. Bisa jadi, ada fakta atau masalah penting yang perlu dihadapi atau diakui. Arti mimpi perselingkuhan menjadi semacam panggilan untuk menghadapi kenyataan yang selama ini sulit atau tidak nyaman dihadapi.

3. Keinginan pada Sesuatu yang Hilang

Mimpi perselingkuhan juga bisa menjadi tanda adanya keinginan untuk memiliki sesuatu yang telah hilang atau belum didapatkan dalam kehidupan seseorang. Arti mimpi perselingkuhan dapat mencerminkan keinginan akan keintiman yang lebih dalam, pengalaman petualangan, atau kebutuhan emosional yang belum terpenuhi. Mimpi ini merupakan panggilan untuk mengeksplorasi dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya