Fungsi Dinding Sel pada Tumbuhan, Pahami Pengertian dan Strukturnya

Fungsi dinding sel utamanya yaitu memberikan perlindungan serta penyaring terhadap tumbuhan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 26 Jun 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Sel Tumbuhan dan Hewan (sumber belajar kemdikbud)
Ilustrasi Sel Tumbuhan dan Hewan (sumber belajar kemdikbud)

Liputan6.com, Jakarta Fungsi dinding sel perlu dipahami dalam pembelajaran Biologi. Seperti yang telah diketahui, sel adalah bagian dasar pembentuk organisme. Sel adalah dunia terkecil yang diketahui melakukan semua fungsi kehidupan.

Ilmu yang mempelajari tentang sel adalah biologi sel atau sitologi. Mempelajari sel adalah bagian dari memahami alam semesta. Salah satu struktur dari sel adalah dinding sel. Dinding sel atau yang biasa disebut tembok sel merupakan lapisan di luar membran sel yang mengelilingi jenis sel tertentu.

Fungsi dinding sel utamanya yaitu memberikan perlindungan serta penyaring terhadap tumbuhan. Biasanya dinding sel terdapat pada tumbuhan, jamur, bakteri, dan jamur. Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang secara bebas, seperti sel yang terdapat pada tumbuhan. Namun, dinding sel berperan penting dalam menjaga keseimbangan proses pertumbuhan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/6/2023) tentang fungsi dinding sel.


Fungsi Dinding Sel

Ilustrasi Sel Tumbuhan (kloroplas) (sumber belajar kemdikbud)
Ilustrasi Sel Tumbuhan (kloroplas) (sumber belajar kemdikbud)

Fungsi dinding sel begitu penting untuk tumbuhan. Dinding sel yang terdapat pada tumbuhan merupakan struktur yang berada di luar membran plasma. Fungsi dinding sel ini yaitu sebagai pembatas ruang untuk pembesaran sel-sel tumbuhan. Dinding sel juga dapat diartikan sebagai struktur ekstraseluler yang ada pada tumbuhan, di mana hal ini sebagai pembeda antara tumbuhan dan sel-sel pada hewan.

Sebagian besar dinding sel tumbuhan dibentuk oleh polimer karbohidrat seperti pektin, selulosa, hemiselulosa, serta lignin. Selain itu, dinding sel juga memiliki sejumlah protein struktural sebesar 1 hingga 5%. Fungsi dinding sel berperan penting dalam memberi perlindungan dan penyaring terhadap tumbuhan tersebut.

Fungsi dinding sel sangat penting dalam memberikan perlindungan serta penyaring (filter) terhadap tumbuhan. Berikut beberapa fungsi dinding sel lainnya:

1. Melindungi dari Ancaman dan Bahaya

Fungsi dinding sel yaitu untuk melindungi tumbuhan dari ancaman dan bahaya. Tumbuhan memiliki sifat yang tidak dapat berpindah atau bergerak, oleh karena itu jenis makhluk hidup ini membutuhkan perlindungan. Dinding sel memiliki kemampuan untuk menjadikan tumbuhan kaku, sehingga berperan penting dalam memberi perlindungan dari serangan patogen serta mikro organisme yang berbahaya.

2. Menentukan Kekuatan Tumbuhan

Fungsi dinding sel berikutnya yaitu bisa menentukan bentuk, kekuatan, serta dukungan terhadap tumbuhan. Hal ini karena sebagian besar dinding sel terdiri dari selulosa yang di dalamnya terdapat beragam molekul D glukosa, sehingga dapat menciptakan tekstur sel yang kokoh dan kuat.

Selain itu,fungsi dinding sel juga berperan penting dalam membantu tumbuhan untuk berdiri tegak dan bertanggung jawab dalam menentukan dan memelihara bentuk sel.


Struktur Dinding Sel Tumbuhan

Dinding sel yang terdapat pada tumbuhan memiliki beberapa struktur. Struktur dinding sel akan membantu proses pembentukan tanaman agar menjadi sempurna dan saling melengkapi untuk dapat berfotosintesis dengan baik. Secara umum, struktur dinding sel terbagi menjadi tiga, yaitu dinding sel utama atau primer, dinding sel sekunder, dan dinding sel lamella tengah.

1. Dinding sel primer

Dinding sel utama atau primer merupakan dinding sel yang dapat tumbuh dengan mekanisme tumbuhan asam.

2. Dinding sel sekunder

Adapun dinding sel sekunder adalah lapisan tebal yang terbentuk di dalam dinding sel primer dan terletak di antara sel primer dan membran plasma.

3. Dinding sel lamella

Dinding sel lamella tengah merupakan suatu lapisan dinding sel tumbuhan yang sarat akan kandungan paktin dan terletak di lapisan paling luar yang akan menyatukan beberapa sel tumbuhan tersebut.


Struktur Sel

ilustrasi sel tumbuhan vakuola (sumber: cdn-gbelajar.simpkb.id)
ilustrasi sel tumbuhan vakuola (sumber: cdn-gbelajar.simpkb.id)

Setelah mengenali fungsi dinding sel, kamu tentunya perlu memahama apa itu sel dan strukturnya. Sel adalah unit terkecil, dasar kehidupan yang bertanggung jawab atas semua proses kehidupan. Istilah "sel" berasal dari bahasa Latin "cella", "cellula", yang berarti "ruangan kecil". Sel adalah tingkat organisasi terendah dalam setiap bentuk kehidupan. Semua organisme hidup terdiri dari sel.

Dalam biologi, sel adalah unit struktural, fungsional, dan biologis dari semua organisme. Dari organisme ke organisme, jumlah sel dapat bervariasi. Sel adalah unit otonom yang dapat mereplikasi diri sendiri. Struktur sel terdiri dari komponen individu dengan fungsi khusus yang penting untuk melakukan proses kehidupan. Komponen-komponen ini meliputi- dinding sel, membran sel, sitoplasma, nukleus, dan organel sel.

1. Membran sel

Membran sel mendukung dan melindungi sel. Ini mengontrol pergerakan zat masuk dan keluar dari sel. Ini memisahkan sel dari lingkungan eksternal. Membran sel hadir di semua sel.

2. Dinding sel

Dinding sel adalah bagian paling menonjol dari struktur sel tumbuhan. Ini terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan pektin. Dinding sel hadir secara eksklusif dalam sel tumbuhan. Ini melindungi membran plasma dan komponen seluler lainnya. Dinding sel juga merupakan lapisan terluar dari sel tumbuhan.

3. Sitoplasma

Sitoplasma adalah zat kental, bening, seperti jeli yang ada di dalam membran sel. Sebagian besar reaksi kimia dalam sel terjadi di sitoplasma ini. Organel sel seperti retikulum endoplasma, vakuola, mitokondria, ribosom, tersuspensi dalam sitoplasma ini.

4. Nukleus

Nukleus mengandung materi herediter sel, DNA. Ini mengirimkan sinyal ke sel untuk tumbuh, matang, membelah dan mati. Nukleus dikelilingi oleh selubung nukleus yang memisahkan DNA dari bagian sel lainnya.

5. Organel Sel

Sel terdiri dari berbagai organel sel yang melakukan fungsi spesifik tertentu untuk melakukan proses kehidupan. Organel sel yang berbeda, bersama dengan fungsi utamanya, adalah sebagai berikut:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya