Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Contoh Penggunaannya

Disable artinya merujuk pada gangguan yang dialami oleh peralatan elektronik yang kamu punya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 04 Sep 2023, 11:45 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2023, 11:45 WIB
Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia
Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia Credit: pexels.com/Kari

Liputan6.com, Jakarta Disable artinya dalam bahasa Indonesia perlu kamu pahami. Pasalnya, istilah ini cukup sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari penggunaannya yang cukup luas dalam berbagai bidang dan konteks pembicaraan.

Penggunaan kata disable salah satunya paling sering digunakan pada bidang teknologi. Kebanyakan peralatan teknologi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau bahasa pengantarnya. Tidak heran kamu sering kali menemukan kata disable ini pada peralatan elektronik.

Disable artinya merujuk pada gangguan yang dialami oleh peralatan elektronik yang kamu punya. Kamu bisa menemukan kata disable ini muncul pada perangkat elektronik yang kamu punya, seperti komputer, ponsel, dan produk-produk lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/9/2023) tentang disable artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Disable Artinya dalam Teknologi

Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia
Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia | picjumbo.com dari Pexels

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, disable adalah kata yang digunakan dalam berbagai macam konteks, sehingga bisa digunakan dalam beragam kondisi. Pertama-tama, kamu perlu mengenali disable artinya dalam teknologi.

Menurut kamus Cambridge, disable artinya untuk menghentikan sesuatu seperti (bagian dari) mesin, sistem, atau senjata agar tidak berfungsi. Masih merujuk pada kamus Cambridge, disable artinya juga bisa merujuk pada untuk mematikan bagian dari sistem komputer, atau menghentikannya agar tidak berfungsi dengan cara normal.

Sementara itu, menurut kamus Merriam-Webster, disable artinya untuk membuat tidak efektif atau tidak beroperasi. Jadi, biasanya istilah ini memang kerap kali kamu temui digunakan pada komputer atau internet. Namun, disable adalah istilah yang tidak hanya digunakan pada komputer atau internet saja, bisa juga digunakan pada teknologi lainnya.

Melansir Cambridge Dictionary, berikut contoh penggunaan kata disable dalam ranah teknologi atau mesin:

  1. This weapons system will destroy or disable any incoming missile. (Sistem persenjataan ini akan menghancurkan atau melumpuhkan setiap misil yang masuk.)
  2. Disable the alarm system and then enter the building. (Nonaktifkan sistem alarm dan kemudian masuk ke gedung.)
  3. To disable a program or device, right-click its listing under the appropriate category and choose 'Disable'. (Untuk menonaktifkan program atau perangkat, klik kanan daftarnya di bawah kategori yang sesuai dan pilih 'Nonaktifkan')

Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia

Disable artinya tidak hanya bisa digunakan pada satu kondisi saja. Istilah ini juga bisa dipakai dalam konteks lainnya. Pada kamus Cambridge, arti lainnya disable adalah menyebabkan seseorang menderita penyakit, cedera, atau kondisi yang menyulitkannya melakukan hal-hal yang dilakukan orang lain. Sementara itu, merujuk pada Google Translate, disable artinya adalah cacat.

Penggunaan kata disable memang juga kerap digunakan untuk menyatakan kondisi fisik seseorang. Selain itu, dalam bahasa Inggris, arti disable yang berarti kecacatan pada seseorang juga bersinonim dengan beberapa kata lain seperti paralyze, cripple, stifle, dan immobilize.

Contoh penggunaan kata disable dalam konteks ini yaitu sebagai berikut:

  1. She was disabled in the accident. (Dia cacat dalam kecelakaan itu.)

Lawan dari Disable dalam Bidang Teknologi

Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia
Disable Artinya dalam Bahasa Indonesia/Copyright unsplash/Alex Knight

Disable artinya dalam bidang teknologi atau IT merujuk pada untuk menghentikan sesuatu agar tidak berfungsi. Lawan dari kata disable dalam bidang teknologi ini yaitu “enable”. Secara umum, enable diartikan untuk menggambarkan perangkat yang statusnya atau kondisinya memungkinkan untuk digunakan.

Kata enable memang kerap kali digunakan dalam dunia IT. Enable artinya memungkinkan, memberi kesempatan, mengizinkan, membolehkan, menyanggupkan. Jadi, enable artinya  secara umum adalah memberi izin atau memungkinkan suatu kondisi tersebut bisa digunakan. Menurut kamus Cambridge, anable artinya usaha untuk membuat seseorang mampu melakukan sesuatu, atau membuat sesuatu menjadi mungkin.

Disable artinya dapat menunjukkan kondisi atau status ketika sebuah jaringan terganggu, terputus, ataupun tidak tersambung. Dengan kata lain arti disable atau nonaktif atau menonaktifkan suatu perangkat tertentu dalam dunia IT. Oleh karena itu, saat komputer mengalami disable misalnya pada koneksi wifi, kamu bisa memperbaiki sistemnya hingga berubah status menjadi enable dengan menggunakan suatu cara. Penggunaan disable ini juga muncul dalam konfigurasi jaringan meski ada pula beberapa hal lain berhubungan dengan status disable atau enable. Jadi, enable artinya perangkat tersebut menunjukkan status aktif atau hidup. 

Contoh kalimat dengan kata enable:

  1. Computerization should enable us to cut production costs by half. (Komputerisasi seharusnya memungkinkan kita untuk memotong biaya produksi hingga setengahnya.)
  2. Enable to connect to the internet or be used on the internet. (Memungkinkan untuk terhubung ke internet atau digunakan di internet.)
  3. Files can then be accessed, and streamed with no downloads needed, from any internet-enabled device. (File kemudian dapat diakses, dan dialirkan tanpa perlu mengunduh, dari perangkat apa pun yang mendukung internet.)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya