Cara Mendapatkan dan Menggunakan e-Materai yang Mudah dan Cepat di Mekari Jurnal

Perkembangan digitalisasi dalam berbagai sektor, termasuk pembuatan dokumen memudahkan siapa saja dalam menjalankan kerja sama. Kini tidak perlu lagi mencetak dokumen dan membubuhkan meterai karena semua bisa menggunakan format digital.

oleh stella maris diperbarui 19 Des 2023, 19:16 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 19:00 WIB
e-materai 10000
Proses pembelian e-materai 10000. (Liputan6.com/Web/IndonesiaBaik)

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi Covid-19, penggunaan teknologi digital melaju semakin cepat. Berbagai kebutuhan pun dilakukan melalui platform digital yang diikuti oleh pertumbuhan berbagai infrastruktur digital, penggunaan dokumen elektronik hingga tanda tangan digital. 

Berkaitan dengan penggunaan dokumen digital, pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Peruri pun memproduksi materai elektronik (e-meterai) bukti bahwa suatu transaksi dianggap sah. Tujuan awalnya untuk mendorong efisiensi proses bisnis. Namun kini, e-meterai juga sudah dapat diakses oleh publik. 

Meterei elektronik (e-meterai) atau meterai digital secara penggunaan sama dengan meterai fisik. Perkembangan digitalisasi dalam berbagai sektor, termasuk pembuatan dokumen memudahkan siapa saja dalam menjalankan kerja sama. Kini tidak perlu lagi mencetak dokumen dan membubuhkan meterai karena semua bisa menggunakan format digital. 

 


Manfaat Penggunaan e-meterai

1. Meminimalkan Pemalsuan

Pemerintah bersama Peruri mendesain meterai elektronik dengan sistem keamanan yang terjaga, yaitu digital signature X.509 SHA 512 yang dapat meminimalkan pemalsuan. Karena adanya kode tersebut dan tidak tersedia secara bebas, maka jenis meterai ini tidak mudah untuk dipalsukan.

2. Lebih Mudah

Penggunaan meterai elektronik lebih mudah.pengguna tidak perlu menempelkan secara manual dengan perekat ke dokumen fisik, tetapi cukup dengan memasang secara digital. Begitu juga dengan pembelian, meterai jenis ini lebih mudah karena tersedia secara online di perusahaan yang sudah mendapat kewenangan.

Karena online, bisa dibeli dan digunakan kapan saja. proses pembelian juga dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Kapan pun Anda melakukan transaksi dan membutuhkan bukti untuk mengesahkan, bisa langsung membeli meterai elektronik dan memasangnya.

3. Meminimalkan Biaya Cetak dan Pengiriman Dokumen

Biaya untuk mencetak dokumen cukup mahal, apalagi jika jumlahnya banyak. Hal ini juga tidak fleksibel karena sebelum mengesahkan transaksi perlu menunggu proses mencetak dokumen, baru kemudian menempel meterai.

Dengan adanya e-meterai tidak perlu lagi mencetak dokumen. Meterai elektronik dapat dipasang pada soft file dengan sangat mudah. Selain itu juga menghemat biaya pengiriman dokumen.

Sebelum penggunaan e-meterai, dokumen yang akan disahkan harus dicetak dan dikirim menggunakan jasa pengiriman yang membutuhkan biaya, sedangkan soft file bisa dikirim dengan mudah.

4. Mengurangi Risiko Kehilangan Meterai

Bentuk meterai fisik kecil dan terbuat dari kertas yang tipis sehingga mudah hilang dan rusak. berbeda dengan e-meterai karena berupa soft file sangat mudah disimpan sehingga tidak hilang. Cara pemasangannya pun mudah dan cepat.

5. Ramah Lingkungan

Meterai fisik terbuat dari kertas khusus dan menggunakan peralatan yang khusus juga. Dalam proses pembuatan membutuhkan bahan dan alat yang harus disiapkan. berbeda dengan e-meterai, proses pembuatannya menggunakan aplikasi khusus yang tidak memerlukan bahan dalam bentuk fisik sehingga lebih ramah lingkungan.


Cara Menggunakan Meterai Elektronik

E-Meterai adalah jenis meterai dalam format elektronik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Salah satu ciri khususnya adalah bentuknya yang persegi dengan warna merah muda yang mendominasi, serta memiliki angka "10000" dan tulisan "SEPULUH RIBU RUPIAH" yang jelas tertera.

Kode unik berupa nomor seri yang berbeda-beda setiap e-Meterai juga turut memperkuat keasliannya. Selain itu, e-Meterai menampilkan elemen pengamanan seperti gambar lambang negara Garuda Pancasila dan tulisan "METERAI ELEKTRONIK," menegaskan legitimasinya dalam transaksi elektronik.

Nah, untuk menggunakan e-meterai sangat mudah. Saat ini cukup banyak software yang bekerja sama dengan Peruri dalam pendistribusian dan penjualan meterai elektronik, salah satunya Mekari Jurnal. Kami bisa melakukan pembelian untuk stok sehingga dapat menggunakannya sewaktu-waktu membutuhkan. Nah proses pembelian dan pemasangannya juga cukup mudah, simak langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buat akun Mekari Jurnal dan dan login
  • Jika sudah memiliki akun Mekari Sign, akan ada notifikasi untuk konfirmasi, klik 'Izinkan'
  • Jika belum belum punya akun, masuk ke Landing Page Mekari Sign dan tekan 'Sign In' untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan mengikuti semua langkah dalam menu tersebut
  • Akses pada menu Penjualan
  • Di sebelah bawah halaman, tekan 'Tindakan'
  • Lanjutkan dengan tekan 'Tambah e-meterai'
  • Klik 'Hubungkan dengan Mekari Sign' untuk menghubungkan kedua perangkat
  • Tekan 'Izinkan' dan bisa langsung membubuhkan e-meterai
  • Setelah Anda telah sukses menyambungkan akun Mekari Jurnal dengan Mekari Sign, langkah selanjutnya adalah proses stamp e-meterai
  • Tekan 'Tindakan'
  • Lanjutkan dengan tekan 'Tambah e-meterai'
  • Saat muncul 'Preview emeterai', ketik 'Tambah'
  • Jika stok e-meterai kamu habis, dapat membeli dengan menekan 'Beli e-meterai'
  • Klik 'Pay now' untuk melanjutkan pembayaran
  • Tekan 'Tindakan' dan lanjut klik 'Muat Ulang Kuota e-meterai' sehingga kuota eMeterai yang sudah dibeli ter-update
  • Untuk menambahkan meterai pada file PDF, klik 'Tambah e-meterai
  • Tekan 'Oke, mengerti' agar sistem memproses pembubuhan e-meterai pada PDF
  • Selanjutnya kamu bisa memeriksa apakah e-meterai sudah selesai dibubuhkan dengan menekan 'Lihat PDF'

Penggunaan meterai elektronik merupakan perkembangan teknologi yang memudahkan dan mempercepat proses pengesahan dokumen. Karena online, prosesnya bisa dilakukan kapan saja. Kamu pun bisa memasang meterai di file format PDF kemudian mengirimnya dengan cepat tanpa membutuhkan biaya tambahan. 

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya