3 Doa Agar Tidak Hujan Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Doa agar tidak hujan ini memiliki beberapa versi yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

oleh Husnul Abdi diperbarui 22 Feb 2024, 15:40 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2024, 15:40 WIB
Doa Agar Tidak Hujan
Doa Agar Tidak Hujan (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Doa agar tidak hujan merupakan doa yang dilafalkan ketika kamu memiliki keperluan agar tidak terjadi hujan. Hal ini bisa berbagai macam hal, seperti ada acara di luar ruangan, acara pernikahan, bahkan ketika punya banyak cucian. Dalam Islam, doa sangat dianjurkan sebagai sarana untuk memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT, serta sebagai bentuk rasa tawakal kepada-Nya.

Doa agar tidak hujan ini memiliki beberapa versi yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Setiap versi doa bisa kamu pelajari dari tulisan Arab, Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia. Sehingga, kamu bisa mengamalkan doa ini dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Doa ini dapat diamalkan oleh semua umat Islam di mana pun berada, karena hujan merupakan hal yang umum terjadi di seluruh dunia.

Dengan mengenal dan mengamalkan doa agar tidak hujan lengkap tulisan Arab, Latin, dan artinya, kamu dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT. Amalan doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, sehingga kamu bisa berusaha untuk selalu memperbanyak doa dan memohon perlindungan dari-Nya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/2/2024) tentang doa agar tidak hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Agar Tidak Hujan dan Langit Cerah

Doa Agar Tidak Hujan
Doa Agar Tidak Hujan. Photo by freepik

Doa agar tidak hujan adalah doa yang dapat dibaca saat kamu ingin memohon kepada Allah SWT agar langit cerah dan tidak turun hujan. Doa agar tidak turun hujan ini dikenal juga sebagai doa agar dihindarkan dari hujan yang merusak. Setiap muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar hujan yang turun membawa banyak manfaat.

Memang menurunkan dan menghentikan hujan adalah kuasa Allah SWT, namun umat Islam dapat membaca doa agar tidak hujan untuk menghindari terjadinya musibah atau bencana dari turunnya hujan yang deras dan tiada hentinya.

Doa agar tidak hujan diajarkan oleh nabi Muhammad SAW saat wilayahnya diguyur hujan yang tak berkesudahan. Pada waktu itu, hujan yang mengguyur menyebabkan makanan busuk dan akses jalan terputus. Doa ini sebenarnya dipanjatkan agar hujan yang turun tidak membawa musibah dan bencana bagi umat manusia. Berikut bacaan doa agar cuaca panas:

Doa agar tidak hujan tulisan Arab:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Doa agar tidak hujan Latin:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Arti doa agar tidak hujan:

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."


2. Doa Agar Terhindar dari Musibah saat Hujan

2. Doa Agar Terhindar dari Musibah saat Hujan
2. Doa Agar Terhindar dari Musibah saat Hujan. Credit: freepik.com

Doa adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa juga bisa menjadi sarana untuk memohon perlindungan dari segala musibah, termasuk ketika hujan turun dengan deras. Selain doa agar tidak hujan, umat Islam juga dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah saat turun hujan.

Hal ini dikarenakan tak jarang hujan turun disertai angin kencang, petir, dan bencana lainnya yang merugikan. Kamu bisa berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari hal-hal tersebut.

Berikut bacaan doa agar tidak hujan atau terhindar dari musibah atau bencana saat hujan:

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dengan mengucapkan doa ini, kamu memohon kepada Allah SWT untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar dari segala musibah yang dapat terjadi saat hujan turun dengan deras. Semoga dengan doa ini, kamu bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan mendapatkan keberkahan dari hujan yang turun. Aamiin.


3. Doa Agar Diberikan Kebaikan dari Cuaca yang Sedang Terjadi

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Image by jcomp on Freepik)

Doa agar tidak hujan lainnya yaitu dengan melafalkan doa meminta kebaikan dari cuaca yang sedang terjadi. Doa ini berkaitan dengan seorang hamba yang memohon kepada Allah SWT agar cuaca yang sedang terjadi membawa kebaikan.

Doa ini juga permohonan seorang hamba kepada Allah SWT agar senantiasa dilindung dari kejahatan yang dibawa oleh cuaca tersebut. Berikut bacaan doa agar tidak hujan atau agar diberikan kebaikan dari cuaca yang sedang terjadi:

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya