Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Pahami Tujuannya

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah sebuah tes standar nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 03 Mei 2024, 16:45 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 16:45 WIB
Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Pengertiannya
Peserta mengerjakan soal saat pelaksaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 di ruang komputer Universitas Veteran, Depok, Selasa (9/5/2023). (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta UTBK mungkin sudah sangat familiar di telinga pelajar, khususnya siswa dan siswi kelas 3 SMA/MA/SMK/MAK. UTBK tentunya perlu dipahami oleh para calon mahasiswa sebagai salah satu tahap dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah sebuah tes standar nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. UTBK mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa dalam bidang Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humaniora) melalui tes kemampuan dasar (TKD) dan tes potensi skolastik (TPS).

Sedangkan, SBMPTN atau sekarang disebut juga dengan SNBT adalah seleksi bersama yang digunakan oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk menerima mahasiswa baru. Kedua proses tersebut sangat berhubungan satu sama lain uuntuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Lantas apa perbedaan UTBK dan SNBT?

Berikut Liputan6.com ulas mengenai perbedaan UTBK dan SNBT yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian SNBT

Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Pengertiannya
Suasana hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) di Universitas Jember. (Istimewa)

Jalur SBMPTN atau sekarang disebut juga dengan SNBT. SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes.

SNBT adalah seleksi bersama yang digunakan oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk menerima mahasiswa baru. SNBT ini bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi bisa menyelesaikan pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri dengan baik serta tepat waktu, dilihat dari hasil UTBK dan beberapa kriteria lainnya yang ditetapkan bersama. Jadi, boleh dibilang seorang calon mahasiswa belum tentu bisa mengikuti SBMPTN jika hasil UTBK yang dihasilkannya tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk bisa bersaing menempuh studi di Perguruan Tinggi Negeri.


Perbedaan UTBK dan SNBT

Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Pengertiannya
Total keseluruhan peserta UTBK-SNBT di UPNVJ tahun 2023 ini mencapai 22.400 orang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah sebuah tes standar nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. UTBK mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa dalam bidang Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humaniora) melalui tes kemampuan dasar (TKD) dan tes potensi skolastik (TPS).

Nantinya, nilai yang Anda dapat dari UTBK bisa Anda gunakan untuk mendaftar ke PTN melalui SBMPTN atau SNBT. Perlu diingat bahwa hasil dari tes ini menjadi syarat utama untuk mengikuti SNBT. Jadi jika Anda ingin mengikuti SNBT 2024, maka Anda harus ikut UTBK 2024.

Jika disederhanakan, perbedaan UTBK dan SNBT terletak pada proses penerimaan mahasiswa barunya. UTBK adalah nama ujian atau tesnya, sedangkan SNBT adalah proses seleksinya. Baik UTBK atau pun SNBT merupakan istilah dalam jalur masuk perguruan tinggi. Saat Anda mengikuti SNBT, Anda akan melalui ujian terlebih dahulu (UTBK). Kemudian, nilai dari hasil ujian inilah yang akan digunakan untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diincar. SNBT adalah proses saat kita mendaftar di PTN tersebut.

Jadi, UTBK adalah tes atau ujian yang harus dilalui untuk mendapatkan nilai. Lalu SNBT adalah proses seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dengan nilai yang didapat dari UTBK. Di proses inilah Anda akan mendapatkan hasil apakah lolos atau tidak di PTN yang diincar.


Tujuan UTBK-SNBT

Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Pengertiannya
Jumlah peserta per sesi mencapai 800 orang, sehingga per hari 1.600 orang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Melansir snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, UTBK tentunya memiliki tujuan tertentu. Berikut ini tujuan dari UTBK yang perlu anda ketahui adalah:

  1. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.
  3. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan
  4. Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN

Jadwal UTBK 2024

Perbedaan UTBK dan SNBT yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Pengertiannya
Peserta mengenakan masker saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang I akan diselenggarakan pada 30 April dan 2 sampai 7 Mei 2024. Sementara itu, UTBK SNBT 2024 Gelombang II akan diselenggarakan pada 14 sampai 27 Mei 2024 mendatang.

Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Peserta yang dapat mengikuti UTBK adalah siswa SMA/SMK/MA kelas 12 pada tahun 2024 atau peserta didik tahun 2024, 2023, dan 2022 dengan umur maksimal 22 tahun per 1 Juli 2024.

Ada tiga jenis materi yang diujikan dalam UTBK SNBT adalah sebagai berikut ini:

  1. Tes Potensi Skolastik atau TPS. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tes ini dilakuan untuk mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga negara Indonesia.
  3. Penalaran Matematika. Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (22/4/2024), berikut jadwal dan tahapan pelaksanaan UTBK SNBT 2024, yakni:

  1. Pendaftaran UTBK SNBT: 21 Maret - 5 April 2024.
  2. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 30 April dan 2-7 Mei 2024.
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 14-20 Mei 2024.
  4. Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024.
  5. Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 juni-31Juli 2024.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya