Pahami 7 Alasan di Balik Sikap Pasangan yang Tiba-Tiba Menjauh dan Acuh Tak Acuh

Dalam dinamika hubungan asmara, sering kali manusia mengalami perubahan sikap yang tiba-tiba dari pasangan.

oleh Miranti diperbarui 27 Sep 2024, 08:27 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 08:27 WIB
ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels
ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels

Liputan6.com, Jakarta Dalam dinamika hubungan asmara, sering kali manusia mengalami perubahan sikap yang tiba-tiba dari pasangan. Salah satu perubahan yang kerap membingungkan adalah ketika pria yang semula perhatian dan hangat, tiba-tiba menjadi cuek dan menjauh.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan pria tiba-tiba cuek dan menjauh adalah perubahan prioritas dan fokus mereka. Kehidupan penuh dengan berbagai tuntutan seperti pekerjaan, pendidikan, atau tanggung jawab keluarga. Perubahan ini dapat menimbulkan banyak keraguan dan kekhawatiran.

Berikut adalah tujuh alasan utama yang mungkin menjadi penyebab pria tiba-tiba cuek dan menjauhimu. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (27/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Stres dan Tekanan dalam Kehidupan Pribadi

Ilustrasi hubungan merenggang, pasangan bertengkar
Ilustrasi hubungan merenggang, pasangan bertengkar. (Image by cookie_studio on Freepik)

Pria sering kali merasa perlu untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa melibatkan orang lain, termasuk pasangan mereka. Stres di tempat kerja, masalah keuangan, atau tekanan dari keluarga bisa membuat pria menjadi lebih tertutup dan kurang responsif. Dalam situasi seperti ini, mereka mungkin merasa lebih baik untuk menjauh sementara waktu untuk mencari solusi.

2. Perasaan Tidak Aman atau Keraguan Diri

Ketika pria merasa tidak aman atau meragukan diri mereka sendiri, mereka mungkin merasa tidak layak untuk dicintai atau didukung. Perasaan ini bisa membuat mereka menarik diri dan menjadi lebih cuek sebagai cara untuk melindungi diri dari kemungkinan penolakan atau kekecewaan.


3. Kebutuhan untuk Ruang Pribadi

Tips-tips Untuk Kamu yang Memiliki Pasangan Seorang Introver
Menjalin hubungan dengan pasangan yang bersifat introver memiliki kesulitan tersendiri. (Foto: bluritout.com)

Setiap orang membutuhkan ruang pribadi untuk merenung dan mengisi ulang energi. Pria mungkin merasa tertekan jika mereka merasa hubungan terlalu mengekang atau mereka kehilangan identitas pribadi mereka. Memberikan ruang dan waktu untuk diri sendiri bisa membantu mereka merasa lebih nyaman dan kembali ke hubungan dengan energi yang lebih positif.

4. Perubahan Perasaan dan Emosi

Perasaan dan emosi dalam hubungan bisa berubah seiring waktu. Jika seorang pria mulai merasakan perubahan dalam perasaannya, baik itu karena kebosanan, ketidakpuasan, atau ketidakcocokan, mereka mungkin mulai menjauh sebagai cara untuk mengevaluasi kembali hubungan mereka. Ini bisa menjadi momen penting untuk komunikasi terbuka dan jujur tentang perasaan masing-masing.


5. Pengalaman Masa Lalu

Tips Pacaran Sehat Supaya Hubunganmu Layak Naik Pelaminan
Tips pacaran sehat supaya hubunganmu layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com)

Pengalaman buruk dalam hubungan sebelumnya dapat membuat pria merasa ragu untuk terlibat lebih dalam. Jika mereka pernah mengalami patah hati atau pengkhianatan, mereka mungkin membangun dinding emosional sebagai mekanisme perlindungan, yang membuatnya tampak cuek. 

6. Perubahan dalam Hidup

Perubahan besar dalam hidup, seperti pindah kerja, berpindah tempat tinggal, atau pergeseran dalam hubungan sosial, dapat mengubah fokus pria. Dalam menghadapi transisi ini, mereka mungkin tidak dapat memberi perhatian yang cukup pada hubungan, sehingga tampak menjauh. 

7. Perbedaan Prioritas

Seiring waktu, prioritas hidup seseorang dapat berubah. Jika pria mulai lebih fokus pada karier, hobi, atau teman-teman, mereka mungkin tidak lagi menginvestasikan waktu dan energi yang sama dalam hubungan. Perbedaan prioritas ini bisa membuat mereka terlihat cuek dan kurang terlibat. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya