Samsung Siap Luncurkan HP Layar Lipat Baru, Desain Tipis dan Pakai Prosesor MediaTek

Samsung dikabarkan tengah bersiap-siap untuk meluncurkan ponsel Android layar lipat terbaru dengan desain yang lebih ramping dan elegan.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 22 Jul 2024, 14:08 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 14:08 WIB
Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6
Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang baru diluncurkan di Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta Samsung Galaxy Z Fold6 akan mendapatkan persaingan yang sengit di pasar HP Android layar lipat, karena beberapa ponsel merek China juga baru diluncurkan. Tidak main-main, HP Android layar lipat merek China ini hadir dengan keunggulan di sisi desain, terutama dalam hal ketipisan bodi perangkat.

Dalam hal ketebalan, Galaxy Z Fold6 memiliki ketebalan 5.6mm saat dibuka dan 12.1mm saat dilipat. Berbeda dengan ponsel merek China, seperti Xiaomi Mix Fold 4, yang memiliki ketebalan 4,95mm saat dibuka dan 9,47mm saat dilipat.

Namun, seri Galaxy Z Fold berikutnya diprediksi akan memiliki bodi yang lebih ramping. Hal ini diungkapkan dalam wawancara dengan TM Roh, Presiden dan Ketua tim MX Samsung, oleh laporan KED Global.

Samsung berencana meluncurkan ponsel lipat Galaxy berikutnya dengan bodi yang lebih ramping dan mengembangkan smartphone lipat yang lebih tipis. Dilansir KED Global, Senin (22/7/2024), bahkan, TM Roh meminta para insinyur di Samsung untuk mengembangkan perangkat layar lipat setipis Galaxy S24 saat dilipat.

Galaxy S24 sendiri memiliki ketebalan 7,6mm, sedangkan Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra memiliki ketebalan 7,7mm dan 8,6mm. Jika Samsung berhasil menyamai ketebalan Galaxy S24 Ultra untuk generasi Z Fold selanjutnya, maka akan lebih tipis 3,5mm dibandingkan Fold6 saat dilipat.

Sumber tersebut juga mengklaim bahwa tim MX akan meluncurkan Galaxy Z Fold6 Slim setebal 10mm pada akhir tahun 2024, dengan model berikutnya yang lebih tipis. Model berikutnya juga akan mengemas layar lipat 8 inci, yang lebih besar dari layar lipat Fold6 yang berukuran 7,6 inci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Galaxy Tab S10 Ultra bakal Rilis Tahun Ini

Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 di Indonesia
Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, saat memperkenalkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 di Jakarta. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Samsung tidak menghadirkan lini tablet Android terbaru mereka tahun ini. Kabarnya, perusahaan akan menggelar acara peluncuran khusus untuk Galaxy Tab series.

Menurut bocoran yang diunggah oleh Max Jambor, Galaxy Tab S10 series akan dirilis pada bulan Oktober 2024. Namun, belum ada informasi pasti mengenai tanggal peluncuran tablet ini. Banyak yang memperkirakan bahwa Samsung akan meluncurkan dua pilihan tablet baru, yaitu Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra.

Beberapa gambar render Galaxy Tab S10 Ultra juga telah bocor di internet, dan tampaknya memiliki desain yang mirip dengan Tab S9 Ultra. Tablet Android premium ini akan memiliki layar AMOLED berukuran 14,9 inci, dan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Sementara itu, Galaxy Tab S10 Plus kemungkinan akan menggunakan chipset Dimensity 9300+ buatan MediaTek. Jika benar, ini akan menjadi tablet pertama Samsung yang menggunakan prosesor MediaTek.


Galaxy AI Hadir di Tablet Samsung Galaxy Tab S9 Series Lewat Pembaruan One UI 6.1

Galaxy Tab S9 FE Plus
Tampak samping Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus dengan port USB-C dan speaker. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Samsung Electronics Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan Galaxy AI di Galaxy Tab S9 series melalui pembaruan perangkat lunak One UI 6.1.

Galaxy AI diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas pengguna, di mana pun dan kapan pun mereka berada. Menurut Annisa Maulina, Senior Manager Pemasaran Produk MX Samsung Electronics Indonesia, Galaxy AI akan mengubah pengalaman pengguna dalam bekerja dan berkreasi menjadi lebih baik.

Galaxy AI dapat berfungsi sebagai asisten pribadi yang cerdas, membantu pengguna dalam membuat dan merangkum catatan rapat, menghemat waktu dalam mentranskripsi dan menerjemahkan catatan rapat ke bahasa lain.


Galaxy AI Hadir di Lebih Banyak HP Samsung

Fitur Galaxy AI Live Translate di Samsung Galaxy S24 Series. Liputan6.com/Yuslianson
Fitur Galaxy AI Live Translate di Samsung Galaxy S24 Series. Liputan6.com/Yuslianson

"Galaxy AI pada seri Galaxy Tab S9 tidak hanya memudahkan pengguna dalam menemukan ide-ide baru untuk berbagai pekerjaan," kata Annisa.

Samsung Electronics Indonesia juga telah menghadirkan fitur Galaxy AI ke lebih banyak smartphone Galaxy sejak tanggal 28 Maret 2024.

"Dengan memperluas kehadiran fitur ini ke lebih banyak perangkat, kami tidak hanya memberikan pengalaman baru kepada pengguna, tetapi juga menunjukkan komitmen Samsung dalam mengubah penggunaan AI di perangkat mobile melalui inovasi yang signifikan," ujar Lo Khing Seng, Kepala Bisnis MX Samsung Electronics Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya