Sering Dipandang Rendah Orang Lain? 8 Kalimat Peneguhan Hati Ini Bisa Bikin Bangkit

Beragam kalimat motivasi bisa meneguhkan hati orang-orang termasuk mereka yang kerap dipandang orang lain.

oleh Miranti diperbarui 23 Jul 2024, 15:42 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 15:42 WIB
Ilustrasi perempuan Iran Bangkit dari Keterpurukan saat wajahnya terkena luka bakar/unsplash Eric
Ilustrasi perempuan Iran Bangkit dari Keterpurukan saat wajahnya terkena luka bakar/unsplash Eric

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali seseorang merasa tertekan atau meragukan diri sendiri, terutama ketika merasa hidupnya tidak dihargai atau dipandang rendah oleh orang lain. Hal ini dapat mengganggu kesejahteraan emosional seseorang dan bahkan mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengatasi perasaan tersebut, penting bagi seseorang untuk membangun kepercayaan diri dan menguatkan hati dengan kalimat-kalimat peneguhan. Kalimat-kalimat ini bukan hanya kata-kata, tetapi merupakan alat yang kuat untuk meningkatkan mental.

Tak hanya itu, kalimat-kalimat peneguhan juga bisa menjadi alat untuk mengubah cara pandang terhadap diri sendiri agar bisa menghadapi situasi yang ada. Di bawah ini terdapat sekiranya delapan kalimat penguatan yang dapat membantu untuk mengatasi perasaan diremehkan dan membangun kembali kepercayaan diri yang kuat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Saya Berharga dan Layak Dihormati

Fimela - Mood
Wanita Luar Biasa: Kisah Inspiratif dan Menginspirasi

Kalimat ini mengingatkan bahwa setiap individu memiliki nilai dan martabat yang tidak boleh dianggap remeh. Mengucapkan kalimat ini secara rutin dapat membantu memperkuat keyakinan bahwa manusia manapun pantas mendapatkan penghormatan dan perlakuan baik dari orang lain. Saat seseorang merasa dihargai, pasti dia cenderung memperlakukan diri sendiri dengan lebih baik dan menuntut perlakuan yang sama dari orang lain.

 


2. Saya Berhak untuk Menetapkan Batasan dan Menjaga Diri Sendiri

Fimela - Mood
Gambarkanlah sosok perempuan yang luar biasa dan penuh kebahagiaan dalam hidupnya.

Menetapkan batasan adalah penting dalam menjaga kesehatan mental dan emosional. Pesan ini mengingatkan setiap individu bahwa semua berhak untuk mengatakan tidak dan melindungi diri dari situasi atau orang yang merugikan. Dengan menetapkan batasan yang sehat, seseorang tersebut telah menunjukkan bahwa dirinya menghargai diri sendiri dan tidak akan membiarkan orang lain merendahkan atau memanfaatkannya.

 


3. Saya Terus Belajar dan Berkembang Setiap Hari

Membangkitkan Motivasi Diri
Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Tidak ada yang sempurna, dan setiap orang memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang. Mengucapkan kalimat ini membantu kamu menerima bahwa kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Dengan fokus pada pembelajaran dan pertumbuhan dapat mengurangi perasaan dipandang rendah dan melihat setiap pengalaman sebagai peluang untuk menjadi lebih baik.


4. Saya Percaya pada Kemampuan dan Potensi Diri

Dorong Kebangkitan Produk Nasional, Ini Rekomendasi Gerbang Pronas dan YKMI
Ilustrasi pria muda sedang bekerja. (Shutterstock/Supagrit Ninkaesorn)

Keyakinan pada diri sendiri merupakan kunci utama untuk mengatasi perasaan rendah diri. Dengan mengucapkan kalimat ini, seseorang pasti mengingatkan dirinya sendiri bahwa dia memiliki kemampuan dan potensi yang unik. Karena setiap individu memiliki kekuatan dan kelemahan, dan mengakui potensi diri dapat membantu seseorang fokus pada hal-hal positif yang dapat dicapai.


5. Pendapat Orang Lain Tidak Mendefinisikan Siapa Saya

Ilustrasi wanita dewasa, bijaksana, percaya diri
Ilustrasi wanita dewasa, bijaksana, percaya diri. (Photo by Ruben Ramirez on Unsplash)

Seringkali, seseorang terlalu memikirkan apa yang orang lain pikir tentangnya. Kalimat ini mengajarkan setiap individu untuk tidak membiarkan pendapat orang lain mendefinisikan menyerangnya.

Setiap orang memiliki hak untuk memiliki pendapat, namun itu tidak berarti pendapat mereka benar atau relevan dengan siapa Anda sebenarnya. Lebih baik Anda fokus pada pandangan dan penilaian diri sendiri yang lebih objektif dan konstruktif.


6. Saya Mampu Mengatasi Setiap Tantangan yang Datang

Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri
Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri. (Photo by Flávia Gava on Unsplash)

Kalimat peneguhan ini bisa merangsang sikap mental yang positif dan keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Dalam kehidupan yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian, penting bagi seseorang untuk memiliki keyakinan bahwa dirinya memiliki kekuatan untuk mengatasi segala sesuatu yang mungkin terjadi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga membantu untuk tetap tenang dan fokus dalam menghadapi situasi sulit.


7. Kekuatan Saya Datang dari Dalam, dan Saya Memiliki Keberanian untuk Menghadapi Apapun

Ilustrasi berpikir positif, diri sendiri, percaya diri
Ilustrasi berpikir positif, diri sendiri, percaya diri. (image by Freepik)

Kalimat ini mengingatkan bahwa kekuatan sejati berasal dari dalam diri setiap individu. Dengan menyadari keberanian dan kekuatan yang kita miliki, seseorang bisa lebih berani dalam menghadapi situasi yang menantang tanpa merasa rendah diri atau takut.

Mengatasi perasaan dipandang rendah memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan peneguhan diri yang tepat, seseorang dapat membangun kepercayaan diri dan harga diri yang lebih kuat. 


8. Kegagalan adalah Kesempatan untuk Belajar dan Tumbuh L:ebih Baik Lagi

kalem baik hati tersenyum manis
ilustrasi perempuan baju hitam/Nirat.pix/Shutterstock

Kalimat ini mengubah pandangan negatif tentang kegagalan menjadi peluang untuk belajar dan berkembang. Dengan memandang kegagalan sebagai bagian dari proses belajar, seseorang dapat memperkuat rasa percaya diri dan menghadapi tantangan dengan sikap yang lebih positif dan produktif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya