5 Solusi Efektif untuk Mengatasi Ketombe yang Membandel, Bisa Dicoba

Ketombe yang membandel sering kali menjadi masalah yang mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 01 Agu 2024, 10:13 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 10:13 WIB
Rekomendasi Sampo Anti Ketombe
Rekomendasi sampo anti ketombe (everydayhealth.com)

Liputan6.com, Jakarta Ketombe yang membandel sering kali menjadi masalah yang mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Meskipun banyak produk dan solusi yang tersedia di pasaran, tidak semua metode dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kulit kepala yang kering, infeksi jamur, hingga reaksi terhadap produk perawatan rambut. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusi yang efektif dan tepat sasaran untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini akan membahas lima solusi efektif untuk mengatasi ketombe yang membandel.

Dengan memahami penyebab dan menggunakan pendekatan yang tepat, cara-cara ini diharapkan dapat membantu mengatasi ketombe secara tuntas. Dari perawatan berbahan alami hingga produk khusus, simak tips dan trik berikut yang akan membantu mendapatkan kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rutin Keramas dengan Produk Antiketombe

Ilustrasi keramas
Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang paling mengganggu bagi pria. Yuk, intip trik-trik ampuh untuk mengusir ketombe!

Menghampiri saatnya untuk memanjakan rambut dan kulit kepala, Keramas ritual yang tak tergantikan untuk membersihkan dan menyegarkan rambut serta kulit kepala. Namun, jangan sampai terlalu sering, cukup 2-3 hari sekali agar kelembapan alami rambut dan kulit kepala tidak terkikis.

Penting juga untuk memilih sampo dan kondisioner yang tepat, terutama jika masalah ketombe sedang menghantui. Jangan ragu, gunakan produk anti ketombe untuk hasil yang maksimal. Bersiaplah untuk rambut yang sehat dan kulit kepala yang terawat dengan sempurna!


2. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

mengatasi ketombe 2
Gambaran tentang Memijat Kulit Kepala/© pexels.com/Proyek Stok RDNE.

Kulit kepala juga butuh perhatian seperti kulit wajah. Jangan lupakan perawatan kulit kepala yang bisa dilakukan dengan pijatan lembut saat keramas atau dengan eksfoliasi rutin. Eksfoliasi ini sangat penting untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati.


3. Mengurangi Makanan Manis dan Pedas

mengatasi ketombe 3
Sumber Gambar: pexels.com/Pixabay

Kadar ragi candida yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab ketombe yang menjengkelkan. Ternyata, makanan manis dan pedas bisa menjadi pemicu pertumbuhan ragi ini. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan manis dan pedas sangat disarankan untuk mengatasi masalah ketombe yang mengganggu.


4. Menyisir Rambut secara Hati-hati

Ilustrasi ketombe
Ilustrasi ketombe. (Photo Copyright by Freepik)

Meluruskan rambut bukanlah tugas yang bisa diabaikan begitu saja. Jika anda melakukannya dengan sembrono, kulit kepala bisa terluka dan rambut pun bisa rontok. Oleh karena itu, pastikan anda menyisir rambut dengan penuh kehati-hatian. Disarankan pula untuk melakukannya dengan lembut guna menghindari memperburuk kondisi kulit kepala yang gatal akibat ketombe yang mengganggu.


5. Coba Pengobatan Alami

mengatasi ketombe 5
Gambaran Terapi Alami/Gambar oleh Camille Brodard di Unsplash

Untuk menghilangkan ketombe, ada beberapa cara alami yang bisa di coba di rumah. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar tahu batas aman pengobatan alami ini. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi ketombe:

1. Cuka apel: Campurkan cuka apel dengan air saat bilasan. Oleskan campuran ini ke rambut dan biarkan selama 15 menit sampai satu jam sebelum dibilas. Kandungan dalam cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala.

2. Soda kue: Gosokkan soda kue secara lembut ke kulit kepala saat mandi. Setelah beberapa menit, bilas hingga bersih. Soda kue dapat membantu menghilangkan ketombe.

3. Minyak kelapa: Gosokkan minyak kelapa ke kulit kepala dan biarkan selama satu jam sebelum dibilas. Minyak kelapa dapat melembabkan kulit kepala. Tetapi, jangan menggunakan minyak kelapa secara berlebihan agar pori-pori tidak tersumbat.

4. Lidah buaya: Gosokkan lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas untuk meredakan iritasi dan mengurangi kulit kepala yang mengelupas.

5. Minyak zaitun: Gunakan beberapa tetes minyak zaitun dan biarkan semalaman. Pagi harinya, cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih. Itulah beberapa cara alami yang bisa di coba untuk mengatasi ketombe.

Jika memerlukan penanganan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Selain itu, jangan lupa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anda ya!

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya