4 Panduan Memilih Warna Softlens Ideal Sesuai Undertone Kulitmu, Sempurnakan Penampilan

Jika Anda memilih warna softlens yang tidak sesuai dengan undertone atau warna kulit, hasilnya akan terlihat kurang memuaskan saat digunakan.

oleh Miranti diperbarui 05 Agu 2024, 15:41 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 15:41 WIB
ilustrasi softlens
Ilustrasi/Copyright unsplash/Amanda Dalbjörn

Liputan6.com, Jakarta Memilih warna softlens yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu ingin menciptakan penampilan yang catchy. Salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah undertone kulit, yang bisa memengaruhi bagaimana warna softlens terlihat saat dikenakan.

Dengan memahami apakah kulitmu memiliki undertone hangat, dingin, atau netral, kamu dapat memilih warna softlens yang membuat mata terlihat lebih hidup. Selain itu kamu juga bisa  menyempurnakan penampilanmu.

Dalam artikel ini mari membahas cara-cara memilih warna softlens yang sesuai dengan undertone kulit. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (5/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tentukan warna kulit

Tentukan warna kulit
Terdapat tiga kategori dalam klasifikasi undertone, yaitu warm, cool, dan neutral. (Foto: Freepik/The Yuri Arcurs Collection)

Manusia memiliki tiga warna kulit yakni rona warm (hangat), cool (dingin), dan neutral (netral). Warna kulit yang hangat berarti kulit memiliki rona warna peach, emas, atau kuning. Sebaliknya, kulit dingin memiliki rona kebiruan, merah muda, atau kemerahan. Meskipun tidak umum, beberapa orang memiliki warna kulit netral, yaitu campuran warna hangat dan dingin.

Cara lain untuk mengetahui warna kulit, kamu dapat memeriksa pembuluh darah. Jika kamu memiliki urat berwarna kehijauan, kemungkinan besar kamu memiliki rona kulit hangat (warm). Jika kamu memiliki urat yang berwarna kebiruan, berarti kamu memiliki warna kulit yang dingin (cool). Namun, jika pembuluh darah kamu tampak tidak berwarna atau serasi dengan warna kulit, berarti kamu memiliki warna kulit netral (neutral). 


2. Pilih warna softlens sesuai undertone kulit

Pilih warna softlens sesuai undertone kulit
Anda harus memilih warna softlens yang sesuai dengan undertone kulit Anda. (Foto: Freepik/pixel-shot.com)

1) Jika kamu memiliki warna kulit hangat, softlens dengan warna terbaik untuk mata haruslah yang memiliki highlight warna honey, hazel, cokelat, atau biru muda. Warna-warna ini akan sangat kontras dengan warna kulitmu.

2) Untuk orang dengan warna kulit dingin, softlens berwarna abu-abu atau biru akan melengkapi rona kulitmu dan membuatmu terlihat menarik. Secara umum, disarankan untuk memilih warna lensa cerah seperti turquoise, amethyst, dan aqua.

3) Jika kamu memiliki warna kulit netral, kamu dapat memakai warna apa pun yang kamu suka. Orang dengan warna kulit ini dapat memilih berbagai pilihan warna, mulai dari cokelat, honey dan hazel, hingga abu-abu, hijau, dan ungu.


3. Pertimbangkan juga warna rambutmu

Softlens
Ilustrasi Memakai Softlens Credit: freepik.com

Jika kamu memiliki rambut pirang, maka kamu perlu mempertimbangkan penggunaan softlens berwarna biru, hijau, atau ungu untuk penampilan yang bersinar. Namun, bagi orang dengan rambut merah, disarankan untuk menggunakan softlens berwarna hijau.

Orang dengan rambut cokelat sebaiknya mempertimbangkan penggunaan softlens berwarna cokelat atau hazel untuk penampilan yang lebih alami. Namun, jika ingin tampil lebih berani, pilihlah warna biru atau hijau.


4. Uji coba sebelum membeli

ilustrasi menggunakan softlens saat memakai masker/pexels
ilustrasi menggunakan softlens saat memakai masker/pexels

Sebelum memutuskan untuk membeli softlens, sebaiknya coba beberapa warna terlebih dahulu. Banyak toko optik atau online yang menawarkan opsi untuk mencoba softlens secara virtual atau melalui sampel. Ini akan membantumu melihat bagaimana warna softlens terlihat di matamu dan sesuai dengan warna kulit secara keseluruhan.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan beberapa warna untuk menemukan yang paling sesuai dan membuatmu merasa percaya diri. Dengan mengikuti empat cara ini, kamu dapat dengan mudah memilih warna softlens yang tepat untuk meningkatkan penampilanmu dan membuatmu semakin percaya diri.    

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya