4 Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Rebung, Sat Set dan No Ribet

Anda dapat menghilangkan bau pesing yang mengganggu pada rebung dengan langkah-langkah yang tepat.

oleh Miranti diperbarui 06 Agu 2024, 14:13 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 14:13 WIB
Resep
Resep rebung kuah pedas. (dok. Cookpad @lenni_alkenshin)

Liputan6.com, Jakarta Rebung kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan masakan karena kelezatannya dan teksturnya yang menggoda. Tidak hanya itu, rebung juga menjadi alternatif isian lumpia yang sangat menggugah selera.

Agar dapat menikmati kelezatan rebung secara maksimal, pastikan rebung telah matang dengan sempurna. Ketika masih mentah, rebung memiliki rasa pahit dan aroma yang kurang sedap, sehingga beberapa orang mungkin enggan untuk mengolahnya di rumah.

Namun, aroma pesing pada rebung dapat dihilangkan dengan langkah sederhana, sebagaimana yang diperlihatkan pemilik kanal YouTube Hanami Spice. Dalam video yang diunggah menunjukkan pula cara menghilangkan aroma pesing pada rebung tanpa menggunakan garam. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com pada Selasa (6/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cuci Rebung Sampai Bersih

Tanpa Dikasih Garan, Begini Cara Bikin Rebung Biar Tidak Bau Pesing
Cara Membuat Rebung Tidak Bau Pesing Tanpa Diberi Garansi (YouTube/Hanami spice)

Persiapkanlah rebung yang hendak dimasak, kemudian bersihkanlah dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian, potong atau belah rebung menjadi bagian kecil agar nanti lebih mudah bercampur dengan bahan lain saat dimasak. 


2. Tambahkan Serai dan Jeruk Limau

Tanpa Dikasih Garan, Begini Cara Bikin Rebung Biar Tidak Bau Pesing
Cara membuat rebung agar tidak berbau pesing tanpa menggunakan garan (YouTube/Hanami spice).

Setelah memasukkan potongan-potongan rebung kecil ke dalam panci, tambahkan serai dan jeruk limau. Kedua bahan ini terkenal karena dapat memberikan aroma tambahan dan menghilangkan aroma tidak sedap pada makanan.

Cara Tambahan: Campurkan sedikit cuka putih atau cuka apel dengan air, lalu rendam rebung dalam larutan ini selama 15-30 menit. Cuka membantu menghilangkan bau pesing dan memberikan rasa segar pada rebung. 


3. Rebus Selama 3 Menit

Tanpa Dikasih Garan, Begini Cara Bikin Rebung Biar Tidak Bau Pesing
Cara membuat rebung agar tidak berbau tidak menyenangkan tanpa menggunakan bahan tambahan.

Sedikit air dituangkan ke dalam panci sehingga rebung terendam. Api kompor kemudian dinyalakan. Begitu rebusan mulai mendidih, tunggu tiga menit sambil membiarkan rebung direbus dalam keadaan terbuka. 


4. Tiriskan Rebung

Tanpa Dikasih Garan, Begini Cara Bikin Rebung Biar Tidak Bau Pesing
Cara membuat rebung agar tidak berbau pesing tanpa menggunakan garan adalah seperti yang ditunjukkan dalam video "Hanami Spice" di YouTube.

Setelah waktu tiga menit telah berjalan, kompor wajib dimatikan. Kemudian, rebung disaring menggunakan saringan. Apabila masih terlalu lembab, rebung perlu dibilas sekali lagi dengan menggunakan air yang mengalir. Dengan cara-cara ini, dipastikan bahwa rebung tidak akan mengeluarkan aroma pesing saat diolah. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya