3 Langkah Membuat Ayam Goreng Krispi yang Lezat dan Renyah Seperti yang Dijual Pedagang

Tips untuk membuat ayam krispi seperti yang dijual oleh pedagang kaki lima, sederhana dan renyah, sangat cocok untuk dicoba di rumah!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 26 Agu 2024, 18:19 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 18:19 WIB
resep ayam goreng rempah gurih
ilustrasi ayam goreng/Photo by Lucas Andrade on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Ayam goreng tepung, yang lebih dikenal dengan sebutan ayam krispi, memiliki sejarah yang cukup panjang yang dimulai sejak abad ke-18. Menurut informasi dari BBC, hidangan ini berasal dari Amerika dan mulai dikenal secara internasional pada tahun 1970-an, terutama berkat keberadaan restoran cepat saji. Di Indonesia, ayam krispi tidak hanya tersedia di restoran, tetapi juga dijajakan oleh pedagang kaki lima di berbagai lokasi, termasuk pasar tradisional, tepi jalan, dan depan sekolah.

Di sekitar sekolah, ayam krispi sering dijual dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan ada yang hanya dihargai sekitar Rp 1.000. Dengan harga yang murah, bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana. Ayam krispi yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima umumnya memiliki lapisan tepung yang tebal dan keriting. Meskipun terlihat sederhana, banyak orang yang merasa puas dengan cita rasa camilan renyah ini dan bahkan mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Namun, tidak semua orang berhasil menciptakan ayam krispi seperti yang dijual oleh pedagang kaki lima di rumah. Salah satu tantangan utama adalah menciptakan balutan tepung yang lezat. Beruntung, seorang pengguna media sosial bernama Ika membagikan rahasia trik membuatnya. Melalui TikTok, Ika mengungkapkan bahwa ia memperoleh trik ini langsung dari penjual ayam krispi, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Persiapkan Bahan

Ilustrasi daging, sayap ayam
"Contoh gambar daging dan sayap ayam. (Gambar oleh jcomp di Freepik)"

Langkah pertama adalah menyiapkan ayam yang telah dimarinasi dengan bumbu, serta tepung bumbu yang sudah kering. Agar mendapatkan tekstur yang lebih renyah, tambahkan sedikit baking soda ke dalam tepung. Selain itu, siapkan air matang yang dicampur dengan kaldu bubuk sebagai bahan untuk melapisi ayam.


2. Metode Baluran

Abaikan Tepung Beras, Begini Cara Bikin Ayam Goreng Krispi Keriting-Renyah dan Awet dengan 1 Alat Simpel
"(Sumber gambar: Instagram/_dapurnovita)"

Buatlah lubang kecil di tepung bumbu, lalu tuangkan sedikit adonan cair ke dalam lubang itu. Masukkan potongan ayam ke dalam tepung, tutup dengan tepung, dan remas hingga ayam terbalut tepung dengan tebal dan memiliki tekstur keriting.


3. Persiapan Menggoreng Ayam.

Resep Ayam Goreng Tepung Krispi
"Contoh gambar ayam goreng renyah/credit: pexels.com/yanuar."

Setelah ayam dilapisi dengan baik, goreng dalam minyak panas yang cukup banyak dengan api sedang cenderung kecil. Aduk sesekali untuk memastikan semua sisi tepung matang merata. Angkat dan tiriskan ketika ayam krispi telah berwarna kecokelatan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya