Jangan Abaikan! Ini 4 Rutinitas Perawatan Ketiak yang Sering Terlupakan untuk Cegah Bau Badan

Kulit ketiak memerlukan perhatian lebih karena memiliki ketebalan lapisan kulit, jumlah kelenjar keringat, dan folikel rambut yang berbeda dibandingkan dengan area tubuh lainnya.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 28 Agu 2024, 10:07 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:07 WIB
Atasi Kulit Ketiak Gelap dengan 5 Bahan Alami Ini
Mencukur ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak tampak lebih gelap, untuk itu ketiak perlu perawatan khusus.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membahas tentang perawatan kulit, kebanyakan orang cenderung hanya fokus pada perawatan wajah dan tubuh yang terlihat. Padahal, merawat kulit ketiak juga sangat penting dan sebaiknya dilakukan secara rutin, lho!

Kulit ketiak membutuhkan perhatian yang sama seperti bagian kulit lainnya. Bahkan, kulit ketiak mungkin memerlukan perhatian lebih karena memiliki ketebalan lapisan kulit, jumlah kelenjar keringat, dan folikel rambut yang berbeda dibandingkan dengan area tubuh lainnya.

Selain itu, ketiak berada di area lipatan, tertutup, dan sering mengalami gesekan, sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Hal ini bisa menyebabkan kulit ketiak tampak gelap dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Merawat ketiak memang memerlukan perhatian khusus. Berikut ini adalah 4 rutinitas perawatan ketiak yang sering terlupakan, padahal sangat bermanfaat untuk mencegah bau badan. Liputan6.com merangkum tips ini dari berbagai sumber pada Rabu (28/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rutinitas perawatan ketiak yang sering terlupakan

Ilustrasi shower, kamar mandi
Ilustrasi shower, kamar mandi. (Photo Copyright by Freepik)

1. Mandi dengan rutin

Meskipun mandi adalah kegiatan sehari-hari yang wajib, banyak orang sering kali lupa membersihkan area ketiak dengan baik. Saat mandi, penting untuk memastikan ketiak dibersihkan dengan sabun guna membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di sana. Selain itu, karena Indonesia adalah negara tropis dengan kelembapan tinggi, disarankan untuk mandi dua kali sehari.

2. Hindari menggosok ketiak terlalu keras

Eksfoliasi di area ketiak memang diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, pastikan untuk tidak menggosok area ketiak terlalu keras. Kulit ketiak lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, sehingga perlakuan yang terlalu kasar dapat menyebabkan iritasi.


Rutinitas perawatan ketiak yang sering terlupakan

Ilustrasi memakai baju terbalik
Ilustrasi memakai baju terbalik. (Image by katemangostar on Freepik)

3. Gunakan pakaian yang bersih

Pastikan selalu mengenakan pakaian yang bersih dan kering untuk mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan bau badan. Terutama jika kamu cenderung berkeringat banyak, sebaiknya segera ganti pakaian setelah berkeringat.

4. Pilihan alat cukur

Mencukur bulu ketiak dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi banyak perempuan. Meski masih banyak yang menggunakan alat cukur konvensional, disarankan untuk beralih ke alat cukur elektrik. Ini untuk menghindari terkikisnya lapisan pelindung kulit di area ketiak.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya