3 Ide Masakan Rumahan untuk Menu Keluarga, Dijamin Bikin Ketagihan

Menemukan variasi resep rumahan yang menarik sering kali menjadi tantangan bagi para ibu rumah tangga. Yuk, intip berbagai ide kreatifnya di sini!

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 06 Sep 2024, 16:37 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 16:37 WIB
menumis memasak
ilustrasi perempuan di dapur/Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Menentukan ide resep rumahan yang bervariasi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi ibu rumah tangga. Setiap hari, mereka harus memikirkan menu yang berbeda, bahkan terkadang harus memasak 2-3 kali dalam sehari dengan menu yang berbeda pula. Hal ini tentu sangat menguras energi dan pikiran. Tidak jarang, banyak ibu rumah tangga merasa stres hanya karena memikirkan apa yang akan dimasak hari ini.

Di sisi lain, jika terus-menerus menyajikan menu yang sama setiap hari, suami dan anak-anak bisa merasa bosan. Bahkan, lidah sendiri pun bisa kehilangan selera jika terus-menerus makan hidangan yang sama, bukan?

Oleh karena itu, penting untuk selalu mencari referensi baru agar sajian di rumah tetap bervariasi dan menarik bagi seluruh anggota keluarga. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa ide resep rumahan yang cocok untuk menu keluarga, sebagaimana dilansir oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ayam rica-rica

Kuliner Manado
Sambal rica-rica, sajian khas Manado, Sulawesi Utara. (dok. Instagram @lieai111/https://www.instagram.com/p/BlnU5UAgHNl/Asnida Riani)

Ayam rica-rica adalah salah satu hidangan khas Manado yang terkenal dengan cita rasa pedas dan aromanya yang memikat selera. Sensasi pedasnya tidak hanya memberikan kehangatan, tetapi juga mampu meningkatkan nafsu makan. Resep rumahan yang satu ini biasanya dibuat dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan resep ayam rica-rica yang pedas dan lezat di internet.

Kombinasi bumbu-bumbunya menciptakan rasa yang kompleks dan kaya, membuat setiap suapan menjadi pengalaman yang memuaskan. Proses memasak ayam rica-rica melibatkan menumis bumbu hingga harum, menghasilkan aroma yang sangat menggoda. Aroma ini sering kali membuat orang merasa lapar dan tertarik untuk mencicipi hidangan tersebut. Oleh karena itu, ayam rica-rica sangat cocok dijadikan menu keluarga.


2. Ayam goreng bawang putih

Resep Ayam Goreng Bawang Putih
Credit: vaaseenaa/depositphotos.com

Ayam goreng bawang putih adalah pilihan sempurna sebagai resep rumahan yang gurih dan lezat untuk keluarga. Kelezatan hidangan ini berasal dari penggunaan bawang putih yang memberikan cita rasa khas dan menggugah selera. Ketika bawang putih digoreng bersama ayam, aroma yang dihasilkan sangat menggoda dan mampu meningkatkan nafsu makan.

Menariknya, resep ayam goreng bawang putih ini sangat sederhana dan mudah diikuti, sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk pemula. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah memasak yang tidak rumit, banyak orang tertarik untuk mencobanya di rumah. Sajikan ayam goreng bawang putih dengan berbagai pelengkap, seperti nasi panas atau sambal, dijamin seluruh anggota keluarga akan menyukainya!


3. Udang saus padang

Menu Maksi: Udang Saus Padang
Menu masakan kali ini berbahan dasar udang nan segar

Udang saus Padang menawarkan perpaduan rasa pedas, manis, dan gurih yang begitu menggugah selera. Bumbu sausnya yang kaya, termasuk saus sambal, saus tiram, dan berbagai rempah-rempah, menciptakan cita rasa yang unik dan lezat, membuat setiap suapan terasa istimewa. Proses memasak udang dengan bumbu yang melimpah menghasilkan aroma yang sangat menggoda.

Selain itu, udang segar yang dimasak dengan sempurna memiliki tekstur yang kenyal dan juicy. Kombinasi antara udang yang empuk dan saus yang kental menjadikan hidangan ini semakin nikmat. Bahan-bahan untuk membuat udang saus Padang juga cukup mudah ditemukan di pasar atau supermarket, sehingga banyak orang merasa tertarik untuk mencoba resep udang saus Padang sendiri di rumah.

Itulah beberapa ide resep rumahan yang cocok untuk menu keluarga. Bumbu yang kaya rempah membuat sajian-sajian tersebut begitu menggugah selera saat disajikan di atas meja makan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya