Cobalah Yoga hingga Plank, Ini 6 Olahraga Mudah yang Tidak Memerlukan Alat

Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut adalah beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan tanpa peralatan khusus.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Okt 2024, 16:19 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 16:19 WIB
Ilustrasi push-up
Ilustrasi push-up. (Photo by Keiji Yoshiki from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Olahraga merupakan komponen vital dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik tidak hanya membantu membakar lemak dan kalori yang diperoleh dari asupan harian, tetapi juga meningkatkan stamina, memperkuat otot, dan memperbaiki suasana hati. Dengan berbagai pilihan olahraga yang tersedia, setiap individu dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan tujuan dan kemampuan mereka.

Salah satu faktor yang mempengaruhi pilihan ini adalah kemudahan akses dan ketersediaan alat. Bagi mereka yang mencari cara sederhana dan efektif untuk berolahraga tanpa perlu peralatan khusus, ada beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan.

Olahraga tanpa alat tidak hanya praktis tetapi juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang memiliki jadwal padat atau terbatas dalam ruang gerak. Berikut adalah enam jenis olahraga yang dapat membantu membakar lemak secara efektif tanpa memerlukan alat tambahan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024).

Olahraga Tanpa Alat Tambahan

Beberapa orang sedang jogging
Jalan cepat, jogging, dan lari adalah jenis olahraga yang efektif untuk membakar lemak dengan cepat. (Pexels/cottonbro studio)

1. Aerobik

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki dengan cepat merupakan aktivitas yang mampu membakar kalori dengan efisien. Menurut beberapa penelitian, seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar sekitar 167 kalori dalam 30 menit dengan kecepatan berjalan 6.4 kph.

Selain jalan cepat, jogging dan lari juga termasuk olahraga yang efektif untuk mengurangi berat badan. Kedua aktivitas ini akan memperkuat kaki dan sangat efektif dalam mengurangi lemak pada perut. Jalan cepat, jogging, dan lari tidak memerlukan peralatan selain sepatu lari dan tubuh yang siap. Kemudahan dan manfaat yang ditawarkan membuat ketiga olahraga aerobik ini menjadi pilihan yang baik.

2. Skipping

Skipping dapat membantu memperkuat otot, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Skipping juga dapat membuat tubuh lebih rileks serta mengurangi depresi dan rasa cemas berlebih. Olahraga ini hanya memerlukan satu alat, yaitu tali skipping.

3. Plank

Plank adalah salah satu bentuk full-body workout yang paling efektif. Plank menargetkan otot-otot utama pada tubuh. Latihan ini berfungsi untuk memperkuat otot-otot tubuh serta membakar lemak dan kalori. Meskipun terlihat mudah, plank sebenarnya membutuhkan kekuatan yang besar karena sangat melelahkan dan membutuhkan daya tahan yang tinggi.

 

Olahraga Ampuh Membakar Lemak

Plank
Beragam olahraga bisa dilakukan tanpa peralatan dan tetap memberikan hasil optimal. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

4. Push-up

Push-up adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Push-up sangat membantu dalam mengurangi berat badan dan membakar kalori secara maksimal. Latihan ini berfokus pada otot dada, bahu, punggung, otot bisep, dan otot trisep. Dengan melakukan olahraga ini, Anda akan meningkatkan massa otot secara signifikan.

5. Squat

Olahraga squat dikenal sebagai latihan yang dapat memperkuat otot bagian bawah tubuh. Squat membantu membakar kalori dan mencegah penumpukan lemak di tubuh bagian bawah. Latihan ini tidak mudah, sehingga pemula bisa memulai dengan jumlah yang ringan. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan 3 set squat dengan 12—15 pengulangan di setiap set.

6. Yoga

Yoga adalah olahraga yang tidak hanya memperkuat otot tubuh, tetapi juga memberikan kedamaian bagi sisi mental manusia. Yoga melibatkan teknik pernapasan, relaksasi, dan meditasi. Kombinasi yoga dengan pola makan yang baik telah terbukti membantu menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan fisik dan mental. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat diturunkan dengan rutin melakukan yoga.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya